Tuesday, August 02, 2011

Bergaya norak ala Kashmir Girl & otw to Agra

Lanjut lagi crt nya .. stlh 2 mlm di Dal Lake , bsk paginya kita siap2 check out . Sedih juga wkt mau pergi dr Houseboat meski mulanya kita ga betah tp stlh 2 mlm ada rasa kae rumah masa lalu wahahaaa . Koper2 udah siap smua, si uncle (dlm poto paling kanan pake baju panjang putih) udah wanti2 kl koper musti siap di beranda houseboat masing2 n kita abis Bfast mau dibawa muter2 dulu di Dal Lake . si uncle tau donk itu pengurus di tiap2 houseboat , rata2 uncle sana baik2 org nya so wkt berpisah g kasih tip 1000 rupee mereka sangat senang n respect bgt dgn pemberian kita pdhl cuman 200 rb kalau dirupiahkan .



Ternyata Dal lake luas juga loh , sepanjang jalan kita liat rumah2 spt tempat kita tinggal itu smua disewakan , yg agak ngeselin perahu2 kita banyak ditempel perahu2 penjual souvenir . Jgn kita coba2 perhatian ntar mereka makin gencar nawarin nya , iya sih mereka sopan2 . Tapi malah bikin kita tambah ga tega . Mereka jual dlm rate US dollar tp bisa sih kalau minta dihargain dgn Rupee . Mrk jualan Pashmina, gelang , kotak2 perhiasan , tas2 kulit dll . Wkt kita tinggal di Houseboat suka ada pedagang yg masuk aja ke rumah kita nawarin dagangan ,g sampe risih tp mrk sopan2 & kata uncle ga pa2 . Mereka ga jahat ga akan nyuri or berbuat jahat .



Sepanjang jalan di danau g liat ternyata bny kehidupan di danau tsb , ada toko2 yg jualan gas , bunga , pasar lengkap dgn jualan bumbu , daging dll , selain toko cindera mata . Mereka hidup di atas Danau ,jadi danau itu sepanjang hari yah rame lalu lintasnya .

Akhirnya sampan g merapat di ujung danau , nah disini nih lucu n norak banget kita bergaya2 dgn baju2 perempuan Kashmir yg disewa buat poto2 cuman dgn bayar 100 rupee = Rp.20.000,-- aja . Seru deh mulanya cuman g berdua ama sodara g yg mau abis bajunya aneh kae jubah mana gede2 ukurannya . Trus warnanya norak2 banget . Krn murah n buat kenang2an yah g nekat aja . Itu kita poto2 pake kamera sndr , kalau dipotoin sama pemilik baju harganya lbh mahal lg . Trus dikasih pinjem properti lain kae gentong buat ambil air & bunga . hahaaaa



Yg geli tuh pas udah kelar dipakein baju n aksessories nya trus temen2 pada potoin , nah si pemilik baju mengarahkan gaya g , g kan ga bisa bergaya kaku kae robot jadi aneh n yg liat pada ngakak hahahaaa . Lucu banget deh , ehh krn lucu n seru yg lain jadi pada ikutan nimbrung pake baju Kashmir itu wahahahaa .

Kelar poto2 gaya norak itu kita balik lagi naek sampan lgs ke dermaga , siap2 mau meninggalkan Kashmir . Sedih juga wkt merapat di dermaga n udah ditungguin sama Guide Local nya , koper2 kita udah ada smua di pinggir jalan n siap masuk mobil . Langsung tancep gas menuju Bandar Udara Srinagar .

G lupa jam brp terbang kembali ke New Delhi , yg g inget tengah hari . Sampe sana yah ampunn ini bandara paling horrible n terrible yg pernah g liat . Bayangin aja dr pintu gerbang depan (ibarat Gapura deh kl di Soetta) smua koper hrs udah di Scann , gila gak itu turunin koper dr mobil trus masukin ke mobil lg stlh di scann . ajegille .

Nah gitu sampe pelataran erpot (entrance gate) gilaa liat org udah pada nguler . Mau masuk pintu aja antri , tau ga krn apa ... Krn gitu masuk lgs Scann koper lagi n manusianya . Trus pintu masuk (gate) nya cuman "1" !!!! pegimana ga mampet tuh pintu masuk ?? kaki g ampe kegiles koper org yg ditarik n dorong2 semaunya . trus badan g udah kepentok sana sini , kalau ga sigap kapan koper kita masuk ke dlm ???



