Thursday, February 08, 2007

Dapur gw bag. VI …

Masuk lagi de ke dapur , jadi malu krn sebutan “dapur g” tapi g jarang berkutat lama2 di dapur he22 , empunya dapur mama g yg tiap ari mgkn juga tiap 10 menit masup dapur . ha22 , kae nya resep2 harian udah g post banyak yah yg ini tambahan aja >>

Kadang2 di akhir minggu kita suka ngidam mau makan n bikin sendiri mie atau loucupan .. tau donk tuh loucupan yg bentuknya kae cendol putih dari tepung beras . Biasa dibeli di pasar or supermarket . Cara bikinnya kae mie rebus . Yg perlu disiapkan cuman danging buat toppingnya biasa kita pake daging biba karbonat yg tanpa lemak , trus jamur kancing yg bnyk dijual di pasar . Bikin dagingnya gampang cuman cacah bwng putih , masukkkan daging yg udah dipotong2 kecil menurut selera , jamur trus kasih kecap ikan , saus tirem dikit , kecap manis , merica n vetsin . Terakhir sirem sedikit minyak wijen . Jadi deh . Locupannya tinggal direbus , tiriskan taruh di mangkuk yg sdh dikasih minyak biba/wijen , kecap ikan/asin, merica, vetsin . Aduk2 tambahkan selada atau siong mak yg boleh direbus sebentar or mentah . Kasih topping daging , daun bawang , tongcai or bwng goreng . Baru sirem cabe botol … hmmm enakkk slurppppp masup mulut , apalagi kalo tambah baso sapi or pangsit tambah OK lah . he222

Photobucket - Video and Image Hosting

Baru2 ini g dikasih ketupat instant yg dibawa sodara g dari singapore , itu ketupat udah ready tinggal direbus aja . bentuknya lucu kecil2 dikemas dlm kantung plastik tahan panas , ada yg bentuk segitiga ada yg kotak aja . trus udah dibolong2in spy ketupat waktu direbus ga meletus . Berasnya ga perlu dicuci lagi jadi tinggal godok aja , praktis deh trus berasnya wangi harum mgkn beras Thailand . Ketupat instant itu made in Malay . Nah waktu sabtu dicoba tuh ama nyokap direbus kira2 2 jam , trus dia bikin sayur labu nya , rendang daging basah n telor trus goreng emping n bawng goreng . Jadilah kita minggu itu makan ketupat dadakan ha222 enak juga sih meski pelengkapnya krg lengkap alias krg variasi mustinya kan ada ayam opor , sambel goreng dll .

Photobucket - Video and Image Hosting

Satu lagi resep soto favorit di kel g >> Soto Bandung yg bening & gampang bikin nya . Bhn nya : lobak, wortel, daging yg dipotong2 , bumbu2 cuman sereh , salam , lengkuas n daun bawang .. Kaldu daging didihkan masukan bumbu2 , masukan daging , wortel , lobak , masak smp daging empuk tambahkan garam, vetsin n merica. Kalo sdh matang >> penyajiannya tinggal tambahkan kecap manis, cuka , kacang kedele yg sdh digoreng , seledri iris n bawang goreng . Trus pelengkap soto biasanya krupuk aci putih, perdekel atau emping . Bisa juga tambahkan paru goreng atau empal . Hmmmm enakk deh apalagi disirem sambel cuka rawit ijo … n peresan jeruk limau hmmm asyikkkk deh . Kalo di Bdg biasa soto ga ditaruh dimangkuk terpisah tapi langsung disirem diatas nasi . Kalo soto laen biasa pake santan n kita makan rada2 ngeri krn takut bnyk lemak >> nah makan yg ini enak rigan ga bikin eneq!!

Photobucket - Video and Image Hosting

Kalo dipasar bnyk udang biasa nyokap beli/borong pas siang nya pas si abang mau plng biasa harga dimurahin buat ngabisin >> nah mama g beli tuh udang yg gede2 or sedang , trus dibersihin buang kepalanya tinggal bdn n ekor ga usah buang kulitnya , bikin cabe uleknya >> pake tomat n bawang merah n putih ditumis pake minyak kasih daun salam n daun jeruk brapa lembar trus kasih gula pasir dikit, garam, vetsin baru masukin tuh udang trus kasih air dikit , masak pake api kecil biar nyerep tapi ga usah lama2 krn udang cepet matang , biar rasa makin topp n tampilan cantik biasa nyokap suka masukin pete .

Photobucket - Video and Image Hosting

Satu lagi nih fav kel g >> Sayur asin kacang merah , biasa kacang merah (kacang jogo) cuman di sop aja , kali ini mama g masak pake biba cincang . Masaknya gampang rasanya OK juga . Kacang merah di presto dulu spy cepet empuk . Trus biba dicincang kasar sedikit aja , mau tambah udang juga boleh , sayur asin diiris2 . Nah tumis tuh bawang putih cincang , lalu masukan daging cincang oseng2 samp wangi tambahkan kecap ikan, garam , vetsin n merica , lalu masukan kacang merah yg udah dipresto , baru sayur asin kasih kaldu smp kacang kerendam tapi ga usah luber spt kae bikin sop , kecilkan api masak agak lamaan smp air berkurang tapi jgn kering . Matikan api . jadi deh tuh sayur kacang merah sayur asin . Coba deh pasti suka ! kalu g mau makan biasa g kasih merica bubuk lagi biar tambah sipp . enakkk loh !!

Photobucket - Video and Image Hosting

Kacang merah emang fav dikeluarga g , jadi selaen dibikin sop , dimasak pake biba n sayur asin satu lagi nih >> dimasak pake krecek (krupuk kulit n santan) . Kacang merahnya digodok dulu, kresek beli yg udah digoreng atau goreng sendiri . Trus bumbu nya biasa >> cabe merah , bwng merah , putih , kunyit , lengkuas , daun salam , sereh n santan . Sbg tambahan boleh dikasih tahu yg udah dipotong2 n digoreng n cabe rawit atau petai buat menambah aroma .

Photobucket - Video and Image Hosting

Terakhir maren ini mama g coba2 masak Bokcoy yg dihias jamur n tiram . G ga tau deh gimana proses rendam tiram nya , kalu ga salah tiramnya direndam brapa hari tiap hari air rendaman diganti spy ga bau .
G liat rumit amat sih mending tiramnya diganti daging ayam atau biba kali yeh , dipotong dadu2 kan sama aja .

Photobucket - Video and Image Hosting

Sayuran nya di rebus sebentar trus lgs disirem air dingin spy ga lodoh , baru dipajang dipiring , trus tumis bwng putih masukan tiram/daging laennya baru jamur kancing kasih saus tirem , vetsin , merica secukupnya , kalu ga asin kasih kecap ikan/garam , kecap manis dikit > trus kasih kaldu dikit > aduk2 baru dikentalkan dgn sedikit larutan sagu , jgn lupa kasih minyak wijen dikit spy wangi baru siram keatas sayuran bokcoy yg udah ditata di piring tadi . Mayan cantik yah .. met mencoba yah !



2 comments:

Muthia said...

Salam kenal, liat makanannya jadi rindu tanah air.thanks for sharing yach!

maxie said...

salam kenal juga Mut ..
kamu dimana ? pasti rindu tanah air yah ..
buat obat rindu , banyak2 lah masak aja Muth , he222