Sunday, July 17, 2011

Indahnya Gulmarg Kashmir ....

Setelah tdr semalam di tepian Danau , bsk pagi kita lanjut acara ke Gulmarg . Ini salah satu tujuan wisata paling diminati di Kashmir >> tempat yg indah di latar belakang pengunungan Himalaya yg konon bersalju abadi . Dimusim dingin jadi tempat bermain ski yg populer sampai pernah didatangi Bill Clinton . Wahh jadi ga sabar mau cepat sampai sana , tp g tau pasti skrg kagak ada salju jadi kita ga usah pake baju tebel .



Perjalanan kesana sekitar 50 km dr kota Srinagar , kita naik 2 minibus . Sialnya minibus g mogok krn panel gigi otel2an hahahaaa koq bisa yah , serem donk kl kejadian mobil g nanjak ntar gimana ? supir mobil g yg tampangnya lumayan (kt temen g tuh) mgkn look better kalau di make over hahahaa rambutnya hitam ombak2 trus lepet2 kae kena olie hahaaaa pada ngakak denger komen temen g . Si supir itu panik juga mobil mogok dia contact mobil satunya yg ada Local Guide , minggir deh di jalan dkt pasar trus utak atik itu gigi smp tangan belepotan olie , kira2 15 menitan akhirnya urusan beres juga stlh supir mobil satu lagi datang membantu ha2x.




Sampe Gulmarg cuaca cerah , ini pegunungan & lembah cakep banget sayang ga ada saljunya krn summer , tapi dari jauh kliatan putih2 kae lelehan salju di puncak2 Himalaya itu . G liat scenary nya semirip Jade Dragon Snow Mountain di China yg 2 thn lalu g kunjungi . Bgs banget di lembah bawah terhampar rumput laksana karpet hijau trus semak2 dgn bunga2 kuning halus2 gitu , matahari ga terik angin sepoi sejuk pas kita trn disatu spot untuk poto2 . Jrenggg mejeng2lah kita disini ha2x. Maap untuk kenarsisan kita2 yah




Kelar poto2 kita ditawarin naik kuda untuk mencapai tempat naik gondola , tapi cukup mahal 500 Rupee (kurleb Rp.110.000<-) per org . Kalau jalan kaki bisa sejauh 5 km or brp kilometer gitu . Kita memutuskan ga mau naek kuda n ga usah naek ke atas krn ga ada salju juga . Paling kita jalan2 aja dibawah , sayang nih pemerintah India kalah sama Pem. China soal wisata , kl di China kita bisa naek mobil khusus untuk capai satu titik terdekat untuk naik Gondola . ga ribet jadinya smua udah teratur , g salut Pem China soal urusan wisata ! Maju banget n di organisir dgn baik . Pas kita lanjut poto2 di bgn bawah yg terlihat bny villa2 , ujan rintik2 mulai turun hahhh apes deh terpaksa menepi , untung ujan ga lama . kelar acara poto kita smua lunch di satu restoran yg tmp nya agak tinggi jadi bisa liat scenary dari situ , bgs bgt deh liat pemandangan Gulmarg dr situ . Terpampang poto2 Bill Clinton wkt kesana .



Menu makanan yg disajikan sederhana banget tp rasa masih lumayan , g suka ayam gorengnya yg dilumuri tepung yg rasanya agak sedikit pedes2 , trus g nyicip Teh Masala yg rasanya ada bau rempah tp OK koq ! Kelar mkn kita liat toko souvenir di sana , liat2 aja akhirnya kecantol juga beli Pashmina yg konon itu pashmina kwalitas bgs jd hrg mahal . Pdhl g sndr udah berjajnji dlm hati ga mau bli pashmina krn udah banyak . Tp liat yg lain beli jadi latah juga ha2x . Kelar liat souvenir kita meninggalkan Gulmarg .



Dari situ kita kembali ke arah kota singgah di Mesjid Jamia mesjid tertua di Srinagar dibangun thn 1400 oleh Sultan Sikandar , letak mesjid ditengah Old City di belakang pasar . Sebelum masuk mesjid kita terpukau Mangga yg kata tour leader kita itu mangga paling enak yg dia makan hahaaa , penasaran lah pada beli . bentuknya mirip mangga gedong . Pada rame deh borong mangga yg ternyata pas kita cicipi enak sekali ga ada serat kae mangga gedong . Selain mangga banyak dijual semangka , ketimun yg g aneh bgt liat nya krn org sana kalau kepanasan makannya mentimun hahahaa .



