Saturday, October 20, 2007

Tinggal di desa ....


Liburan lebaran kemaren g bersama beberapa angt keluarga jalan2 n coba nginep di desa tepatnya di Kampung Sumber Alam Garut, sebenarnya pilihannya kita mau ke Tg Lesung or Pulau Umang krn g protest ga mau ke laut lagi (krn baru ke Bali) maka kali ini kita pergi ke daerah pegunungan . Tepatnya di daerah Garut , Kmp Sumber Alam terletak di jalan Raya Cipanas diluar kota Garut .

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Dari Jkt g jalan sekitar jam 6.30 untuk menghindari macet smp Bdg jam 8.30 lalu jemput sepupu g yg mau ikutan . Jam 10.30 g lanjut menuju Garut , jalanan lancar kira2 > 1 jam an kita dah masuk Garut puter2 cari makan . Garut kota kecil siang itu panas cape rasanya muter2 resto pada tutup . Akhirnya kita santap siang di resto chinese food di jalan A. Yani kalu ga salah nama rest. Saudara . menu nya “std” aja yah capcay , puyunghai gitu tapi entah krn laper atau beneran enak semua masakan yg g pesen rasanya boleh juga untuk ukuran kota kecil Garut ha ha …

Sempet masuk supermarket beli minuman , beli teh garut , beli roti bagelen akhirnya g check in di Kmp Sumber Alam . Kampung Sumber Alam (kmp SA) lumayan bgs n artistik dgn bungalow2 dibangun di atas balong (kolam) , beratap ijuk & ada teras ngapung nya seperti arsitek rumah2 kampoeng tempo doeloe di sana .


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Bungalow nya mayan banyak terdiri dari berbagai type , hari pertama g dapet yg type Bungalow Arileu harga sekitar 700 rebu/night . Bungalownya terdiri dari 2 lantai ada 2 kamar tidur . Kamar tidur di atas luas ada brapa kasur buat tambahan tdr . Di bagian bawah ada satu kmr tidur , ruang tamu dgn design lesehan , ada TV , toilet & kmr mandi dgn kolam rendam belerang . Bungalownya dikelilingi balong yg dipenuhi bunga teratai bgs deh .


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Kelar taruh barang biasa lah kita langsung nyebur di kolam renang air panas , airnya mayan panas deh smp g agak puyeng2 , he he .. tapi udara ga dingin kalu siang cenderung panas , malam biasa aja agak sejuk2 dikit gitu deh . Depan Bungalow g ada kolan kecil buat anak2 kecil , huhh rame deh tuh anak2 pada nyebur disitu , lingkungan disana enak , semua hijau asri kae suasana di Kampung Daun . Yg dominan tiap bungalow yg pny teras ngapung pasti ada bunga teratai nya >> teratai nya gede2 warna pink n putih , trus di balong ada ikan2 mas kita bisa beli pancingan berikut umpannya . Asik deh .

Trus malemnya kita kluar cari mkn lagi , aduh pusing deh cari mkn disana susah yah krn g kagak ada referensi musti mkn dimana . Sebenarnya kita dapet jatah makan di Café htl untuk 4 org trus sepupu g di laen bungalow juga pny jatah buat 2 org . Tapi kan ga cukup buat yg laen (g pergi ber 8) , lagian mkn di resto Htl krg enak . Jadinya kita cari mkn di luar lagi , tanya sama petugas Front Desk akhirnya kita jalan ke arah Yogya Dept store , ada selorong jalan kecil kae di Blok M jualan makanan gerobak semua >> ada mie , sate , soto, ayam , martabak dll .

G masuk salah satu warung ayam panggang krn tergiur harum ayam yg lagi dibakar , trus g liat yg beli n mkn bnyk org artinya “not bad” ha22 . Ternyata bener juga tuh rasa ayam bakar boleh juga sayang sambelnya tidak dilengkapi dgn jeruk limau tapi krn laper semua diembat juga , ayamnya empuk & manis nya sedang pokoknya mayan deh trus murah .

Pulang makan kita balik ke Kmp SA , udah ga ada acara mo ngapain yg ada rasa ngantuk krn g bgn pagi hari itu . Yg laen pada maen kartu entah smp jam brapa , semua pada nimbrung di tempat gw krn bungalow g lbh gede dari yg sdr g tinggalin.

