Thursday, February 28, 2008

Jalan2 ke Bel Tim (Belitung Timur)


Hari ketiga disana g niat ke Belitung Timur , g denger pantai2 disana juga bgs . Tapi pas g tanya Mas Syarif dia bilang : pantainya biasa aja cuma pasir putih aja , krn g penasaran yah kita dibawa juga kesana . Pagi2 rencana mau ke Pasar dulu , setiap g jalan2 kemana pun baek ke LN atau di Tanah Air g demen juga liat pasar2 traditional pdhl di Jkt sendiri g jarang banget masuk pasar ha222 .

Jadi g udah siap pagi itu jam 8 kita mau ke Pasar di Tanjung Pandan . Sebelum ke Pasar temen g blng : bisa ga kita ke perkampungan nelayan yg kemaren dilewatin , mau take pictures pembuatan kapal2 . OK deh … kita pergi kesana dulu deket Tanjung Binga . Pagi itu perkampungan nelayan yg kebanyakn nelayan Bugis lagi bikin kapal , tak tok tak tok .. pembuatan satu kapal bisa makan waktu 2 bln , kapal yg udah jadi bisa dijual dgn harga 200 jutaan . Mahal juga yah .. ! suami temen g sibuk ambil gambar dgn handycam nya g malah jalan2 ke tepian pantai yg ada rumah2 nelayan dgn para2 tempat jemur ikan hasil tangkapan nya .


Photobucket


Dari situ kita lgs pergi ke Tanjung Pandan , lucu nih krn maren2 g ribut terus makan mie ga afdol makanya Mas Syarif rekomen pagi ini g mau dibawa makan Mie Ayam Jamur yg katanya udah jadi pembicaraan org sana krn uenakkk banget ha222 . Lucu deh Mas Syariff , puyeng dia urusan ama g krn g rewel makanan . wakakakkkk sorry yah Mas ! Kata dia kalo g blng gak enak biar dia aja yg traktir semuanya , ha222 . temen g yg laen juga ketawa2 .

Tk Mie Ayam jamur dijalan apa yah g lupa ! pokoknya bilang aja Mie Ayam jamur Rumah Besar pasti org sana tau . Tempat makannya ada di halaman rumah model jaman dulu , sayang rumah peninggalan jadul itu ga keurus . Di rumah itu diproduksi abon ikan (sambel lingkung) juga . Yg makan rame , krn tempat nya kecil jadi kita makan di teras Rumah Besar >> g pesen Mie ayam tanpa baso ikan , mau pake pangsit keabisan sutra lah ha22 . G diajak masuk ke dapur yg kecil , g minta ijin poto2 . Yg aneh udah brapa kali g liat di Belitung >> daun simpoor daun spt daun keladi tapi lbh kecil dipakai sbg pengganti daun pisang untuk pembungkus makanan . Jadi kalo beli Mie dibawa plng >> nah dibungkus nya pake daun simpoor itu .

Sambil tunggu pesanan datang g beli lagi abon ikan yg dijual di teras Rumah Besar itu , trus g minta ijin masuk n liat2 tuh rumah jadul yg udah ditinggalin brapa generasi . G masuk n poto2 … biasa tuh rumah dgn langit2 tinggi , kusen dan daun pintu yg tinggi , ada sangkar burung , poto2 brapa turunan dipajang di dinding yg terbuat dari papan …. Masuk lagi ke dlm tambah acak2an … ha22 ada akuarium ikan trus dapur jadul dgn sgala peralatan masak jadul juga tapi antik ! kuali , panci , ketel yg jadul itu justru kwalitasnya bgs kata nyokap g ! Trus g liat di dalam nya ada brapa biji kuali gede banget tempat bikin sambel lingkung . Katanya proses bikin sambel lingkung makan waktu 2 malem , hrs terus diaduk dgn ciduk kayu yg kae dayung . Api nya harus pake kayu bakar , pantesan di pekarangan Rumah Besar bnyk tumpukan kayu bakar.