Baru g tau ada bandara kae gitu . tapi bandaranya sih kagak jelek amat ! biasa ajalah mirip kae Ngurah Rai cuman amburadulnya ga ketolongan . lepas dr sana ambil koper kirain udah aman donk, eitsss ternyata blom ! ada tahap koper musti dibuka satu persatu . gilaaa itu printilan kecil2 musti dibukain satu2. Kan kita cmn bawa handcarry smua donk, wahh amburadul deh suvenir g satu2 dibuka , sampe repot g bungkus lg satu persatu . Giliran tas tangan g dibuka , yahhh ille itu smua jepit kaca mata , obat tetes mata , lipstick dibukain satu satu . ipod dibukain juga wahhhh capee deh ! gimana ga lama n terjadi penumpukan org ???

Belom puas handcarry dibukain , giliran org nya skrg masuk dlm bilik satu persatu dirogoh n raba2 sampe tuntas !!! wahahaaa , pemeriksaan body contact . Puas ??? ternyata petugas ce paling suka liat aksesories si tamu2 . Masa jepitan g diminta tanpa bilang minta , cuman unjuk2 ke jepit g yg bermata berlian2 aspal gitu ampunnn , g belagak bego aja . g blng ini bukan original diamond dia senyum2 tetep unjuk2 . g belagak bego ngacir kluar bilik aja . Ternyata kejadian di bilik lain juga gt , sodara g dimintain kalung kupu2nya . hahaaa . trus ibu Ida yg pake gelang diminta gelangnya n dia kasih juga krn kasian katanya . Duhhhh macem2 aja .

Lepas dr situ tunggu pswt crt nya , kita duduk sambil minum2 n ngemil trus g iseng poto2 . ehh lgs dideketin ama tentara baju loreng dgn senjata laras panjang dia blg ga boleh poto . g jawab I'm sorry , untung dia ga apa2 . Huhhh ! gitu kita disuruh siap2 boarding kita jalan ke arah pswt King Fisher ehh kaget lagi sebelom naek pwt di landasan ada bilik2 pemeriksaan lagi boooo !! alamak kita dirogoh n raba2 lagi satu persatu puas ???? wahahaaa segitu ketatnya , tp g akhirnya maklum krn emang Kashmir tercatat sbg daerah paling rawan sengketa di dunia ! pantesan sampe kae begitu . kejadian bom meledak udah sering . Tapi gmn ya buat kenyamanan tamu or turis perlu diperhatikan donk ?

Akhirnya siang itu kita terbang meninggalkan Kashmir . bny kenangan dlm waktu yg singkat itu , g bny lihat kejadian lucu n aneh2 kae di Bandara ini . menurut g aslinya org Kashmir ramah n baik2 koq ! sepanjang terbang yg cmn 1,5 jam g coba merem aja tp ga berhasil tdr , menjelang sore kita landing lagi di Indira Gandhi Int Airport (IGIA) New Delhi . kalau disini airport nya bgs modern bersih besar , proses kluar bagasi lancar , diparkiran udah ditunggu bus yg akan membawa kita lgs menuju Agra .

Bus lgs meninggalkan Delhi otw to Agra lwt toll , sore itu udah jam bubaran kantor , kliatan pintu toll ga jauh beda sama tol2 di JKT yg rame banget kendaraan antri .Kl di kota kecil mobil2 banyakan jelek2 n lama2 modelnya . Beda sama Delhi yg banyakan mobil bgs meski bny juga juga mobil2 kecil .



Waktu tempuh Delhi - Agra kira2 4-5 jam jauh juga ya ? kita berusaha tidur didalam bus krn cape banget . Baru keluar toll ga lama kita sempet mampir di MOll & beli Kentucky untuk ganjel perut krn diperkirakan tiba di Agra tengah malam . Sialnya stlh kita jalan 2 jam dr Delhi tiba2 bus kita mogok ampunnn deh , kita yg udah lelah sgth mati cmn bisa pasrah stop di pom bensin , ada spare parts mobil yg rusak n musti tunggu gantinya dr Delhi gila ga ? ga ada bengkel terdekat disitu , krn udah lelah kita cmn bisa diem ga kuat kumplen lagi wahahaaa . Dibujuk turun untuk ngopi2 di pom Bensin (ada wr kopi) kita pada ga mau , mending meringkuk di dlm bus yg tetep dinyalahin AC nya .

Denger2 mau didatangkan bus pengganti dari Delhi tp itu artinya kita akan tunggu sekitar 2 jam kan ? ya ampunnn .... pasrah sambil tidur2an di dalam bus . Akhirnya menjelang jam 24.00 bus pengganti datang juga . Duhhh sengsara banget , lgs deh kita tancep gas to Agra , bus ngebut di malam buta . Jalanan sepi banget , akhirnya stlh 2jam lbh kira2 jam 2 pagi kita masuk kota Agra yg udah sepi . Lgs check in di Jaypee Palace Hotel . Sebelom masuk htl dijalanan tour leader kibulin kita blg ntar di htl tsb jgn kaget krn ini kota kecil jadi kalian ga akan tinggal di Hilton spt wkt pertama datang di Delhi , ini htl kecil suka mati lampu , kita diem aja udah lelah n pasrah . hahaaa

Pas kita masuk pekarangan Htl lom kliatan tuh htl kae apa krn gelap ! pas bus setop n kita trn ... lgs dikalungin welcoming flower . lgs masuk lobby wowww kae istana jaman dulu atau rumah bangsawan yg gede banget ! kurang asem nih si Raymond kibulin kita . Lgs bagi keycard , ehh iya koper & kita di depan di scann dulu !



