Wednesday, September 21, 2011

Riding Elephant @ Amer Fort

Tujuan berikut Amer Fort atau Amber Fort yg terletak 11 km dr kota Jaipur di provinsi Rajasthan . Seperti Fort2 lain di India , di dalam Fort selalu ada istananya . Amer Fort ini dibangun thn 1592 oleh Raja Mirja Jai Singh kemudian diteruskan oleh Raja Sawal Jai Singh, terbuat dari pasir & batu merah , marmer serta berhias batu permata , gaya arsitek Hindu berpadu dgn gaya Mughal . Bagus banget luar n dalam nya .


Dari Jalan Raya udah terlihat Benteng masih berdiri kokoh n megah , di depannya terhampar Danau Maota yg di tengah2nya ada taman2 . Di seberang jalan ada bukit2 dgn anak tangga seperti bukit2 di Greatwall China . Pokoknya scenarynya keren banget , apalagi dinikmati wkt matahari terbit or tenggelam keren banget !



Waktu kesana pas tengah hari lagi panas2nya , gitu trn dr bus aja udah lgs keringetan , kita lgs digiring ke Sun Gate tempat starting naik gajah . Terlihat gajah lg parkir banyak amat berikut kotoran gajah yg gede2 ajubilleh deh . hahahaaa

Trus kita antri di satu titik untuk riding elephant , g dapet urutan ke tiga naik gajah keliling bukit . Mulanya gajah g jalannya pelan banget mana si Gajah jalannya ga lempeng mletat mletot kae gajah krg makan , alamak g kesel amat nih . Mana kamera g ketinggalan di tangan tour leader jd ga bisa poto2 . arghhh payah de !


Tau gimana tiba2 gajah g melesat melewati 2 rekannya wahahahaaa lucu deh , tiba2 bisa ngebut tau dibisikin apa sama pawangnya . Biar udara panas n matahari menyengat dgn garang tapi g demen loh liat scenary keliling bukit yg indah permai , sekali lg g nyesel banget ga bisa poto2 . Sampe akhirnya stlh keliling 1/2 jam kita balik lagi ke poll gajah .Eh si pawang krg asem deh masa dia minta tipping , pdhl jelas2 tertulis "no tipping" ditempat kita mau diturunin . Krn kasian g kasih 100 rupee , eh dia ngelunjak malah minta 200 rupee yah g ga ladenin . Malah dia diomelin sama petugas disana . rasain loh hahahhaaa .

Kelar trn dari gajah g kirain acara usai , taunya kita digiring ke bagian dalam , ndelalah gileee bener di dalam luas banget n istananya baguss banget . Ganesh Pol itu istana kae istana 1001 malam keren dgn batu2 perhiasan (gemstone yg berpadu dgn marmer) di sini biar panas terik kita berpoto ria .



Di sekeliling Ganesh Pol ada beberapa bangunan lain seperti Public Audience Hall (Diwam i Am), Sila Devi Temple , kemudian ada juga tempat kediaman pribadi raja n keluarga serta pembantu2 raja >> Mirror Palace disebut istana kaca krn seluruh dinding n atap istana berhias kaca2 yg diberi ukiran2 tampak blink2 unik n cakep banget . Depan istana ini ada taman bergaya Mughal (gaya Arab Persian)


Overall Amer Fort ini bagus banget , serasa blom ke Jaipur kalau gak mampir ke Amer Fort ! selain Hawa Mahal , Amer Fort & City Palace ternyata di Jaipur masih bnyk objek wisata lain yg bgs2 . Ga heran krn Jaipur terkenal sbg pst budaya Hindu pada masa lalu . Setelah berpanas2 di sini kita digiring masuk ke dlm bus , meneruskan perjalanan tujuan berikutnya "Jal Mahal" atau Water Palace . Letaknya ga jauh dr Amer Fort , ternyata istana air tsb letaknya ditengah danau n sdh separuh tenggelam.


Dibangun pada masa pemerintahan Raja Jai Singh II sebagai istana pelesiran , ga tau gimana pas udah dibangun satu lantai trus akan dibuat tingkat berikutnya salah konstruksi sehingga mengakibatkan istana separuh tenggelam . Kasian amat yah mgkn arsiteknya salah perhitungan . Ga lama disini krn kita cmn bisa poto2 dr pinggir jalan raya .

Kelar acara disini kita dibawa plng ke Htl untuk lunch n istirahata sejenak . Seperti biasa makan siang menu kari n lain2 . G semangat aja sih , yg menarik appetizer & dessertnya ditata dlm piring or cawan kecil2 cakep2 banget . Kue2nya n eskrim menggiurkan.


Kalau makanan utama tetep kari , roti prata n aneka masakan khas India yg g kagak tau namanya n ga sempet g baca2 lagi krn udah lapar , hahahaa . Selain masakan India juga ada masakan Chinese spt capchai & sapo tahu tapi rasnya aneh banget hahahaa.


