Wednesday, August 24, 2011

Visiting Agra Red Fort

Sekembalinya dari Taj Mahal kita makan siang di hotel trus istirahat sebentar n sorenya mengunjungi salah satu situs warisan budaya dunia "Agra Red Fort" . Letaknya ga jauh dari Taj Mahal sekitar 2,5 km ke arah barat laut . Sampai disana kita takjub liat benteng merah dari bata yg gede n masih terlihat kokoh banget. Banyak turis n pedagang suvenir berseliweran di pintu gerbang utama .



Benteng Agra yg dibangun abad 16 & ditempati oleh hampir seluruh kaisar Mughal/Mongol mulai dari Babur, Akbar , Jehangir , Shah Jahan sampai Aurangzeb . Sempet poto2 dulu sebelum kita masuk kedalam nya , ternyata luas banget kurleb 380.000 m2 . Setelah direnov sana sini setiap pergantian kaisar jadi ada brp bangunan di dalam nya , gaya arsitektur nya India, Islam & Persia .



Masuk kedalam kita melewati seperti lorong panjang sebelum masuk ke bagian inti istana atau tempat tinggal raja2 , luas banget n masih terawat dgn baik .

Selama brp periode pemerintahan dikendalikan dari istana yg ada di dalam benteng tsb , bangunan2 di dalam istana didominasi dgn warna merah atau dari marmer putih . Seperti Jahangir Mahal (istana Jahangir yg dominan merah) Khas Mahal yg dominan putih , Diwan I-Am yg merupakan hall of public audience dr marmer putih . G kagum n takjub liat India bisa tetap menjaga kelestarian sisa warisan budayanya , koq ga ada tgn jahil yg suka coret coret kae di Indo atau yg suka mreteli bagian2 dr bangunan kuno bersejarah .



Puas dah berpoto n naris ria disini hahahaaa , itu public hall kae pendopo kalau di kraton2 Indo , tempat raja bertatap muka dgn rakyatnya , adem baget krn lantai n tiang2 dr marmer putih dgn ukiran2 n lengkung2 atap pilarnya . Ga tau yah disini dipake buat poto pre wed org India ga ? heheee

Trus Jahangir Mahal (istana Jahangir) dominasi warna merah bekas kediaman ayah dari Shah Jahan ini gede banget ! banyak ruang2 n kamar2 didalam nya , juga ada bak mandi raja ukuran besar dari batu di luar istana .




Juga ada 2 mesjid yg dibangun disana , "Moti Mosque yg dibangun di era Syah Jahan 1646-1653 dan "Nagina Mosque" yg dibangun Aurangzeb (putra Shah Jahan) di tahun 1658-1707 .



Pemandangan dari bangunan di atas bagus banget terlihat benteng yg mengelilingi istana di depan , dari kejauhan terlihat Taj Mahal , cakep deh kalau dilihat sore hari pas matahari terbenam . Konon dari salah satu bangunan di dlm Agra Fort ini "Muhammam Burj" Kaisar Shah Jahan pernah ditahan oleh anaknya sendiri (Aurangzeb) selama 7 tahun sampe beliau meninggal . Nah dari balcon kamar tahanannya itu beliau tiap hari memandang Taj Mahal monumen yg dia bangun untuk mengenang mendiang istri tercinta Muntaz Mahal . Bener2 romantis & dramatis banget yah , sampe meninggal pun dia setia walau ditahan dlm penjara tetep menatap ke Monumen cinta abadi istrinya .

Sore itu kunjungan akhir kita di Kota Agra , bsk pagi siap2 meninggalkan Agra menuju Jaipur yg merupakan kota pusat kebudayaan Hindu masa lalu di India (BERSAMBUNG)




14 comments:

Arman said...

bagus ya...
dan keliatannya disana maintenance nya pun bagus ya jadi bersih banget gitu...

BabyBeluga said...

Kemaren ini pas mencet2 remote control tv, liat tuh sekilas travelling channel, ttg trip ke India. Salahsatunya Agra itu. Then yg lainnya mah diliatin betapa hiruk pikuknya India. Duh, nehi banget gga siy? Berasa spt di Jakarta pas macet, malah lebih parah lagi kayaknya ya....

Veny said...

@ Arman iya cukup bersih n rapih makanya g kagum kok INdo ga bs ake Indihe ???

@ BabyBeluga yah kalu dikota2 kcl yah hiruk pikuklah kan penduduk banyak banget dimana2 org tp lu percaya ga di Jaipur tuh g naek bajaj aja bisa ngebut ditengah2 jalan padat hahaaaa , ga macet biar padet gitu aneh bin ajaib.

mamana clo said...

bangunannya megah2 ya..
dan keliatannya terawat.

kirimannya udah sampe :)
thankyou yaaaa....
sering2 bikin kuis ya, hehhee...

Mochachocolata Rita said...

wah serunyaaaaa

Angels said...

Wah megah banget bentengnya. baguss

GeGe said...

tempatnya cakep banget ven...ditengah kehidupan yg acak kadut, lokasi2 wisatanya bener2 dirawat luar biasa...beda banget ma indo, di Borobudur aja kek kurang perawatan gituh *sigh*

Veny said...

@ Xiao Yan lega deh kl kiriman uda sampe dgn selamat hehee

@ Rita iyaa seru

@ Angels iya megah Gel

@ GG iya Lin India org mikirnya acak kadut tp wisata nya OK juga ternyata . kalau ga pergi n liat sndr emang gak tau yah heeee

Fun said...

gw pikir cerita india nya dah kelar loh hehehe abis ada quiz sich hehe :)
btw keren banget bangunannya... gagah banget yak... pasti ga ada lumutnya hehehe :)

Pucca said...

masih lanjut cerita indianya toh.. emang david juga cerita begitu rajanya pernah ditahan di situ ama anaknya..

Veny said...

@ Fun & Viol
iya crt India masih lanjut abis ini mgkn sekitar 2 or 3 lagi deh baru kelar ha2x

Cooking Gallery said...

Halo Ven, sorry udah lama baru mampir lagi...!! Justru pas summer holiday malah gak ada waktu buat online, aku balik ke Jakarta 3 minggu trs kursus mobil pas udah balik di Jerman buat dptin sim. Untungnya berhasil...:D)!!

Wah kamu juga jalan2 terus ya :). Ternyata India keliatannya bagus juga!

imeth said...

bagus banget ya benteng agra itu, gw ngidam tuh pengen kesono someday
cerita ttg taj mahal mmg miris ya, gedung yg dibangun atas nama cinta malah menimbulkan banyak kesedihan :(

Veny said...

@ Sinta GC di JKT nginep dimana Sin ? syukurlah uda lulus ujian mobil heheee .

@ imeth iya crt Taj Mahal bener2 dramatis yah , g blg India worth it to see koq !