Tuesday, November 21, 2006

Dapur Gw bgn V …

Udah lama neh g ga masup dapur lagi , skrg udah ada brapa makanan lagi yg kluar dari dpr gw .. lagi males sih . Ha ha .. dimulai de acara masak n icip2 nya :

Kentang kecap >> ini salah satu fav g , masaknya gampang rasanya bole juga . Biasa g pake daging sapi/biba , kentang nya belah2menurut selera , lalu dagingnya di slice tipis2 kasih sedikit sagu n kecap ikan aduk2 rata . trus bawang mrh putih n cabe merah diiris serong tipis2 . Mulanya kentang digoreng dulu , tiriskan lalu tumis bawang n cabe merah , masukan daging aduk2 lalu masukan kentang tambahan kecap manis , lada, garam n vetsin . tambahkan sedikit air , kalo mau airnya agak banyakan silahkan aja . Kalo warna ga mau terlalu gelap kecap manis seperlunya aja ditukar dgn gula pasir . Kecilkan api biar kecap meresap kdlm kentangnya .

Tahu Baso >> tahu putih ukuran besar bagi dua , daging ayam/ biba/udang/ikan cincang halus boleh di combine deh biasa g dirumah combine : biba n udang . Jarang ikan krn g suka teriak amis!!! . Cincangan daging ditambahkan sagu sedikit , kecap ikan , merica, vesin , garam n sedikit gula pasir . Tahu yg telah dibelah 2 bisa juga digoreng dulu , kerok sedikit bagian atasnya spy bisa dimasukkan daging cincang tsb . Bisa juga pake kentang , pare atau Koll . Kalo udah diisi semua baru dikukus . Temen makannya saus kacang , kecap manis , sambel botol n jeruk limau .


Tumis Buncis Sechuan : resep ini agak semirip terung sechuan yg g pernah posting. Buncis dipotong dua lalu digoreng asal dlm minyak panas sebentar aja lgs angkat n tiriskan . Cincang biba dan ebi (udang kering) , trus cincang kasar juga cha choi (sayuran kaleng) , bwng putih diiris tipis juga cabe merah . Tumis bawang , cabe lalu masukkan daging n ebi tadi juga cha choi aduk2 trus masukan buncis yg udah digoreng tadi tambahkan sedikit garam, vetsin n sedikit gula pasir . Kasih sedikit air , aduk rata matikan api baru tuang satu sendok minyak wijen sebelom dihidangkan .

Pangsit Goreng > ini juga gampang . ho ho semua g blg gampang tapi g males ngerjainnya . Isi nya daging kita bikin dulu : campuran udang n biba dicincang trus dikasih bawang putih cincang juga tambahkan kecap ikan, vetsin, merica n sedikit minyak wijen . Kulit pangsit tinggal beli di pasar n super market . Ambil selembar kulit pansit isi sedikit adonan daging di dalam nya lalu lipat menurut selera , Goreng dlm minyak sedang krn kalo api gede gampang gosong sedang isinya lom mateng . Kalo mau direbus juga bisa> jadilah pangsit rebus .

Ikan Tim Tausi > biasa mama g pake ikan Bawal or Tenggiri . Ikan dibersihkan lalu dilumuri garam n vetsin secukupnya , diam kan sebentar lalu digoreng asal . Jgn terlalu kering ntar ikan jadi alot . Iris bawang putih , jahe , cabe merah . Taruh ikan diatas piring berish , taruh diatas ikan >> bawang , cabe , jahe yg udah diiris2 tambahkan satu sendok makan tausi , Terus sirem sedikit angciu n minyak khusus buat tim ikan , boleh kasih air sedikit kukus kira2 15-20 menit .



Tumis Oyong >> selaen dibuat kuah n misua , oyong kdg ditumis juga dgn campuran sedikit soun n ebi kering . Oyong diiris2 miring , trus iris bawang putih, cabe merah , rendam ebi kering n soun dlm air hangat lalu tiriskan . Tumis bwng putih, cabe , masukan ebi lalu oseng2 , masukan oyong tambahkan kecap ikan/garam, vetsin , kasih sedikit air . masak smp oyong agak sedikit layu baru masukan soun yg telah direndam tadi . aduk2 sebentar lalu angkat .