Kelar mkn g masih sempat masuk kamar , cuci kaki n siap2 lagi kita lanjut acara ke City Palace sbg tujuan akhir di Jaipur (BERSAMBUNG)




17 comments:

Arman said...

wuii di india banyak banget fort ama istana2 gitu ya ven... bagus2 dan gede2 banget pula..

anakjajan said...

wah, asiknya naik gajah, btw gajahnya bau ga?

indrahalim said...

unik unik mkanaan disini..plus istanannya gede amat

Ah Boy's Mom said...

gajahnya masih bagusan daripada yg gw naik di phuket. masih ada hiasan2 nya. hahahhaa....

Yulian said...

appetizer nya menggiurkan dan enak ga sih ven? apa cm penampakannya bgs aja?

gw blm pernah makan kari2 india gitu..takut bau2 aneh ga sih?
:D

Mamana Clo said...

bagus2 yah istananya.. tapi kenapa india ga beken jadi tujuan pariwisata yah disini? apa promosinya kurang?

Pucca said...

ven gua perhatiin baju kalian keren2 ya, warnanya kontras banget, cerah di foto jadi bagus :)

Veny said...

@ Arman iya di India bny fort n istana , artinya dulu jaman keemasan raja2 yah disana . sebenarnya di Indo juga dulu bny kerajaan2 yah (baca sejarah indo)

@ Anakjajan gajahnya gak bau sih

@ Indrahalim iya istana gede2

@ Lena iya gajahnya dikasih pelana hias tp gajah g idungnya panuan wahahaa

Veny said...

@ Yulian appetizer yg g mkn cuman salad . yg aneh2 g ga coba, kl dessert enak2 . kl lom biasa mkn masakan India yah mgkn ga doyan krn herb nya kan tajem bgt baunya

@ Xiao Yan krn di Indo udah ada stigma India kotor panas n ga ada apa2 , maunya kita liat yg ud biasa aja kae HK , Spore, BKK, Eopa n Jepang . Pdhl menurut g kl dibilang kotor , yah ga juga sih idem lah kotornya kae di Indo juga . Jd tujuan kesana ga laku Xiao , makanya musti di promo abis2an . kae g yg promo ya ? wkwkwkkk

@ Viol abis uda biasa di poto jd tau hrs pegimana spy eye catchie ! hahaaaa . Pdhl kita ga janjian luh mau pk baju n wrn apa ari ini

imeth said...

DUHHH, i'm dyin' to go to Indihe, bagusss amir ye , apalagi istana yang banyak jewel itu, pastinya keren ya.
emang katanya disono banyak oknum pungli kurang ajar ye. klo no tipping udah dikasih,masih ngelunjak wah bener-bener deh tuh orang cakep banget kelakuannya.
ven, capcai dan sapo keliatannya ajah udah gak menarik ya, lebih menarik dessert dan makanan indihe2 yang ada di foto lo.

FUn said...

wkwkwkwk ga kebayang tuh masakan apa rasanya hehehe gw ga demen kari soalnya :)
gajahnya meletat meletot? hehehe karena pinggulnya gede kali :)

Once in a Lifetime said...

Gajahnya dibisikin pawang buruan biar bisa cepet minta tips haha..
Btw kue2nya kelihatan enak, ternyata enak gak?

Bonnie said...

Mbaaaaaaaa! Dessert nyaaa, Dessertnyaaa...PENGEEENNN

Veny said...

@ Imeth hahahaha

@ Fun kalo ga suka kari yah pasti susah mkn di INdia , bawa INdomie aja heheee

@ Elisa enak El kue2nya yah standard INtl recipe lah .

@ Bonnie iya dessertnya bikin kalap .

katrin said...

wah India, fort ama istananya megah-megah ya...memang keknya jaman dulu bangsa2 di Asia ini ga bisa dipandang sebelah mata. Istana yg banyak permata nya itu menarik sekali (Ganesh Pol). Trus gw baca di postingan sebelomnya yg tempat Syah Jehan ditahan anaknya sendiri n memandang Taj Mahal, gw kok jd mellow ya?kkkkk...

Ven, gw penasaran loh ama kotoran gajah hahaha...blom pernah liat...

Angels said...

bagus2 ven foto2nya. kaya di postcard2 gitu xD

Veny said...

@ Katrin iya Khat sbg org Asia g bangga kita bangsa yg bny budaya n tradisi liat aja kerajaan2 di Asia masa lampau kae Indo, India , China keren2 yah .

btw crt Shah Jehan emang bikin mellow apalagi g berdiri disana tmp dimana dia ditawan oleh anaknya sndr dikurung dlm satu kamar yg dr situ bisa liat Taj Mahal (monumen yg dia bgn buat istri tercinta) bnr2 kisah tragis rome n juliet ala India .

Kotoran Gajah lom perna liat hahahaa gede2 huahahaaa

@ Angels kae di postcard yah ? hehehee