Tuesday, April 10, 2012

Risoles buatan ku ...


Gara2 kita pada ributin doyan risol & Xiao Yan ksh tau bisa bikin pake Kwalik jadilah g ikutan order tuh wajan . Namanya Wajan Kwalik krn bentuknya emang seperti wajan tefflon biasa cuma dipakainya terbalik maka namanya Kwalik !(dlm bhs Jawa artinya terbalik) .

Jadi waktu weekend minggu lalu g cobain bikin pake si Kwalik ini . dulu g bikin pake tefflon biasa , liat si Kwalik rasanya gampang jadilah g coba . Mula2 g bikin isi Risol dulu , g buat yg isi sayuran pake daging cincang , kasih soun dikit . Sisihkan aja dulu isi Risol . Skrg g bikin kulit risol dgn resep sbb :

Kulit Risol :

250 gr terigu cakra/segitiga
2 sdm susu bubuk
1 sdm mentega cair/minyak sayur
2 butir telur
500 cc air
1/2 sdt garam

Isi Risol :

250 gr daging cincang
2 btg wortel ptg2 dadu
segemgam buncis ptg2 kecil
segemgam soun (rendam air spy lunak)
5 siung bwng merah (iris tipis)
3 siung bwng putih (iris tipis)
pala , merica , garam , gula pasir/kcp manis secukupnya

Cara buat kulit :
terigu , susu bubuk , garam dicampur , tuang air sedikit demi sedikit , bergantian dgn telur aduk2 sampai rata baru tambahkan mentega cair/minyak sayur . kalau sdh merasa cukup , air gak perlu dituang sampai abis . Kebalikannya kalau merasa adonan kekentalan hrs ditambah air lagi . Jadi sebaiknya dicoba dulu 1-2 kulit , diliat apa sdh cukup tipis/tebalnya kulit . Yg bagus pasti kulit ga terlalu tipis juga ga tebal . kalau penggemar risol pasti tau donk seberapa tipis tebal kulit yg enak .

Isi Risol :
Tumis bwg merah & putih dgn minyak/margarin sampai harum . masukan daging cincang , wortel n buncig yg sdh direbus sebentar , tambahkan garam , merica n pala ,kecap manis/gula pasir , kasih sedikit air , masukan soun aduk2 . Matikan api & sisihkan .

Adonan kulit yg sdh dibuat tadi pindahkan ke wadah ceper yg permukaannya bisa muat si Kwalik . Panaskan wajan kwalik sebentar (jgn lama2) ,lalu celupkan si kwalik keadonan kulit dgn cepat dan merata lgs dibalik taruh di atas kompor . Api ga usah besar2 ..dlm sekejap kulit lgs matang lalu korek2 pinggirnya dgn bantuan spatula plastik . langsung angkat dr api , tuang kulit tsb dlm wadah kering (baki) . Lakukan lagi sampai seluruh kulit abis . Kalau krg jelas bisa google disini gmn cara pakai si kwalik .



Kl kulit sdh selesai tinggal diisi , lalu celup dlm telur n gulingkan dlm tepung roti/panir lalu goreng dlm minyak banyak yg sedang panasnya . Goreng asal sampai kuning merata , angkat n tiriskan .

Hasilnya ... boleh diliat n dicoba ..enakk ha22.. itu kata yg coba loh , kalau kt g sbg pembuat .. jujur aja kulitnya krg asin dikit , kalau masalah ketebaln kulit udah pas , g udah tau hrs seberapa tipis tebal larutannya . jadi smua musti dicoba untuk dapat formula yg pas . Begitu juga dgn pemakaian si kwalik ini hrs latihan brp kali br didapat hasil yg bgs . G sempet buang 2 kulit risol pertama krn merasa ketebalan jd g tambah air sedikit , selanjutnya lancar deh !



Ada yg lbh familliar pake wajan tefflon biasa , yah silahkan aja . kata temen g pake Kwalik malah kagok . Mgkn iya krn lom terlatih . Liat di google deh yg udah biasa pakai serasa gampang sekali . Emang sih mula2 adonan bisa bleber kepinggiran bwh wajan itu lumrah ! lama2 juga bisa lbh rapih . krn teknik mencelup n membalik kita lom biasa . Selamat mencoba !





16 comments:

BabyBeluga said...

Beli wajan kwalik dimana Ven? Mahal gga? Nanti kalau ke Indo ah gw mau beli, jg rencana mo beli cetakan poffertjes, mending beli dimana yah?

Tikka said...

mamaku juga punya. hehe, di pancinya itu ada resepnya juga ga?? Kalo risol paling doyan sama kulitnya daripada isinya :p

Leony said...

Waaaaa.... Lucu juga itu wajannnn... Mamaku kalo bikin pake teflon biasa, tapi bagus juga. Mungkin karena udah biasa kali yaaa... Wah kasih tau nyokap ahhh ada wajan model gitu.

Yulian said...

keren bangettt ven!! rapiiii bungkusnya, trus hasil gorengnya juga bgs n looks so yummyyy

epi said...

wah mau veennn delivery risol nyaaa heheheh *laper*

Mamana Clo said...

sekarang terima pesenan risol dong ven.. kan biar balik modal uang beli wajan kwaliknya hahahhaa...

Pinkbuble said...

Buka catering Ven ^^

Bonnie said...

mba... rapi jali bener tuh risoles..! empat jempol deh mba veeen... mau donk icip2...*tetep maruk*

Veny said...

@ BabyBeluga belinya di femmy , itu buka aja linknya yg "Wajan Kwalik" di postingan g udah g linked . dia juga jual cetakan poffertjes .

@ Tikka ga ada resep nya tuh , aku cari sndr aja n coba2 aja .

@ Leony iya yg uda biasa pk tefflon juga bgs koq , malah kagok pk mdl kwalik gini .

@ Yulian ths pujian nya wahahaaa

Veny said...

@ epi ahh lu juga bisa bikin koq , masa g musti delivery hi222 lom PD juga g . ha2

@ Xiao lom PD xiao , g musti berlatih terus sampe nemu resep kulit yg maknyuss . ini baru "std' aja . minggu depan mau coba bikin amris

@ Elrica hahaaaa musti trial lbh sering lg El spy dpt yg bener2 enak . he22

@ Bonnie hi22 4 jempol ya ? ga kebanyakan ?? wkwkwkkkkk ths pujian nya . mau ? silahkan icip sndr deh . ha2

Tikka said...

berarti beda ya? mamaku ada resepnya, jd uda dijamin klo ngikutin pasti bener hehe ^^

mamipapa said...

gw udah pesen ven udah bayar juga tapi gak sampe2 kwaliknya hiksss..udah sms femmy ktnya dia mau cek pengiriman.

kl gw gak sabar mau buat risol ala abang2 yg isinya soun trus makan sama rawit hijau...mantep dehh hahaha gak elit bgt yah, gw takut kl beli takut minyak tengik, takut kena debu, takut dicampur plastik biar garing haha kebanyakan takut.

Pitshu said...

ga kebagian test food nich awkakakaka :)

Angel said...

pengen ven! bikin yg versi mayonaise, trus jualin & saingan deh ama engko judes yg itu :P

Once in a Lifetime said...

Ven, elo mah seimbang ya antara suka makan enak dan rajin bebikinan. Kalau lihat postingan2 begitu gua suka malu hati lho, gua cuma doyannya aja tapi gak bisa bikinnya hiks..

Pinkbuble said...

LOL..tadi gw br liat blognya xiao utk risol..eh mampir kemari ada risol juga..jadi pengen!