Kelar borong mangga kita masuk Mesjid Jamia yg terlihat masih bagus n berfungsi sbg tempat ibadah . Bangunannya masih kokoh , kita copot sepatu n nenteng spatu masuk kedalam mesjid dihalaman sampingnya bny burung merpati , bagian dalam luas adem banget bgn wanita terpisah dr pria beralas karpet , terlihat tiang2 kayu yg kokoh berjumlah 370 tiang . langit2nya dari kayu masih bagus ada mimbar di bgn depan tengah . kluarnya terlihat taman yg bagus banget ada air mancur nya .




Kelar liat mesjid , kita plng kearah Kota Srinagar . Sebelum sampai tepian Danau tmp kita tinggal kita diturunin dijalanan untuk shopping . Nah disini kta kluar masuk toko liat2 n beli kalau sesuai selera n dompet ha2x. Ada satu toko kita borong Pashmina krn lbh murah dr tmp kita beli di Gulmarg tadi , emang sih krg halus bhn nya tapi coraknya khas Indihe banget , nah ini dia yg kita cari buat oleh2 . Tiap org ada tuh beli 5-10 ptg . Pilih2 gitu sampe yg jual tau kita napsu jadi ga mau turunin hrg nya , yah sutra lah kl dia ga kasih kita pura2 kluar toko , Eitss dipanggil lagi n bisa jadi jg di harga yg kita mau . Cihuyyy 5 ptg Pashmina masuk tentengan g lagi , g sih beli aja yg murmer yg mahal ogah deh !

Kelar blanja2 udah magrib kita lgs digiring naek sampan ke tmp tinggal kita >> "Smith Palace" heheee . Udah hari kedua di Dal Lake g udah mulai adaptasi ga ngeluh lagi n feel ya udah dapet kalii wahahhaaa . Sore itu lalulintas danau rame , ada yg jualan minuman n sncak2 di sampan , biasa mampir2 tiap rumah . Sodara g beli sncak kae Chiki2an rasa Masala namanya Churcaree g icip2 rasanya enakkk . Sayang g males beli buat bw plg Jkt krn menuhin koper aja . Skrg g ngidam pgn mkn Churcaree . Enak rasanya gurih asem2 pedes2 dikit .

Malam itu kita akan dinner bersama di Houseboat Raymond yg serumah sama Kel Ibu Ida, Betty & Indri krn House Boat mereka lbh besar , makan bersama membuat kita lbh dekat . Krn kemaren malem kita udah ga napsu mkn kali ini tour leader kita bw emping n krupuk dr Jkt masuk dapur goreng sendiri oyyy wahahahaaa , suprise wkt liat emping krupuk di meja makan, trus ada sambel terasi & kecap manis sachet hihihi...



Makan mlm kali ini lbh mayan dikit dr kemaren , si Uncle cukup puas liat kita lbh semangat makan . Kelar mkn sempet ngobrol2 n briefing singkat krn bsk pagi kita akan menyusuri Dal Lake dgn sampan trus siap2 check out dari Dal Lake menuju bandara terbang lg ke Delhi . Ponakan2 pada maen PSP , kita yg tua2 pada ketawa2 inget pertama kali check in disini , seru deh . Akhirnya mlm itu kita plng ke Houseboat masing2 beberes koper krn bsk akan check out . (BERSAMBUNG)




22 comments:

Bebek said...

Besok gw mesti baca sekali lagi pake kompie, biar bisa puas liat potonya dan gedein sekalian :)

Veny said...

@ Bebek wahahahaa mang skrg lo liat di BB ya ?

eunike mk said...

seru ven..tp blm puas liat pic krn buka pk hp..bsok liat lg ah..

Leony said...

