Saturday, April 14, 2007

Green … green forever …

G cinta lingkungan hijau , kedengaran nya sok2 an banget yah kae org Green Peace , ha ha … tapi beneran loh g suka lingkungan hijau yg adem daripada kembang2 yg riuh rendah warnanya . Bukan ga suka bunga , sbg kaum “pere” pastilah g suka bunga tapi untuk kebun g pribadi lbh suka ditanami yg hijau2 . Enak liatnya , apalagi kalu dedaunan itu tumbuh subur & sehat warna hijau nya cakep banget . Puas deh mata ini menatap karpet hidup itu .

Meskipun g suka tanaman tapi untuk berkebun secara langsung enggak deh , soalnya g plng ngeri liat cacing . Kalu cinta kebun mustinya siap kotor2 utak atik tanah di kebun . Yg ini g ga mau soal nya kotor n itu loh si cacing pasti keluar menggeliat2 . Hihhh jijikkk banget . Dirumah g biar kebun g ga luas n bukan kebun yg mahal ala org kaya tapi cukuplah buat menghijaukan bangian depan & samping rumah gw . Tukang kebun datang sekitar 4-5 bulan sekali , biasa ada tanaman yg kita beli baru and buang tanaman lama yg udah ga karuan bentuknya . Supaya praktis tanaman bnyk yg g taruh di dalam pot2 kdg pot nya dibawa masuk ke dlm ruangan sbg pajangan dlm rumah . Urusan begini urusan si mami, urusan bongkar tanah urusan tk kebun & adek gw . G sih cuman bagian semprot pestisida. He222

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Di rumah jarang ada tanaman bunga , yg ada & bnyk cuman jenis Adenium (Kamboja Jepang) itu ada bnyk di dlm pot2 & sebagian dibiarkan tumbuh ditanah sepanjang pagar . Tapi g cuman pny satu warna . trus kebanggaan g tuh si Melati yg putih bersih & kelopak bunga nya banyak banget jadi seperti bunga mawar kecil . Yg ini musti g sering kasih pestisida spy dia rajin berbunga . Trus yg skrg juga baru beli >> g ga tau jenis nya yg batangnya penuh duri trus bunganya kecil2 segerombolan ada warna Pink, ada kuning . G serem tuh liat duri2 ganas dibatangnya . G mikir pasti sakit banget kecucuk duri maut nya . Yg laen bunga kecil2 yg ditaman menutupi tanah menyerupai rumput liar bunganya kecil ungu kae terompet . Pokoknya g ga tau namanya ! Dulu g pny jenis pisang2an yg menutupi separuh pagar depan , bgs deh ! tapi lama2 bosen krn udah lebat & tumbuh kemana2 jadi satu waktu dibuang juga .

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Kalo tanaman buah cuman ada belimbing wuluh yg suka dipakai buat sayur , itu tumbuh dikebun samping depan jendela kamar gw . Itu pohon udah tua & batangnya lurus tinggi keatas jadi buahnya banyak banget , kalo udah kebanyakan mama g suka bawa ke pasar untuk dituker cabe or bawang , harga nya sih emang murah tapi sayang kalo dibuang jadi dibarter cabe boleh lah . Biasa belimbing yg rasanya asem2 itu dipakai masak gulai kepala ikan or masak ikan Sarden or Mackerell jadi rasanya lebih seger & sedap . Trus g pny pohon jeruk yg buahnya kecil2 yg biasa dijual kalu mau deket2 Imlek . Itu berbuahnya lama banget mulai dari hijau smp jadi kuning . Tapi gitu buah jadi kuning2, demen banget liatnya . Tapi kalo ada ponakan g yg iseng itu … huhhh pasti suka dipetik2 iseng sama dia , g suka marah krn iseng nya itu ! wong cape2 baru berbuah tiba2 srettt lgs dipetik.. aduh yg kae gini g ngomel berkepanjangan & maen cubit aja tuh Peque Prix gw , ha ha …

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Dulu g pny pohon belimbing Bangkok tapi lama2 buahnya makin kecil & tumbuh ga subur jadi ditebang abis , baru2 ini bokap beli lagi pohon belimbing tapi masih kecil & baru berbunga belom keliatan hasil buahnya . Tetangga2 g sejalan rata2 didepan rumahnya ada pohon mangga , tapi dirumah g ga ada . Mgkn dulu jalan rumah g utan mangga kali yeh !! , Kalo sebelah g pohon mangga nya lagi berbuah , wahhh ngiler de liatnya buahnya gede2 & banyak krn pohonnya dah tua . Kita sih dapet jatah tapi buahnya ga bisa wangi & semanis harum manis . Pernah temen g datang ke rumah dia ngiler liat mangga yg menjuntai ke rumah g , biar itu pny tetangga sebelah dia nekat mau ambil , g jadi repot ambil tangga tapi akhir nya tetep aja ga bisa keambil tuh mangga ketinggian posisi nya . G blng ama temen g : “napa sih demen banget ambil mangga pny org”? kan bisa beli sendiri . Eh dia blng gini : “enakan nyuri” ha ha . haaaa . dia blng makan mangga hasil timpean lbh enak katanya , ha ha .. dasar tuh org !

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Nah yg paling banyak dirumah skrg tanaman yg namanya Aglonema ini ada bnyk krn dikembangbiakkan terus ama adek gw . G heran kok tanaman gini dibilang mahal ? g sih liat biasa aja . Itu dikebun luar ada , dikebun samping juga ada . Yg paling baru dibeli jenis kae palem tapi batangnya kae kelapa sawit . Yg paling lama ada dikebun depan tuh 3 pohon pinang yg daunnya mirip ekor tupai . Waktu dibeli dulu 3 pohon itu masih kecil , skrg udah menjulang . Yah begitulah crt kebun hijau dirumah g , mayanlah buat ditatap biar mata ikut segar & pikiran jadi adem . ha ha .. . makanya kemanapun g pergi selalu mata g nyangkut sama suasana hijau2 itu . Suka sih ! Tapi yah itu takut cacing & kena kotor tanah ha ha …




2 comments:

JiE said...

Wah.. aku juga suka ijo2, tapi sayangnya gw ga telaten dan terlalu busy buat ngerwatnya :(

Itu foto sendiri semua ya ? bagus lho.. :)

maxie said...

Oh kamu suka juga yg ijo2 ??
sebenarnya bgs loh kalu hobby berkebun , katanya pikiran jadi adem sama kae org melihara ikan .
kalu g bukan ga telaten cuman yah itu takut liat cacing , ha ha ...

Yoi itu semua gw yg poto , kalu e blng bgs , yah makasih deh . he222