Tim Telur >>. Ini makanan turun temurun dari jaman popoh gw . G sih doyan aja apalagi kalo dimakan dimusin ujan pake nasi anget jadi asikk deh . Kata mami g bikin tim telur susah2 gampang kalo api ga pas n air ga tepat telur bisa kekerasan n tekstur telur jadi kasar n bolong2 dalemnya . Biasa satu mangkuk besar pake telur 4 atau 5 biji lalu kasih kaldu smp mencapai ¾ tinggi magkuk yg udah diisi telur kocok tadi . tambahkan sedikit garam, vetsin , merica n 1 sdm minyak sayur , kocok sebentar campuran itu , lalu siapkan kompor buat kukus dgn api yg besar , kalo air sdh mendiidh masukan telur tadi lalu tutup kukusan tsb , api disesuaikan jadi “sedang” saja . Tim /kukus selama 15 menit . waktu kukus kira2 10 menit taburkan potongan daging ham yg udah diiris tipis2 memanjang . lanjutkan kukusan telur tadi smp kelihatan telur membeku . Waktu mau dimakan taburkan merica lagi diatas nya .

Ikan Pedas Hijau >> sebenarnya ide masak ikan ini didapat dari Ikan Woku2 Ny. Hendrawan . Mama g reka2 sendiri aja , jadilah resep ikan ijo ini . Biasa mami g pake ikan tongkol yg sdh diasap yg bnyk dijual di pasar . Bersihkan ikan >> cuci n buang bagian yg agak2 kecoklatan . Blender Cabe ijo, tomat ijo , cabe rawit ijo , bwng putih n bwng merah . Memarkan sereh n siapkan daun jeruk purut juga daun kemangi . Tumis bumbu yg udah diblender tadi , masukkan ikan nya tambahkan daun jeruk n sereh . Kasih garam, vetsin , sedikit gula . kasih air secukupnya . masak dgn api kecil spy bumbu meresap . terakhir masukan daun kemangi .



Sambel cumi >> cuminya pake cumi asin , yg dicuci dulu baru dipotong spt cincin lalu goreng smp garing, sisihkan . Rawit hijau , cabe hijau , bwng putih n merah blender jadi satu ( jgn terlalu halus) . Memarkan brapa btg sereh , siapkan daun jeruk . Tumis hasil blenderan tadi tambahkan daun jeruk n sereh , kasih garam sedikit dulu, vetsin n sedikit gula pasir . tambahkan air sedikit . kalo rasa udah pas baru masukan cumi asin yg tadi sdh digoreng kering . aduk2 rata . matikan api . Simpan dlm stoples kecil2 masukan kulkas kalo sdh dingin . Sambel ini bisa tahan lama .

Udang gr mentega >> udang beli aja udang pacet yg ukuran sedang . setelah dibersihkan belah bgn punggungnya sekalian keluarkan kotorannya . Tiriskan . Goreng dlm minyak panas jgn terlalu lama . Untuk sausnya : cairkan mentega brapa sendok , tambahkan saus tirem sedikit , saus tomat botolan, kecap manis dan vetsin , kasih sedikit air. Kalo rasa udah pas masukan udang yg udah digoreng tadi . aduk2 sesaat . angkat dari api kasih perasan jeruk limau .

Tumis Labu siam >> Labu iris tipis serong trus remas2 dgn sedikit garam spy labu agak lemas . Iris bwang putih/merah , cabe merah , rendam ebi kering . siapkan juga daun melinjo n tomat yg sdh dipotong2 . Tumis bwng , cabe , masukan ebi oseng2 smp harum , masukan labu boleh tambahkan (tempe yg sdh diiris kecil n goreng asal) masukan tomat , ksh sedikit air , garam, vetsin . sedikit gula pasir , aduk2 , masukan daun melinjo , aduk sebentar lalu angkat .

Tahu Cabe ini masakan pembokat gw . Fav dia tuh . g sih bisa aja masak ginian kan gampang rasa boleh lah . Tahu goreng dulu, Bumbu yg dihaluskan : cabe merah , kalo mau pedes tambah rawit merah , bwng merah , tomat . Tumis bumbu tsb smp harum , baru masukan tahu yg sdh digoreng , kasih air dikit , tambahkan gula pasir secukupnya , garam , vetsin . masak pake api kecil spy bumbu meresap .

Orak arik telur buncis >> ini gampang siapkan bwng merah , putih , cabe merah , buncis segenggam iris tipis2 . Kocok beberapa butir telur tambahkan sedikit garam n vetsin ., siapkan kuali tumis bwng , cabe , buncis , baru masukan kocokan telur tadi , biarkan agak sedikit membeku spy bercampur dgn tumisan buncis tadi , baru di orak arik , potongan telur yg di orak arik jgn terlalu ancur spy keliatan lbh bagus .

Sekian menu dapur gw kali ini , semoga berguna n memberikan ide buat yg mau masak hari ini .




2 comments:

lina said...

Maxie, loe tuh cool abizzz deh, thx bgt buat resep2nya, g di us, kangen bgt ma masakan rumah. Maxie is the rock :p

maxie said...

Lin .. kalo kangen masak donk !.
kan resep g semua gampang2 >> masakan rumah yg ga bisa e beli di
resto2 sana . ha22
masak yah , ntar kasih liat gw . he222