Paginya kita mandi trus B’fast di café tp rasanya krg enak meski tampilan boleh juga >> yah namanya gratisan mana ada yg super enak2 , mau enak mah musti bayar ha ha … tapi kita bawa cemilan dari Jkt ada Pop Mie , Taro, Lays ! di Bdg kita sempet ambil roti n kue di rumah sdr g .

Café nya namanya Lingarwangi dikelilingi balong yg menawan dan taman2 yg cantik . Waktu jalan ke Café g lewatin taman2 yg luas dgn berbagai macam tanaman hias n bunga2 antik g suka banget liatnya , juga lewatin tempat maen Flying Fox dan High Rope . Pokoknya lingkungan di Kmp SA bener2 menyenangkan .


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Kelar sarapan kita rencana pergi ke Gunung Papandayan , abis mo kemana lagi ? Di Garut kagak ada hiburan laen kecuali liat Situ Bagendit (danau) atau ke Candi Cangkuang tapi g ga gitu minat liat dua2 nya krn dah liat di TV . Crt ke Papandayan ntar g crt terpisah . G juga sempet maen ke Kampung Sampireun krn ada yg penasaran lom pernah kesana

Hari ke dua di Garut sebelum ke Papandayan g musti pindah bungalow dulu krn tempat g (Bungalow Arileu) udah direserve org buat tgl itu so kita musti pindah krn ga ada yg type sejenis jadinya kita pindah ke Junior Suite yg harganya 100 rebu lbh mahal . Tapi gitu kita masuk tempat itu lgs pol in lop , ha ha … lbh enak krn di kapling baru ! trus ada kolam air panas di bagian blk bungalow yg private ga bisa diintip org laen , trus kmr mandinya bisa jacussi di bathtub yg gede banget , ho ho seneng nya bukan maen . ga nyesel deh tambah cepe ceng .


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Sebelom ke Papandayan kita sempet mampir ke toko Cita Rasa yg jualan oleh2 Khas Garut seperti Dodol Garut yg terkenal itu . Pada borong deh disana , g sih ga gitu suka dodol Picnic itu krn rasanya manis2 doank. G lbh suka Jenang Kudus yg rasanya lbh gurih & adonan dodol lbh mantap .

Pulang dari Papandayan kita sempet mampir makan siang di rest Mie Pengkolan di Garut . Krn g ngidam makan YaMien manis . Krn rest gede dgn menu ada tahu baso, siomay & baso goreng g mantap masuk kesana . Ternyata aduhh kagak enak ! ampun deh tahu basonya “std” banget trus YaMien pedas yg g order aduhh kagak enak trus kagak pedes2 acan huhhh ! org Garut payah nih seleranya . G jadi pengen cepet plng Bdg makan Mie Acay atau Yamien Pak Kumis depan Htl Selecta . Atau balik JKT makan Mie Alok , Agoan , Mie Tan atao mie gerobak dpn kntr gw , ha ha …. Trus pas liat harganya >> ampun deh masa nyama2 in harga mie kae di Jkt 13.500 – 15.000 semangkok ! Garut kan kota kecil yah , mustinya mie semangkok ceban aja , ha ha … mending enak ! kalo enak g rela , ga enak kok mahal sih ! huhhhh pada ngomel krn lidah tak terpuaskan . wakakakkk .

Trus di jalan tengah kota kae jln. A. Yani rame banget kaki limanya , jalan aja smp susah . Parkir mobil agak jauhan krn depan toko ga bisa parkir ampun deh . trus banyak delman berseliweran dampaknya banyak eoo kuda ha ha bau deh jadinya . Yg lucu delmannya kae nya berfungsi sbg angkot jadi penumpang nya berlainan tujuan . Aneh yah ! Yg lucu lagi pas g dikasih tau >> kalu mau beli bagelen tuh ke toko Kho Phek Guan krn penasaran g kesana yah ampun dulalah itu toko kue jadul banget , mau tau ga yg dijual bolu2 jaman baheula yg kue nya kasar pake gula2 harniran warna2 jreng , trus bentuk nya ga merjaji ha ha … ampun deh . Yg namanya bagelen juga biasa banget kae yg dijual di pasar . Kagak jadi beli deh ! abis tampang ga meyakinkan .

