Sunday, February 24, 2008

Terpeleset di Tanjung Kelayang …


Hari ke II g di Belitung , gitu bangun lgs g buka pintu kamar duduk di kursi goyang di beranda sambil menatap laut lepas . Hmm santainya tanpa takut diliat org g duduk aja sambil angkat kaki , kan tetangga ga ada org ha222 . Enak nya duduk disitu sambil denger deburan ombak ..sayang g tak melihat sunset krn pagi itu mgkn matahari ketutup awan .. tapi suasana pagi sekitar jam 7 an itu cukup cerah .

Kelar mandi kita B’fast di Coffe Shop krn cuman ber 4 jadi ga tersedia buffet B’fast . cuman ada menu nasgor or roti he222 . Pagi ini sebenarnya rencana mau ke Pulau Lengkuas tapi dari kemaren waktu g bincang2 sama staff htl dia blg musim angin barat gini agak riskan kesana trus jarang ada kapal yg brani melaut , hahhh kuciwa lah g . G dah liat panorama P. Lengkuas di inet ada mercusuar jaman Belanda , laut yg biru jernih bisa diving pokoknya semua cakep diliat dari atas mercusuar . Yah udah liat gimana ntar aja deh , meski g dah pasrah rasanya kali ini Pulau Lengkuas musti g lewatin . Kira2 jam 9 an mulailah perjalanan ke Tanjung Binga kita ditemenin Mas Syarif (staff Htl) rental mobil htl crt nya .


Photobucket


Tanjung Binga pantai yg ada dermaga nya , kalau mau ke P. Lengkuas bisa naek dari sini juga . Sampai sana banyak kapal merapat di dermaga trus Mas Syarif tanya lagi ke g : apa nekat mau ke P. Lengkuas ? g jawab “enggak deh” laen kali aja . Si abang tk perahu juga bilang : ga brani deh , angin barat kae gini . Tuhh si abang aja ga rekomen masa g nekat mo kesana ha222 . Dari ujung dermaga g liat P. Lengkuas dari kejauhan terlihat Mercusuar yg bercat putih berdiri kokoh , sedih g ga bisa kesana tapi laen waktu g bertekat kesana ! kata org sana ntar lwt bln Maret cuaca bgs bisa kesana . Kita poto2 di dermaga yg pagi itu cuaca cerah langit biru , sebiru air laut didepan kita . Ada satu dua org memancing pake kail dari atas dermaga . Udah puas menatap P. Lengkuas dari jauh g beranjak darisana kembali ke mobil .


Photobucket


Darisana kita menuju Bukit Berahu >> daerah wisata di pinggir bukit menghadap laut ada rest & cottage . Sampai sana sepi juga ga ada tamu laen g keliling sana turun kebawah lihat cottage , ada swimming pool bersih juga sih kolam nya . G baca murah loh brenang disana cuman 5000 he22 . Kelar poto2 g minum juice sirsak disana yg laen ngopi .


Photobucket


Kelar minum g lanjut perjalanan ke Tanjung Kelayang , kan maren sore lom sempet kesana krn kemalaman . Nah pagi ini kita maen kesana deh ! salah satu best view di Belitung, bnyk photographer pada hunting poto kesini . Kalo pake mobil ga kerasa jauh , kan jalanan disana sepi n lurus2 aja ga berkelok2 . Sampe sana g liat bnyk perahu tertambat di pantai agak ke tengah diikat di tonggak2 , trus lucu deh liat dari kejauhan batu2 granit gede2 (spt di T. Tinggi) ada yg spt bentuk Dinosaurus he222 . G jalan2 di sepanjang pantai , ehh tau2 mulai lah Agas (sejenis nyamuk kecil dgn buntut putih) datang menghampiri tangan g , hiii ngeri juga takut gatal2 seperti crt Mbak Uki dlm Blog nya >> Ukirsari Blog . G lupa oles Autan padahal udah bawa dari JKT . Dasar edan yah mentang2 siang & malem di Lor In kagak pernah digigit nyamuk jadi Autan terlupakan sudah , ha222 Temen g & suaminya sibuk usir2 si Agas , katanya jgn digaruk spy ga tambah gatal .


Photobucket


G kluar masuk celah batu2 granit gede , poto bareng temen2 . trus pas mau pindah dari satu batu ke batu laen g kepleset masuk ke dlm air >> hahhhh baju n celana g basah sepinggang . G ga bawa baju ganti lagi ! Untung nya Digicam dipegang mas Syarif ! Kalu ga digicam g ikutan nyemplung di laut , aduhhh serem deh … Ini kejadian ke dua Digicam g ampir nyemplung ke laut , yg pertama ampir jatuh di Victoria Pier di HK waktu g mau poto2 Star Cruise wakakakkkk .