Trus si Raymond blng maap krn kejadian ga disengaja smp kita terdampar disini jam stgh tiga pagi, tp bagi yg masih lapar dipersilahkan makan di coffeshp , makanan masih disediakan ! peserta pada cemberut smua "manyun mode on" deh hahahaa . Trus g nyeletuk bukan mkn malem kali lbh tepat "sahur" hahahaaaa. hanya sebagian yg masuk coffeshop , yg lain lunglai lgs masuk kamar . G n sodara g masuk coffeshop sekedar liat ada mkn an apa , ternyata masih bnyk makanan , g makan ala kadar n lgs masuk kmr tanpa mandi hanya cuci kaki n muka trus sikat gigi lgs merem pules !

Bsk paginya di morning call jam brp lupa , masih mata sepet kita mandi n lgs kumpul di coffe shop . Pagi itu meriah juga menu Bfast nya , enak2 smua g ambil kentang n kcg merah dimasak kari n tomat rasanya eunak banget ! meski krg tdr tapi terlihat wajah2 ceria dipagi itu .





Kelar mkn kita mulai tujuan pertama hari itu ke Taj Mahal tapi sebelum kesana kita diajak ketempat pembuatan marmer , disana dikasih liat gmn marmer2 seperti di Taj Mahal dibuat , bgs2 amat tuh marmer . kelar dibawa puter2 liat koleksi marmer yg udah jadi kita ditawarin beli miniatur Taj Mahal dari marmer asli tapi mahal banget jadi g kagak beli .



G baru tau itu marmer kl ada motip bunganya , bukan dilukis di atas marmer tapi dibuat potongan2 bunga dr marmer juga , baru dimasukin ke marmer induknya , gilee kerjaan rumit bgt tp hasilnya emang bgs2 n halus2 pahatan & polesannya .(BERSAMBUNG)





24 comments:

Pitshu said...

norak buat kenang2an cuam 20,000 juga aahahaha a:)
klo erpot na kek begitu, masih lebih erpot soeta deh hahaha ^^

Ah Boy's Mom said...

jaypee palace bagus ya...

aduh gile pake acara mogok gitu. ga kebayang deh BT nya... hahahhaa.

anakjajan said...

ya ampunn rese bener airportnya?
itu petugasnya gila aja maen sesukanya malak perhiasan orang?

Leony said...

Haduh... itu airport Kashmir, PARAH!! Kalo lu pake berlian asli gimana dong ? Bisa2 diminta pas scanning ??? Bener gak sih ?? Kalo pake jam Rolex gimana ? Trus kalo gak dikasih, mereka marah gak ?? Hiyahhhh!!

Gue suka banget hotel yang di Agra. Modelnya klasik tapi modern, suka deh sama tempat yang di preserve gitu. Sayang ya elu cuma bobok bentar...

Veny said...

@ Pitshu iya buat kenang2an lucu bgt kl inget , yah msh mending erpot Soetta kemana2.

@ Lena (ah boy's mom) ember Jaypee bgs , g dikibulin sama tour leader kirain beneran jelek taunya bgs ! hahahaa . Yah BT bgt lah wkt mogok segitu lama

Veny said...

@ anak jajan iya itu erpot paling kacau yg perna g liat smp skrg .

@ Leony kl gak dikasih gak brani marah kali paling asem doank tampangnya hahhaaa , g aja belagak bego lgs ngabur aja . abis edan bgt sih mrk mgkn lom perna liat brg kae kita pny . kasian sih .
btw g jg suka Jaypee Htl , klasik modern , g stay 2 nights there . seneng bgt !

Arman said...

1. ven, kalo di houseboat gitu jadi banyak nyamuk gak ven? kan di air2 gitu biasa suka banyak nyamuk...

2. lucu tuh foto2 pake baju kashmir nya. sayang dong yang lain kok gak mau foto sih. murah gitu. kan lucu buat kenang2an ya...

3. gile ngantri airportnya... sampe keluar2 gitu, mana panas ya...

4. hahaha kalian dibilang hotelnya kecil udah pasrah ya, pas liat hotelnya ternyata bagus gitu pasti pada seneng banget dong ya... :D

Veny said...