Udah puas puter2 , kita balik ke Kmp SA . Garut emang kota kecil kagak ada apa2 nya , smp SA kita lgs nyebur di kolam rendam private di bagian blk bungalow > enakk nya !!, dah cape manjat2 gunung berendam di air panas sore itu . Sambil crt ngalor ngidul kita rendaman , yg co2 kita usir suruh berenang di kolam gede di luar tempat kita . ha ha .. puas rendaman kita bilasan deket situ ada pancuran air panas/dingin wah enaknya … ga takut diintip org krn semua dikelilingin pagar bambu yg rapet . Hari mulai gelap waktu g mulai mandi trus g blng g ogah kluar makan jadi minta dibeliin bawa plng aja ntar kita makan rame2 di teras ngapung dpn bungalow kita enak kan . Ohh iya2 ! kata dia org . So jatah makan di café kita lewatkan krn udah feel bakalan kagak enak .

Sambil tungguin org plng bawa makanan g nonton TV n ngobrol2 di teras ngapung , ohh enaknya .. dikelilingi bungalow2 laen yg berbatas dng balong2 n ilalang diterangi lampu2 obor di luar ahhh enak nya tinggal di desa….. tapiiii…. di sana ga ada makanan enak , gm donk ? laen kali musti bawa makanan dari rmh spy bisa survive disana , ha ha

Selang sejam datanglah makanan kita , teras ngapung udah g kasih alas koran > makanan malam itu kita beli di rest Cibiuk yg pernah masuk TV krn ke khas an sambal 7 rupanya . Kita beli ayam , sayur asem, tumis kangkung oncom , usus & hati goreng , empal trus beli di tempat laen sate ayam & sapi juga . Lalab n sambel g tuang ke piring & mangkok yg pinjem dari petugas di bungalow . Mulai lah santap malam pake tangan duduk bersila di teras huhhh sedapnya makan cara gini kae di deso loh ! Tapi sayang disayang makanan Cibiuk yg konon tersohor di sana g blng “biasa saja” tidak menggugah selera g. Sambal yg ngetop itu rasanya malah aneh >> sambal ijo yg berisi irisan terung hijau , tomat hijau n cabe rasanya aneh . Brapa macem sambel laen juga ga menggigit ! huhhh rada kuciwa tapi tertolong dgn suasana mkn yg rame “ngeriung” jadi boleh juga lah . ha ha …

Malam itu spt biasa dilewatkan dgn maen kartu smp jam 2 pagi , g tdr pules di kamar yg berdinding gedek tapi bersih n rapih rasanya nyaman juga , subuh2 udah kedengaran adzan subuh ga lama lagi bunyi kambing yg embik2 & sapi melenguh membangunkan gw , ahhhh enaknya tidur di desa . Di belakang komp SA ada pemukiman rakyat jadi semua suara hewan2 peliharaan terdegar jelas tiap hari , juga suara anak2 kampung bermaen . Ahh suasana desa yg ga akan g dapet di Jkt ! makanya “Mulih deh Ka Desa” satu waktu itung2 re charge battery buat otak kita , jgn kluar asup mall hungkul ha ha .. Di sana org2 nya ramah , kita selalu disambut dgn kata “wilujeng sumping” (welcome = selamat datang) .

Pagi itu sebelom mandi g sempet rendaman dulu di kolam private baru mandi lalu beberes siap2 mau ke Bdg … sampai jumpa , nuhun atuh nya ! tempo2 urang kakarek balik deui , ha ha ha ….



3 comments:

Eliza said...

ven, elo bikin gue ngiler aja kepengen ke Garut :D keliatannya memang tempatnya asri & enak ya. kapan coba gue balik ke Indo lagi? *mimpi dulu*

Vie said...

Gak nyangka Ven, cantik banget ya lingkungannya. Suasananya itu keliatan megah, pake kolam segala. Romantis banget!
Aku pernah baca itu Sampireun dan liat fotonya juga, tapi gak se detail foto kamu Ven. Pokoknya kamu punya cerita n fotonya bener TOP.
Jadi rindu juga ama suasana desa di Indo. Masih ada suara ternak kedengaran.

Hahaha... dodol PICNIC pun tak luput dr pembicaraan.

Veny said...

>> Liz & Vie
Iya2 g juga ga nyangka bisa dapet suasana kampung disana .
G juga maen ke Kmp Sampireun , g juga poto2 ntar g post tersendiri.

tp skrg emang lagi musim bangun suasana desa di Bdg n sekitarnya . ntar deh g post tersendiri >> ada juga yg baru di Bdg namanya Sapu Lidi
dulu cuman tmp mkn (di sawah) skrg dah bgn bungalow2 nya juga disana . suasananya mirip2 Kmp Sumber Alam tapi ga segede Sumber Alam .
G kangen suasana deso , ayooo kpn2 kamu2 plng ke Indo jgn lupa pergi kesana yah .