Photobucket


Ga lama lagi pesenan Mie datang , g disuruh makan dulu ama Mas Syarif ha222 , dia mau tau komen g ttg Mie ini . G jadi ga enak hati … ha222 trus g cabein dulu seperti biasa …g liat tampilan Mie biasa juga seperti kebanyakan mie laen nya dgn cacahan daging ayam n jamur masak kecap di atas nya . Trus gitu masuk mulut … g komen gini : “bole juga” ha222 abis beneran boleh aja bukan excellent jadi hanya kategory “boleh” ha222 Mas Syariff rada kuciwa kali yah krn semua makan g blng ga enak atau biasa aja . Kali ini dia blng enak pasti g suka ternyata g cuman bilang “boleh” ha ha .. tapi beneran loh itu menurut lidah g n temen2 . abis bukannya kita org sok bener lidahnya , tapi kalu soal makanan yah emang g turunan tk makan semua , trus urusan Mie di JKT mah ga ada duanya , semua Mie mau model apa aja ada di Jkt apalagi rumah g deket Klp Gading gudang nya semua kedai Mie . Semua Mie top di Jkt ngumpul di Klp Gading . Jadi urusan mie Rumah Besar yah so-so lah ! … ha222 Mie seperti itu tiap hari g bisa makan di dpn kntr ada mie gerobak >> nah itu mie biar cuman 5000 tapi boleh rasanya untuk kelas 5000 perak .


Photobucket


Kelar makan Mie kita lgs di bawa ke pasar , pasarnya gede deket pelabuhan . Pasarnya bersih n mayan kumplit g tertarik beli ikan asin tenggiri sekilo 70 rebu . Hmm dagingnya tebel222 cobain ah ! trus g beli lagi terasi Belitung yg warnanya kemerahan dikemas dlm wadah keranjang kecil dari anyaman tikar .. kata org terasi Belitung terkenal . Duuhhh pasti bau nih bawa ikan asin n terasi ha222 . Ehh bnyk gula merah > g beli juga . Pas masuk ke los sayuran .. temen g beli jeruk kunci n aduhhh gemes deh liat jeruk limau nya gede2 n rasanya berair banyak n wangi . G pengen liat jajanan disana , ternyata g udah kesiangan datang jajanan khas udah pada abis .. yg unik nasi uduk yg dipincuk2 dgn daun simpoor sbg pengganti daun pisang . G ga beli krn udah kenyang n takut ga enak , ha222 (kapok nih yeee …) temen g beli pisang sesisir buat dimakan di jalan . . Ohh iya g ga beli Rusip krn ikan nya yg difermentasi gede2 .. org rumah ga mau ikan teri yg gede2 gitu (maap yah Mbak Uki saya ga poto rusipnya , he2222 ngiler yah) trus yg kelupaan lagi beli lada bubuk krn Belitung penghasil lada juga spt Bangka . Eh iya sambel tauco Bangka Belitung g doyan tapi yg g liat di pasar krg hygienis dikemas dlm botol2 plastik bekas btl larutan penyegar gitu jadi g urung beli !! Seru deh kalo blanja di pasar2 luar kota , ada aja yg rada aneh


Photobucket


Darisana mulai lah perjalanan g ke arah Belitung Timur (Bel Tim) kita di temenin sama Mas Agus . Ibu kota kabupatan BelTim >> Manggar . Dari T. Pandan jauh juga ke arah timur kira2 1 -1,5 jam kali yah .. sepanjang jalan liat kebun kelapa sawit , tanah bekas galian timah yg unik kae danau2 kecil yg airnya kdg biru , hijau … unik juga ! sayang g ga poto . Masuk Manggar udah tengah siang sunyi banget kotanya , lbh sepi dari Tanjung Pandan . Banyak warung kopi juga disana .

Gitu masuk Manggar g lgs dibawa ke tempat apa ya ? kalu ga salah bekas tmp pembangkit tenaga diesel jaman Belanda . Di komplek itu dulunya ada perumahan pegawai & pimpinan PN Timah . Dulu tempat itu pernah berjaya skrg tinggal sisa2 aja . Rumah2 di atas bukit yg paling tinggi skrg jadi rumah dinas Bupati . Ada istilahnya A1 , A2 , makin kebawah makin rendah jabatannya . Juga ada lapangan tennis & kuburan org Belanda , sekolah , bekas kantor telex/pos . G sempet masuk ke rumah dinas Bupati …. Rumah peninggalan jaman Belanda dgn lantai tegel yg bercorak masih terpelihara dgn baek , pemandangan dari rumah itu bgs sekali menghadap laut lepas .


