Tuesday, May 13, 2008

Koleksi laen di kebun ku …


Selaen koleksi Adenium, Aglonema , ada juga Euphorbia yg luput dari perhatian gw krn letaknya diujung kebun . kemaren g sirem kebun trus liat Euphorbia lagi berbunga banyak . Hmm bgs juga nih jadi g lgs jepret2. ha22


Photobucket


Euphorbia tanaman lama yg skrg naek daun lagi , padahal dari kecil g udah pny tanaman jenis ini . Menurut literatur yg g baca >> Euphorbia berasal dari Madagaskar aslinya bunga nya kecil2 . Pantesan dulu g liat ga menarik banget tanaman ini krn bunganya kecil2 trus batangnya itu loh serem banget krn penuh duri runcing2 tajem banget hihhhh. Lama2 tanaman ini dikembangkan oleh pe hobby tanaman hias di Thailand jadinya skrg jenisnya makin beragam trus bunganya juga besar2

Ternyata setelah g perhatikan bunga nya yg berkelompok (bergompyok) unik n cantik juga . Tapi jenis yg ada di rumah gw belom segitu beragam . Kalo mau liat jenis2 yg banyak bisa diliat di toekangkeboen bagus2 kan , duhh jadi pengen tambahin koleksi Euphorbia nya .

Yg ada di rumah jenis ini (g ga tau namanya) bunga nya besar2 warna merah tapi merahnya bercak2 gitu .. Bgs deh kalo bunganya dah mekar lumayan tahan lama asal jgn kena guyuran air hujan berlebihan . Tanaman ini betah berlama disinar matahari seperti Adenium .


Photobucket


Yg laen bunga nya berwarna lbh pucat , trus ada lagi yg kelopak bunganya lbh kecil warna merah menyala >> bgs2 warnanya .

Photobucket

Photobucket


Yg kelopak bunga kecil2 seperti yg g punya masa kecil dulu ada juga nih >> warna kuning . Mustinya kelopak bunga besar2 spt jenis yg diatas baru keliatan lbh bagus . Yg g liat di nursery2 aduhh warnanya beragam banget demen banget liatnya . Tapi ati2 deh sama batangnya yg penuh duri itu .


Photobucket


Jadi selaen Adenium , dirumah gw ada juga koleksi Euphorbia . Cuman koleksi euphorbia ga sebanyak koleksi Adenium jadi luput dari perhatian gw , ha222 . Tapi lama2 seneng juga sih liat bunga2 nya yg bergompyok2 gitu . Kata org bunga ini pembawa Hoki krn kelopak bunga berhadapan seperti angka”8” , bener ga sih ? ha22 ada2 aja yah .. tapi Amin deh kalo itu bener … wuahahaha….


4 comments:

nie said...

wah isi kebunmu beragam yah...
aku ga gitu suka sama taneman ini, durinya bikin serem hehehe

veny said...

ember Nie , batang yg penuh duri itu bikin aku serem bayangin duri josss kena kulit kita . itu duri lbh serem dari jarum suntik . tapi liat bunganya aja Nie , kan daun ya lebat jadi batang dah ga kliatan , ha222

v1olet said...

berapa tahun y.l. gw ke Pontianak, waktu itu lagi booming Euphorbia ini, yg katanya bunga hokki angka 8, sampe harganya melambung mahal banget, tergantung warnanya dan jenisnya juga.

hampir tiap rumah orang berduit di Ponti pada tanam bunga ini. dan dibela2in ke Jakarta utk beli bunga ini.

veny said...

Oh g baru tau Vie , kalu org POnti tergila2 ama euphorbia , ha222
di rumah gw ada bnyk tuh ... moga2 kecipratan hokki yah !