Wihiiii.... ah, pengen ke India, tapi nunggu ada Gondola aaahhhh...:P

nie said...

ternyata cakep banget ya India itu :)
Denger beli pashmina, jd kepingin beli hehehe, aku cuma punya 1 :p

mamie_funky said...

eh Ven, mesjidnya aneh juga ya, beda sama yang di Indo...kayu semua ya? welehh, seru ya sampe masih bersambung euy...hahahhaa

Katrin said...

OW,trnyata balik lagi ke Dal Lake ya ven...hhehe...seru ya, ditunggu lanjutannya...

Belzy said...

Duh ven ngliatin foto2 lo jd bkn gue pengen ke india deh. Ternyata ga separah di byngan gue nih india. Foto makanan nya juga ga gitu kliatan kyk mknan india ya ven....
Ga sabar pengen baca postingan lanjutan india nih ven...:)

Arman said...

bagus ya gulmarg kashmir nya.. seger rasanya. gua paling suka tempat yang ada gunung dan banyak ijo2 gitu... :D

eunike mk said...

baru liat lagii...:) ven, itu mesjid besar di india kok model2nya kek taj mahal gitu yah?

oya ven, g tanya dunk, itu template pic na lo pake apa? kok kek sobekan note ato prangko gitu? scrapbook kah? ato pake sotosop bisa? mau dunk diajarin hehehehh....

Unknown said...

Mbak, foto-foto Gulmarg-nya bagus bener. Beda dari pemandangan Asia Selatan yang biasa gw liat kumuh bin dekil.
Cuman gw bingung kenapa Bill Clinton sampek dua kali disebut-sebut di sini, memangnya Bill Clinton dipuja-puja gitu sama masyarakat lokal?

Pashminanya dijual rata-rata berapa rupee ya? Apa bedanya versi murah meriah dengan yang versi mahal?

fun said...

wuah cantik2nya... :)

Once in a Lifetime said...

Ven, gua selama ini dapat cerita2 jelek ttg India sama kolega yang pulang seminar dari sana ternyata pasti ada indah dan serunya ya! Hubby bulan Agustus akan ke sana 2 minggu, tp kota kecil Vellore dekat Chenai, elo ke sana?

bonnie said...

Pantesan aja mba ven, ditungguin postingannya lama bgt, ternyata lg jalan2... ih enak ya keknya udaranya segerrrr...

Veny said...

@ eunike g pake photoscape Lin

@ Leony g ga naik gondola

@ Nie emang bgs koq India worth it kl ada wkt musti liat

@ Yance iya bgs Mesjid nya , oo iya donk crt pasti nyambung . cmn skrg lg teler jd tunggu aja ya hehee

Veny said...

@ Katrin kan g nginep 2 mlm di Dal Lake .

@ Belzy emang patut diliat deh tuh India . nantikan crt sambungannya ya !

@ Arman iya g jg demen yg ijo2.

@ Vicky iya bgn selatan kan paling padat penduduk . kae Bombay , Calcuta itu padat n kumuh . Yah banggalah org sana didatengin Bill Clinton sampe potonya dipajang dimana2 , heheee
IYa Pashmina yg asli mahal banget , yg kita beli di Indo yg Pashmina aspal hehehee . Yg asli alus adem ga panas , tp cukup anget kl dipake winter .

Y3nn1 said...

wow, pemandangannya indah banget, Ven...kaya negeri dongeng yah. Atau lu yg pinter foto yah jadi kesannya indah begitu? ;)

Gw sampe sekarang malah blon kesampean beli phasmina :( .

Veny said...

@ y3nni emang bgs Yen . bukan g yg jago moto . g mah kagak bs poto hehehee

Veny said...

@ Elisa iya EL g jg ga percaya kl di INdia ga ada tempat bgs , makanya g nekat kesana heheee
G lom perna ke India selatan , pdhl pgn jg liat Chennai , Bombay n Calcuta

Veny said...

@ Bonnie wahahahaa iya br plng , bsk2 de lanjutin crt nya ,

Anonymous said...

Kaget gw baca elu ke India, ikutan tour lagi hehe. Tapi fotonya sih bagus2 ya,walopun gw jadi ikutan mencium bau-bau India di kamar merahnya haha. Ngiler liat mangganya Ven.

*duduk manis nunggu lanjutan*

BabyBeluga said...

Mangganya menggiurkan sekali. SI Matt neh demen banget ama mangga.