Photobucket


Waktu meninggalkan komplek itu g lewatin rumah mantan Mensekneg Pak Yusril Ihza Mahendra >> Pak YIM juga org Belitung & promosi keindahan Belitung khususya BelTim di Blog pribadinya . Rumah nya besar bertingkat bgs , tapi keliatan sepi juga . Di sebelahnya ada sekolah yg dulu tempat pak YIM bersekolah . Sayang g ga ambil potonya

Lepas dari sana g diajak liat Vihara Dewi Kwan Im katanya ini Vihara terbesar disana . G liat vihara nya biasa aja , kalu untuk ukuran di Pulau Jawa kuil begitu ga gitu besar yah . Yg bgs view nya dari atas menghadap laut lepas . Ga lama disana trus g tanya Mas Agus g mau mkn dimana ? dia blng yg paling deket yah di pelataran vihara ada tenda yg jualan Mie Belitung . Tadinya g udah pesimis aja dgr makan mie belitung lagi . Tapi udah ga ada pilihan laen krn udah ampir jam 2 siang g udah kelaperan . G masuk juga ke dlm warung sederhana yg adem krn dikelilingi pohon2 besar . G tanya si enci ada makanan apa ? jawabnya : Mie Belitung & Nasi Ayam . Yg dimaksud nasi ayam = nasi tim ayam tapi nasinya ga dicetak dlm mangkuk2 . Nasi nya tersimpan dlm termos nasi aja , kalo ada yg pesen baru dituang kepiring n dikasih cacahan daging ayam , acar timun n bawang goreng .. ohh begitu .

G pilih Mie Belitung aja deh .. g liat kuahnya agak merah2 lbh menggiurkan dari pada Si Atep pny . Gitu dateng lgs2 g sirem cabe banyak2 , trus g liat ada jeruk kunci . G minta jeruk n peras 1 biji baru g mulai santap … ternyata yg ini baru OK , ha22222 .. lbh kerasa semuanya maknyuss deh ! meski kalu disuruh milih g tetep milih Lomie kangkung Jkt aja . Trus pulang nya g bungkus nasi ayam , g pikir ntar mlm g udah males mau mkn apa . Biar deh nasi tim udah dingin daripada g makan yg ga karuan lagi , ha222 . gara2 rasa Mie boleh juga , g rada percaya nasi tim juga tidak akan mengecewakan . ha2


Photobucket


Kelar lunch g diajak liat pantai Nyiur Melambai yg letaknya emang dekat banget dari situ , ternyata pantainya emang biasa aja .. jauh sama pantai2 di Belitung barat & utara >> Pantai T. kelayang , Tanjung Binga , Tanjung Tinggi . Darisana g dibawa lagi menuju pantai Burung Mandi .. pas liat disana ahhh juga biasa aja . jauh deh sama pantai di Tanjung Tinggi di depan htl g , ha222 . kenapa dinamakan Burung Mandi ? menurut Mas Agus siluet bukit n pohon2 dipinggir pantai mirip burung yg lagi mandi , hahhh masa sih ?

Udah ga ada yg diliat lagi meskipun katanya masih ada brapa objek laen spt pulau Memperak yah ? Trus pantai Punai tapi letaknya masih jauh sedangkan waktu udah ampir sore . terpaksa g pulang melalui Manggar . Sempet mampir beli kripik sukun yg terkenal disana . Pualnglah sore itu ke Lor IN di Tanjung Tinggi , sebelom nya g sempet mampir beli duren di Tanjung Binga >> disana banyak kebun2 duren n penduduk lgs jualan di pinggir jalan . Setelah pilih2 4 biji g tawar jadi 35 ribu aja . lalu duren masuk bagasi deh .

Sampe Lor In udah magrib g turunin blanjaan hari itu & harus beres2 krn besok pagi g udah musti check out n pulang ke Jakarta dgn pswt jam 8 . Temen g turun di Mabai masih sempet beli Mie Goreng . G beres2 di kamar aduhh krupuk2 biar enteng makan banyak tempat nih , yg puyeng itu terasi bau amat sih ! mulanya udah g bungkus lapis2 masuk koper ehh bau nya masih kluar terpaksa g masukin tas plastik campur krupuk yg mau g tenteng ke cabin .