Photobucket

Photobucket


Puas poto2 disana , g minta diantar ke Lor IN mau ganti baju ha22 , kelar ganti baju kita lanjut jalan lagi rencana mau beli oleh2 ke Tanjung Pandan (ibu kota kab. Belitung) . Kita diajak ke tempat jualan abon ikan (sambel lingkung & kerupuk) lupa nih dijalan apa , pokoknya di pusat kota T. Pandan . Beli2 deh tuh oleh2 buat temen & org rumah . Kelar blanja kita makan Mie Belitung Atep >> ini Mie terkenal disana juga direkomen org2 JS . Letaknya di jalna Sriwijaya , kiri kanan nya banyak yg jualan oleh2 khas Belitung juga . Dari depan kedai Mie nya tertutup spanduk salah satu operator tlp selular .. gitu masuk ke dlm g lgs inget tampang enci nya krn di posting di trip to Babel with JS ha222 .

Si enci lagi sibuk , g masuk & cari tempat duduk . Yg makan banyak , katanya yg terkenal disana selaen Mie Belitung juga Nasi Tim ayam kampung nya . G dari JKT udah bertekad mau cobain Mie Belitung , mie kuning dgn irisan tahu , kentang , timun dikasih tauge trus disiram kuah agak kental2 warna coklat katanya kuah dari kaldu udang >> trus dikasih emping diatas nya . Gitu Mie masuk mulut … hahhhh kok gini amat ?? org cerewet komplen lagi nih wakakakkk , katanya mie nya enak , kuahnya mantap dgn aroma udang .. apanya yg mantap , mana wangi udang nya ? yg g rasain cuman manis2 doank itu aja udah g guyur cabe banyak2 .. ha22 . Duhh lidah g yg keseleo atau selera org Belitung emang demikian . Menurut g mustinya mie nya dikasih peresan jeruk kunci atau cuka pasti lbh tasty . Juga dikasih taburan bawang goreng jadi lbh enak ! huhhh jauh deh sama Lomie di JKT atau sekalian Rujak Juhi si Abang gerobak yg bumbu kacang . ha2222


Photobucket


Biar krg sreg g abisin juga tuh Mie , suami temen g makan nasi tim . Kata istrinya yg ikutan nyicip >> nasi tim nya biasa aja enakan nasi tim di JKT , ha2222 . Padahal sebelum mkn g sempet tanya ibu2 yg makan di meja depan : disini yg enak apa ? jawab nya : enak2 semua , nasi tim nya enak banget … ha2222 lidah org sana emang beda yah ama lidah g & temen2 . Kelar mkn g bayar ternyata murah kok cuman 6000 sepiring Mie . Asal udah tau g ga penasaran lagi .

Sebenarnya g pengen cari otak2 Belitung yg kecil2 & baso ikan yg katanya terkenal di sana , tapi setelah g coba brapa tempat mkn disana ga ada yg sreg di lidah g , g ga brani pesen atau beli2 lagi . Abis ntar g pesen2 & bawa jauh2 smp rumah di komplen lagi soal rasa … org rumah g semua gila makan . Daripada mubazir yah udah g urungkan niat pesen baso ikan & otak2 . Abis di JKT aja Baso Belitung yg di Bandengan aja udah enak banget ! trus yg di Kemurnian juga mantap . Belom lagi otak2 Kemurnian or Petojo udah yummy . Batalll deh pesen meski Mas Syarif udah coba kasih alternatif >> coba liat dulu aja di rest Cen2 atao apa tuh satu lagi Mutiara Laut atau apa tuh g bilang “kagak ah” ha2222 . Mgkn dia sutris juga ngadepin g yg udah hari ke dua selalu bilang ga ada makanan cocok , wakakakkkk . Maap yah Mas ! tamu yg ini emang rewel soal makanan . ha222

Kelar makan di Atep g ditawarin ngopi di Warung Kopi Ake (ini juga agenda dlm jalan2 JS) > g bilang “ga mau” krn ga suka kopi , gitu juga temen2 laen . Di sana spt kota2 laen di Sumatra bnyk bertebaran warung kopi jadi ga heran bnyk dijumpai tengah siang aja bnyk laki2 santai n ngobrol2 di warkop katanya segala macam gossip mulai dari politik sampai gossip artis bisa kita dengar disana ha22. Warkop nya sederhana banget terkesan ala kadar dgn kursi kayu panjang kae di Puskesmas , yg minum2 terlihat santai bisa angkat kaki juga sambil merokok lama2 ga ada yg ngusir …alamakkk !!

