Monday, September 05, 2011

Mampir Fatehpur Sikri otw to Jaipur

Hari itu kita akan meninggalkan kota Agra menuju Jaipur , selepas Bfast kita lgs check out dr hotel n lgs masuk bus yg akan membawa kita ke Fathepur Sikri sebelum kluar dr kota Agra . Letaknya masih di dlm kota Agra selain Taj Mahal , Agra Red Fort , Fatehpur Sikri merupakan tujuan wisata penting di Agra . Ketiganya diakui UNESCO sbg warisan budaya dunia (world heritage) .

Dibangun pada tahun 1571 oleh Raja Akbar (kakek dari Shah Jahan), nama Fatehpur Sikri diambil dari kata Fateh (dlm bhs Arab) yg artinya "victory" untuk mengenang kemenangan Akbar merebut kota Gujarat wkt itu . Trus Sikri dari nama tempat tinggal ahli suffi Salim Chisthi yg meramal Akbar akan kembali pny anak laki2 lagi stlh kematian anak kembarnya . Ternyata anaknya bener laki2 n dinamakan Salim yg kemudian terkenal sbg Jahangir (ayah dr Shah Jahan pendiri Taj Mahal) .



G dengerin sejarah singkatnya di bawah pohon yg wkt itu udara disitu puanas banget , mantep deh panasnya hahaaa . Matahari kenceng banget , keringet uda bercucuran sebesar biji jagung . Kelar dgr sejarah singkat kita mulai melangkah kedlm kompleks istana Fatehpur Sikri , semua terbuat dari batu merah masih terawat baik . Fatehpur Sikri ini perna menjadi ibu kota semasa pemerintahan raja Akbar , tapi lama2 ibukota berpindah lagi stlh terjadi krisis air di kota tsb .

Melangkah kedlm kompleks terlilihat beberapa bangunan penting seperti : Diwan i Khas (hall of private audience) tmpt raja berdiskusi private soal agama n negara . Di dalamnya ada pilar2 yg masih kokoh berdiri n dipahat dgn detail . Seperti tiang soko guru (central pillar) . Lantainya lantai tanah , ga ada penerangan seluruh banguann dari batu n kayu .



Ada banguann 5 lantai yg makin ke atas makin kecil n bentuk asimetris namanya Panch Mahal yg letaknya di komplek Harem tempat putri2 raja makan angin melihat view dari atas .



Ada juga Diwan i Am (hall public audience) seperti yg ada di Red Fort Agra , juga ada mesjid di dalamnya . Yg g kagum yah krn pemerintah India bisa menjaga kelestarian bangunan2 sejarah disana .



Meski siang itu panas luar biasa kita masih sempet poto2 , yg bikin kesel pas kelar visit Fatehpur Sikri kita harus jalan kaki kluar kompleks krn busa ga bisa parkir didekat situ . terpaksalah jalan kaki mayan jauh untuk mencapai bus parkir . Keringet gemerocos dah .. hahaaaa

Perjalanan dilanjutkan siang itu menuju Kota Jaipur , ditengah jalan kita sempet lunch disalah satu resto yg bentuknya kae rumah bangsawan . Duduk di meja panjang trus hidangannya ala Risjtaffel yg diserve satu persatu gitu mulai dr appetizer , main course sampe dessert . G ga sempet poto2 krn kita smua kelaparan jadi gt kluar n dibagikan 1 macam lgs disikat gmn g mau poto ?




G sih doyan2 aja itu masakan khas India banget, yg g ingat ada masakan terong kae balado tapi ada sedikit manis2 itu enak banget . juga saladnya yg pake bumbu Masala trus hidangan penutup seperti sekoteng yg ada jali2 nya .

Kelar Lunch kita tancep gas lanjut perjalanan spy masuk Jaipur ga terlalu sore . sekitar jam stgh 5 or jam 5 sore kita masuk kota Jaipur , kota kecil yg merupakan pusat kebudayaan Hindu pada masa lalu di India terlihat padat penduduk n ramai bny becak n bajaj seliweran . Bny org jualan buah , makanan , bumbu & suvenir2 sepanjang jalan utamanya . Becaknya lucu tinggi sekali cuman muat 1 org ditarik pake sepeda didepannya . Kalau bajaj di India mayoritas warna hijau n atap kuning tanpa pintu .

Trus ada gunung kapur di tengah kota , sayang ga sempet poto krn terlalu jauh . Kita dibawa ke tempat pembuatan karpet lagi . BT deh kalau ikut tour emang ada toko2 wajib yg hrs dikunjungi , yah udah masuk aja ke dlm . Selain jualan karpet ternyata dia jual kain Sari , nah disitu diperagakan gmn pake Baju Sari yg ternyata gampang banget .



Pas ditanya sapa yg mau jadi modelnya kita ce2 lgs tunjuk tangan hahaaaa , lgs de kita dipakein Sari India itu . ternyata kain yg panjang 8 mtr itu cuman dililit meski ada cara di plooi di bgn depan & sisakan 3 meter buat menutup bahu or kepala kita oh begitu toh ! Kesempatan de untuk dipoto2 stlh pake Sarii , lucu banget but its fun !

Teman2 pada tertarik beli Sari , tadinya g ga mau kepikiran kpn mau dipakainya . Trus sodara g nyeletuk blng bli aja sapa tau satu kali kita musti pake traditional dress dlm satu event . hahhaa kapan tuh ? wahahaaa akhirnya iseng jg g beli sehelai sari seharga 40 US . Mahal juga ya ? di Ps Baru jg banyak ya ? dasar iseng n latah sih .

