Thursday, March 22, 2012

Nasi Kuning buatan ku ....

Karena ngiler nasi kuning satu minggu g niat bikin sendiri . Sebenarnya gampang banget bikin nasi kuning , trus g kasih tau ya .... jgn bikin pake rice cooker biasanya ga rata matengnya . Kapok deh g udah pernah bikin coba2 krn mau praktis , hasilnya jelekk ! Jadi bikinnya pake cara traditional aja .. di aron dulu baru berasnya ditanak/kukus pake dandang .

Bahan2 nya :
3 kaleng beras (kaleng ex susu kental manis)
750 ml santan (kira2 aja)
2-3 sdm air parutan kunyit
10 lbr daun pandan
10 lbr daun salam
5 btg sereh (memarkan)
garam n vetsin secukupnya

Caranya :
cuci beras , masukan santan (ukur jarak santan n permukaan beras 1 ruas jari), masukan sereh , salam , daun pandan , air kunyit , garam n vetsin . Kemudian berasnya di aron sampai santannya menyusut . Siapkan dandang , nasi yg sdh di aron tadi ditanak/kukus kurang lebih 45 menit . Tadaaaa ....mudah bukan hasilnya wangi ... enak banget



Sediakan lauk tambahan seperti kerupuk, dadar telur yg diiris tipis2 , dendeng , perkedel , teri kacang atau mau tambah sambel goreng krecek atau sambel gr hati juga boleh . Mudah bukan ?



catatan : itu g bikin 3 kaleng beras jadinya lumayan banyak (maklum lah krn yg makan banyak hahahaaa) kira2 bisa buat 10 org makan.




10 comments:

anakjajan said...

huaaaa lagi craving for nasi kuning >_<

sherly said...

Wahhhh kliatan sedap banget tuh nasi kuning!!!! Jadi ngiler!

BabyBeluga said...

Aduh... beneran bikin ngiler deh. Gw ada sih santan kaleng dan daun salam, ama bubuk kunyit tapi yg lain2nya gga punya. Side dishesnya juga gga punya, paling hy telur doang. Too bad......

Arman said...

bagi dong ven!!! hahahaha

gua ama andrew adalah penggemar nasi kuning. :D

Bel said...

Aduhhh....gue jd ngiler vennnn.....mana ada sambel krecek lg......kirim dong vennn :)

Fun said...

aihh dah lama ga makan nasi kuning.. hehehe gw skrg males banget males, entah kenapa ehhehe :)

katrin said...

Slurrppp, langsung terbit air liur gw hahaha...seenak2nya nasi kuning manado, masih tetep kangen nasi kuning yang model jawa begini ven...yummyyyy...

Mamana Clo said...

Iya ven.. bikin nasi kuning pake rice cooker ga pernah bagus..
Hasilnya jadi rada mendingan kalo pas dimasak di rice cooker sesekali diaduk-aduk.. tapi kalo masih kudu diaduk gitu ya mendingan sekalian pake cara tradisional ya...

Yulian said...

bakal gw cobaa resepnya ven!
resep elo yg pernah gw coba terakhir itu nasbak, dan pada doyan serumah hehehe

tq for sharing :)

Veny said...

@ anakjajan lets cooking atuh ! he22

@ Nie ayoo bikin donk .

@ babybeluga ga pa2 Syl, kan cmn tinggal cari sereh doank, arsanay disana toko2 asia pasti ada jual deh . marii masak . Side dishes telor n abon juga udah OK koq

@ Arman si Esther suruh bikin atuh , dia pasti bisa .

@ Belzy ayo masak pasti bisa @

@ Fun lu biasa rajin masak Fun skrg lg hamil jd males ya ?

@ katrin iya g jg sukanya naskun mdl jawa hi2

@ Xiao yan iya g udah kapok bikin pake ricecooker

@ Yulian iya cobain Yul pasti bisa n jadinya enakk .