@ Arman di Houseboat ga ada nyamuk samsekali g jg heran tuh .
iya baju norak lucu makanya g nekat.
ember tuh erpot antri ajubille , kaget g liatnya.
pas tau htlnya bgs malem itu kita biasa2 aja , saking cape nya n ngantuk . bsk nya baru nyadar koq bgs yah hahaaaa

bebek said...

beneran ngiri deh gw sama elu....huhuhuhuhu

bonnie said...

ih gile itu petugasnya preman amat mba...malesin bangeddd!
btw aku jg baru tau klo marmer bisa dibikin bentuk bunga gt, wah ribet amat ya ngerjainnya, pasti mahal deh hrg nya ~_~

once_alifetime said...

Ampun, seumur2 belom pernah digeledeh lho gua hihi, tp kalau semuanya kena ya apa boleh buat, gak bisa marah juga kan. Paling bagus kalau diminta macam2 pura2 bego aja dah. Gua kebayang houseboat itu spt Kampung Sampireun gitu gak sih? India bagus tp pariwisatanya masih kacau ya, mudah2an ntar suatu hari ada seminar ke sono:) Btw hubby cerita di Vellore gak ada apa2, sedih dia. Masa katanya mirip banget ama kota kecil di Indonesia doang.

vera said...

airport kashmir melelahkan banget yah, gua yg baca aja cape :p
bete juga ama petugasnya yg celamitan yah..

hotelnya bagus yah, ven...

ditunggu cerita taj mahalnya :D

foodtravelblog said...

Seru banget ven ceritanya... walopun India emang kumuh, kotor dan banyak orang ga mau kalo diajak kesana tp India termasuk salah satu list negara yg gue pengen visit lho...
Gmn menurut elo kalo kita jalan sendiri ke Kashmir? soalnya gue rada ga suka ama konsep ikut tour :P
ditunggu cerita lanjutannya

Veny said...

@ bebek lha g justru iri sama lu Bek hahahaa

@ Bonnie iya marmernya mahal banget , dijual koq disana dr ukuran kecil smp yg gede buat meja or lain2 . bgs2 sih

@ @ Elisa kl g blg KMp Sampireun udah buatan, kl HOuseboat natural kae gt . Mnrt g sih pariwisata disana untuk urn pelestarian cagar2 sejarah bgs yah , cmn sarana nya krg bgs .

Veny said...

@ Elisa mgkn aja Vellore ga ada apa2nya , krn bukan kota wisata yah . kl yg g pergi kan emang kota wisata Agra, Jaipur Kashmir

@ Vera iya tungguin yah crt lanjut nya hehee

@ Yunike iya sgn travelling sejati ke lu pasti minat kesana . Mrnt g sih OK yah India . Ga nyesel udah liat kesana . heheee
Ke Kashmir jalan sndr ? g rasa lu pati bisa Yun , kan lu udah biasa melanglang buana sendir tanpa ikut tour .

Fun said...

wedew..lucu yak ada marmer bisa motif2 gitu..keren deh.. :)

buseeet tuh airport sampe ngantri di luar..sempet2nya dirimu berpayung ria hehe :) ckckckc.. bisa aja tuh orang bandara minta aksesoris..wuah pasti banyak tuh stoknya :)

GeGe said...

ven, baru baca, serrrrrrrruuuu...!! ya maklumlah Kashmir kan daerah konflik, jd emang harus kae gitu cara menangani pengunjung hehehehe...

Angels said...

Wah bisa pinjem baju adat khas sono buat foto2. lucu banget ;)) murah pulah ya 20rb buat kenang2an :D

Buset deh itu airport. sumpek banget ven gw liat dari foto lu. Udah rame, padet, nunggu antrian di depan panas2an pula. udah kaya mau naik bis aja. ga elit bandaranya ya. klo di dalem pake kipas angin masih mending, ini di luar gitu. parah banget.

Veny said...

@ Fun hahahaa namanya wong edan yah biar panas amburadul kacau smpet jg minta poto xixixixi

@ GeGe iya akhirnya g maklumin jg tp yah hrs tetep lbh rapih lah jgn kae gitu donk .

@ Angels iya murmer sewa baju cmn 20 rb rupiah . Di dlm airport AC Gels !

diet sehat said...

wah..asyik buanget ven ke India,slama ini dlm pikiranku India tuh kotor and org2nya dekil/bau bandot gitu...hahahaha

Veny said...

@ natalie , sesekali boleh koq liat India , mnrt g bgs juga !

v1olet said...

gak sangka ya ... makanan di India ternyata enak2 ya ... itu makanan di hotel. kalau di luar hotel gimana?

Veny said...

@ Violet selama disana g mkn always di Htl perna sekali mkn diperjalanan tp di rest bgs jadi masih enak2 . tau kalau street food lom nyicip

Anonymous said...

Denger2 Biaya hidup disana murah dari kita ya. Bener gak sih?