Darisana g diajak puter2 kota2 T. Pandan sepi yah kotanya , di beberapa rumah warga keturunan Chinese masih terlihat lampion sisa perayaan Imlek kemaren . Lewatin pelabuhan , Pantai Tanjung Pendam , Pasar, Htl Martani sepii deh trus g baru tau disana ga ada BCA dan Bank swasta laen nya . Yg ada cuman Mandiri & BRI and Bank Sumsel … alamakkkk !! kenapa yah BCA ga bisa masuk sana ? apa krn perekonomian disana masih sepi ?

Trus g dibawa melihat Vihara tertua di Pulau Belitung katanya dibangun tahun brapa yah 1800 an atau 1600 an ?? letaknya agak jauh diluar kota sunyi banget Vihara nya , bangunannya ga terkesan udah tua pdhl kalu liat usia nya mustinya bangunan tampak tua spt brapa vihara di P. Jawa . Mgkn Vihara nya udah di renov , bangunannya kecil tapi halaman cukup luas .

Dari Vihara g diajak ke Perkampungan Bali sebelom pulang ke Htl . aneh juga yah ada perkampungan Bali di sana . ternyata crt nya gini : waktu jaman Pak Harto ada proyek transmigrasi >> nah org Bali dibawa transmigrasi kesana sbg proyek percontohan bagi warga Belitung untuk menularkan ilmu bercocok tanam, berkesenian , kerajinan tangan dsb nya . Soalnya org Belitung cuman hidup dari menambang timah & menangkap ikan . Kesenian disana krg berkembang >> pak Harto ingin kesenian disana bisa berkembang mendukung pariwisata disana (Lor In dimiliki oleh Tommy Suharto) . ohh gitu toh crt nya . Bgs juga ide nya , tapi ternyata org2 Bali ini kagak bercocok tanam malah ikutan menambang timah , ha222 mgkn bisnis tambang timah lbh menggiurkan denger2 se kilo pasir timah dihargai 60 rebu ha222.

Tapi gitu masuk perkampungan Bali yg kira2 dihuni 150 kepala keluarga beneran terasa suasana Bali nya , Rumah2 masih setia dgn gapura khas Bali , pohon bunga Kamboja trus ada temple n balai untuk rapat & perayaan hari keagamaan org Bali .. G sempet bincang2 dgn anak2 disana , logat mrk bicara masih logat Bali , sayang banyak dari mrk lom pernah plng melihat tanah leluhurnya di Bali ..

Kelar sudah acara g hari kedua disana , kita pulang ke Htl sore itu . Beres2 kerupuk n sambel lingkung yg tadi dibeli , lgs g duduk di beranda Htl santai2 … enak yah angin sepoi2 n sepi , hening .. ga lama lagi kita ber 4 lgs maen di pantai lagi depan Lor In .. duduk2 di pasir putih , maen ayunan di tepi pantai .. celap celup kaki di air yg jernih , g gak brani brenang di laut takuttt keseret arus .. he222 . Rasanya tentram jauh dari bising & hiruk pikuk JKT . Jauh dari rutinitas keseharian yg tiap hari pergi – plng kntr . Enak banget rasanya apalagi cuman ber 4 ga ada org laen di pantai . Sore itu g ga bisa liat sunset krn udah ga kliatan matahari lagi . Oh iya >> Laut disana ga bau amis … beda sama laut2 laen nya aneh juga tuh , biasa kan kalo ke laut pasti ada bau anyir2 gitu , yg ini kagak >> nyaris kagak bau kalaupun ada samar2 aja . Ditepi pantai nyaris bersih kecuali sampah yg dibawa air laut >> spt tanaman laut , botol ksng tapi dikit kok . Puas duduk di sana g beranjak balik ke kamar & mandi . Malam itu kita udah ga minat mau mkn dimana lagi jadi pesen makanan dari htl & minta dibawain ke kamar aja … (BERSAMBUNG) …




3 comments:

elmo said...

hohoho..lam kenal ya veny!^^ foto-fotonya bagus!! q paling suka yang foto makanan ituuu *drool :D

bagus pemandangannyaa!!!
keliatannya enak tu mienyaa.. *jadi laper :D

veny said...

Ell...
Mie nya aq ga doyan , meskipun itu kebanggan warga Belitung ..
makanya someday cobain kesana n makan tuh Mie ATEP yg kesohor disana n org2 JS .. ha222

elmo said...

hehehe.. nggak jadi deh kalo gitu *huehuehuehue.. tapi liat foto2nya bagus loooo...