Kelar pake Sarii kita minta diajak liat Traditional Dance , krn ini ga termasuk dlm acara Tour jadi kita kluar duit sendiri . Yah ga pa2 ga mahal koq ! Sore menjelang magrib kita liat tarian India disalah satu rumah pertunjukan yg open air stage , diiringi irama India yg dinamis meliuk2 penari dgn lincah nari2 dgn berbagai atraksi yah boleh juga sih performance nya , sayang tempatnya gelap cmn diterangi obor jadi susah ambil poto yg jelas .

Kelar liat tarian udah malam, kita lgs menuju Sheraton Hotel . Ditengah jalan Tour Leader kita si Raymond bilang gini : bapak/ibu malam ini kita menginap di Sheraton Rajputana , krn ini kota kcl jadi hrp maklum . Hahhhh apa lagi tuh ? hrp maklum biar ini Sheraton tp jgn samakan dgn Sheraton yg lain ? whats ????? tp pikiran itu cmn sedetik aja krn kita dah tau akan dikibulin spt wkt kita di Agra n akan nginep di Jaypee Palace Htl. wahahaaaa mana bisa kita dikibulin lagi ? biar Sheraton jelek mana ada sih Sheraton yg jelek2 amat ? iya ga sih ? wahahahaa jd kita tenang2 aja .



Bener aja gt masuk Htl wowww biar ini Sheraton bukan yg terbaru tp masih bagus koq ! gitu kelar pembagian KeyCard lgs kita dinner di resto Htl tsb . Nyam nyam yummy2 delicious Indian food ala Jaipur . Masuk resto smua terlihat bersih rapih , decor khas India trus ada live music irama gambus gitu ala India lengkap dgn penyanyinya yg nyinden sambil duduk bersila . bener2 serasa di India deh ...makan kari dgn lagu2 indihe .. asikkk (BERSAMBUNG)





15 comments:

Pitshu said...

Ven sari yng lo pakek warna pink bagus, di belikah ? hahaha
g liat photo2 lo yah, langsung berasa gerah say.. kek na di sana panas pisan, jakarta jadi berasa makin panas, kapan ujan yah ?!

pinkbuble said...

gw lg bw di kantor..cakep bener semua foto2 lu ga bisa gw lait karena kantor gw ngeblock tu poto2..haeh..nanti malam aku cek kembali ven !

Arman said...

iya bagus tuh yang foto2 pake sari.

btw disini ada resto india namanya jaipur. enak makanannya... :D

Veny said...

@ Pitshu g malah beli yg maroon Pit , g mikir yg Pinky too pale .

@ pinkbuble poto2 lu jauh lbh bgs El !

@ Arman iya Man g doyan banget masakan Indihe , meski bny org ga suka krn rempah nya aneh baunya .

Pucca said...

temen gua juga ada ven yang beli sari, tapi abis itu gak pernah dipake katanya haha.. padahal bagus juga ya sarinya, yang lu pake warnanya cakep :D
gua tiap ke sini ngiler euy liat sayur2an hihihi...

Yulia said...

kok ga ada warna ungunya Ven? lu kan pecinta ungu..
i never like indian food.. hu hu hu, bisa ke India ga ya?

epi said...

gile apa ga serem tuh bajay ga pake pintu :)) kalo mo turun tinggal lompat ga pake ngerem lagi ya heheheh

Leony said...

Gue mau tuh kalo nanti ada kesempetan ke India beli sari, tar gue pake aja pas ke kawinan temen India, atau pas Halloween! Kapan lagi org Chinese Betawi jadi Indihe hehehehehe....

Veny said...

@ Viol iya g jg nyesel kpn tuh Sari mau g pake ?? hahahaaa

@ Yulia lha g pake tas ungu , trus eskrim yg g mkn di Htl tuh ungu hahahaa . wahh lu ga doyan Indian Food ? gawat deh , musti bw indomie kl ke India .

@ Epi iya ga ada pintunya , but i really enjoy naek bajaj disana biar jalanan padat tp nyelip sana sini lancar n gesit wahahaaa

@ Leony iya boljug sih krn gampang pakenya , tp g mikir skrg nyesel jg . buat apa g beli mau dipake kapan ???? ntar org sini ketawa lg g pake sari , jadi perhatian org wahahaaa

Fun said...

hayooo dipake terus Sari-ya..ke kondangan juga bole..sekali2 beda kan gpp hehe :)

imeth said...

Ven, gw sdh post ttg china tapi baru episode 1 yang di beijing, selebihnya belum hehehe, nanti to be continued.
Foto2 lo bagus2 Ven, besok cerita ttg ke India punya lo gw baca pelan2 biar bisa gw komen2.

thank for sharing Ven :)
btw lo cakep ven pakai sari, tiap hari ajah lo pakai sari, ke pasar,ke kantor , ke mal hahahahaha j/k

Angels said...

pake sari gitu adem ngga ven? apa malah panas bahannya?

mamie_funky said...

waduhh jadi pengen ke India nih Ven...cerita lo gak abis2 ttg India..heheheh, bersambung terus....

bebek said...

gw heran, kata temen-temen gw india tuh kotor,.. tapi kok di foto-foto lu semua serba bersih ya, Ven.. apa sebelum berfoto lu nyapu dulu?

Veny said...

@ Fun @ Imeth rasanya g gak brani pake sari disini heheee

@ Angels g sih ga brasa panas krn g di ruangan AC tau kl diluar yah .

@ mamie fungky iya msh bersambung tinggal 2 episode kaenya xixixiii

@ Bebek ya lu liat aja dah , g sih blng biasa aja kae di Indo ajalah .
jorok dimananya g juga kagak tau d eh . enak aja nyapu dulu huhuhhhhu