Sunday, June 08, 2008

Makan Bacang lagi …


Ga kerasa udah setahun berlalu pas g posting ttg Hari Bacang , bagi org Chinese hari Bacang ada sejarahnya . Meski g pernah diceritain g rada2 lupa crt nya , kalo ga salah untuk arwah pengikut raja yg matee bunuh diri krn takut kelaparan maka dikirimin bacang dgn cara melempar ke sungai . perayaan kae gini masih ada di Kota Tangerang , di hari bacang keturunan Chinese pada membuang bacang hasil bikinannya ke sungai Cisadane .


Photobucket


G sendiri suka banget ama Bacang , dari kecil rasanya gitu mulai bisa makan g kaenya udah makan bacang deh ha222 . Tapi mama g ga bisa bungkus bacang , yg kae nya sepele tapi susah minta ampun krn g pernah nekat ikutan bungkus krn ga pecaya masa sih susah ? kalo sekedar bungkus asalan aja bisa , tapi untuk dapet bungkus segitiga dgn rapih n bgs bentuk nya susah bagi pemula . Harus latihan lama baru bisa dgn gesit bungkus bacang . Kdg g nerima juga kiriman dari temen yg dgn bangga kasih bacang buatan mrk , tapi dlm ati g >> koq jelek amat bungkusan nya ? ha222 petat petot ! bikin ga napsu mkn nya .

G suka yg ketan isi biba/sapi cincang dgn kecap kecoklatan n rasa bawang daun yg medok . Enakkkk !! apalagi dicocol sambel botol hmmm yahudd deh . harga bacang meroket kalo dah smp harinya , yg terkenal bisa jual diatas 15 rebu , apalagi yg pake kuning telur asin segala hmm ember enak sih bisa mencapai 20 ribu sebiji .. mahal yah ! Kemaren g seperti bisa dikirimin bacang dari tetangga seberang rumah 15 biji , 10 beras , 5 ketan … enakk deh !


Photobucket


Pasangan bacang yah >> Kue Cang . Bentuknya kecil2 cuman yg ini polos ga ada isinya , makannya dicocol pake air gula . Airgula dikasih daun pandan or jeruk biar wangi . Kalo yg ini g kagak doyan .. ga enak ga pake daging ha222. Kalo dirumah ada, g ga pernah makan ntar akhirnya pembantu g yg makan .

Tadi g crt2 bacang ama temen gw > Violet , di salah satu forum temen g crt masa kecil dia berkaitan dgn hari bacang , crt nya sedih banget n begitu berkesan bagi dia >> kenangan dgn emaknya di masa kecil .. tulisannya begini :

ngomong2 soal bacang... gw doyan bacang beras yg isinya daging sapi atau ayam. gak doyan biba. terus harus banyak kecapnya, sampe item tuh bacang. dan pake rawit 1 biji. jadi rasanya manis, asin, pedas .

waktu emak gw masih hidup, bacang buat gw khusus dibikinin yg kayak gitu terus diikat pake tali rafia warna biru, dibikinnya cuma 5 biji buat gw doang, krn yg lainnya doyannya bacang ketan dan isi biba .

ada kisah sedih, tiap kali hari makan bacang, gw jadi inget emak gw yg itu, krn dia meninggal di hari makan bacang. sehari sebelumnya keluarga emak gw bikin bacang dan kue cang. udah berpuluh2 tahun mereka bikin kue cang, gak pernah gagal, tp kali itu gagal, gak jadi sama sekali. eh... ternyata esok subuhnya emak gw meninggal. kanker usus. jadi waktu dia meninggal, hidangan utk para pelayat adalah bacang. dan bacang buat gw juga dibikinin...sedih deh ….hiks…. hiks..

sekarang gw gak dapet bacang kayak gitu lagi deh... yg talinya biru, 5 biji buat gw semua.

Begitulah sekelumit crt temen gw >> si Vie … ttg kenangannya tiap kali hari Bacang .. Bacang tuh enak tapi dibalik ritual tiap tahun nya ada juga sekelumit kisah sedih .. jadi ikutan sedih nih hikss hiksss tapi g masih menanti yg mau kasih bacang .. ha222 sapa yg mau kasih ?? ha222




7 comments:

Jiewa said...

Ali dibawain my mom, barusan dia ke Sny jengukin anak2nya hehe..
Kalo buatan mom, ikatnya pake benang putih :D

veny said...

ha22 , dikirim jatah juga ?
sukur deh !

eliza said...

gue baru baca nih Ven...gile, itu bacang menggiurkan banget. gue jg doyan bacang banget, doyannya yg ayam/babi malahan, kalo yg sapi rasanya kering. disini kalo musim bacang, kalo gak rajin bikin sendiri kagak ada yg seenak bacang indonesia :D adanya bacang hong kong gitu...

veny said...

idem LIz, g juga crazy with bacang biba/ayam .. kalo sapi emang "keset" rasanya .. tapi kalo ada g sikat juga deh ...
g doyan yg coklat2 gitu , bnyk daging n cabe rawit ... mantap deh
tapi kagak bisa bikin nya .. ha222

yendoel said...

selama 4 tahun di sini, baru tahun ini dpt bakcang yg enak banget. tapi masih selevel di bawah bakcang bikinan emak gua. hahahaha...
kalo aku paling senang makan bakcang dg cuka hitam.
di sini hari makan bakcang disebut "duan-wu-jie" (dragon boat festival) skrg di china dijadikan hari libur ngantor. bentar lagi Zhong-qiu-jie (mid autumn festival)

Anonymous said...

Dear Venny,
Gw baca blog-mu pas lg nyari resep bacang. Skrg gw tinggal di lr neg and sd lama bgt gak mkn bacang. Kisah km dibalik mkn bacang mirip skali dg kisah gw. Tiap pekcun tiba gw ingat banget krn mama tercinta meninggal sehari setelah bikin bacang, kena serangan jangtung. Kemungkinan kecapean krn hr itu mama bikin bacang yg byk sekali khusus utk anak2 & cucu2nya. Ternyata itulah bacang yg terakhr kali dr mama...hiks..hiks..hiks...

veny said...

hii2 anonymous salam kenal juga , kisah sedih di hari bacang itu crt temen g , g quote crt dia yg kehilangan emaknya pas malam bacang . ohhh mama lo juga pergi slamanya pas hari bakcang ? sedih banget . tabah yah semoga dia damai disisi NYA .