Kelar mandi g makan nasi tim yg tadi beli di enci dpn Vihara biar udah dingin tapi rasa “lumayan” he222 . trus temen g yg beli Mie goreng di Mabai bawa Mie n makan di tmp g , dia bagi2 tuh Mie yg seporsi banyak amat rasa so-so lah murah seporsi cuman 15 rebu segambrang banyak nya . ha22 Kelar mkn g urusan tagihan htl spy bsk bisa cepet c/o dari htl , trus pesen B’fast jam 6 pagi dibawain ke kamar juga . Sedih rasanya mau pergi meninggalkan Belitung … meninggalkan pantai2 yg cantik, org2 yg ramah n Lor In yg udah seperti rumah sendiri . G mikir satu waktu g harus balik lagi & pergi ke Pulau Lengkuas .


Photobucket


Sebeluim tidur g masih sempet makan duren yg tadi dibeli, duduk di beranda menghadap laut yg malam itu gelap tapi kerasa banget angin nya yg kencang durennya enak , manis & legit . Malam itu g tidur pulas tapi menjelang pagi udah kebangun krn g akan pergi ke airport jam 6.30 . Semua dah beres pas jam 6 B’fast dianter ke kamar . Jam 6.30 g dianter ke airport .. dadahhh !! terima kasih buat org2 Lor In yg udah ngebantu kita selama stay there … smp ketemu lagi . Seperti biasa Batavia delay lagi , untung cuman sejam . jam 9 kita leaving Belitung terbang dlm cuaca cerah , Belitung terlihat bolong2 dari atas …(krn galian timah) sampe ketemu !!! buat temen2 yg lom pernah kesana >> coba deh mengawali Visit Indonesia Year 2008 dari Belitung … pasti deh ga nyesel ! TAMAT .




7 comments:

nie said...

waduh makanannya bikin ngilerrrrr!!!

veny said...

>> NIe duren enakk , masa ga suka ? dodolnya aja enak apalagi buahnya ...

Christina said...

halo maxie,
as usual liputan nya bagus..hehehe..ga nyangka ternyata di indo tuh banyak tempat wisata yg menarik! Trus gw sukaa banget sama bahasa lu, serasa kaya ngobrol langsung..again, well done!

veny said...

Thx Cristina
seneng juga kalau kamu bisa enjoy bahasa ku yg seadanya , ha22
makanya sesekali jalan2 yah ke Belitung n tempat2 laen yg jarang dikunujungi di Indo
bgs2 mski minim fasilitas , tapi cobain deh pasti dapet suasana yg beda .

ukirsari said...

waaah, lha kok rusipnya nggak ada fotonya nih, veny!!! sengaja bikin ngiler ya :D

Destika said...

Hai,salam kenal...g mw koMen dikit blh ya..?!g salah satU angGota keluarga rumah besar (thai buk) generasi keberapa dah ga kehitUng lagi.thai buk usiany kurang lebih udah 150 thn (skrg kota tanjung pandan udah 160 thn).mungkin rumahnya keliatan ga keurus,tp benernya bkn ga diurus koq.cuma aja orisinal kunO nya tetep dijaga,coz udah langka.thai buk kan salah satU rumah tertUa (dan mungkin skrg dah jadi satu2nya)di tanjung pandan.soal makanan sih makLum aja,emang makanan dsini so-so aja,g aja bosen makanan dsini,he...sori n thx ya dah coret2 di blog veni.. ^_^

Veny said...

Hallo Destika ,
salam kenal juga , Thx buat koreksi nya .
mksd g >> biar jadul musti dipelihara dgn baek Des , g liat rumah krg terawat , mksd ku rumah hrs dipugar tanpa kehilangan bentuk aslinya Des !sayang apalagi itu termasuk warisan sejarah Belitung .
Ga dapet anggaran dari pemda ?

Iya aku ga betah makan di belitung , meski g seneng banget liat pantai2 nya disana , satu waktu pasti balik lagi kesana .
Ga apa2 lagi kamu coret2 disni , aku suka n appreciate koq , thx yah !