Monday, April 14, 2008

Koleksi Adenium di kebun ku ..


Akhir2 ini krn cuaca mulai panas lagi , adenium di rmh g mulai berbunga lagi … Bagus2 deh ! Koleksi nya emang udah makin banyak meski g ga itung udah ada brapa puluh pot di kebun depan , samping n atas rumah gw , he222

Meski g ga pernah ikutan bongkar2 media tanam nya tapi g tau tanah/media nya musti sering di ganti supaya tanah sehat . Yg g suka ada jenis Adenium yg putih bersih >> krn biasanya adenium berwarna cerah , jadi kalo dia pny warna putih bersih atau kepucat2an malah terlihat aneh laen dari biasanya .



G ga apal nama2nya , meski waktu kita beli ada label nama bunga nya diikat di batang pohon nya . Yg putih ini g demen krn putih bersih trus yg g pny bunga nya lbh kecil dari ukuran biasa . Kata sodara g dia pny yg jenis ini tapi ukuran bunganya lbh besar .

Selaen yg putih ada juga yg unik laennya >> namanya g ga apal yah >>> ini kelopak bunga nya berlapis2 … aneh yah tapi bgs loh !!



Trus ada juga yg jenis bunganya agak menguncup2 gitu mirip payung , trus yg warna kuning , ada juga yg kelopak bunga agak bulat lebar dgn aksen merah diujung2 nya . Pokoknya kalo dia berbunga g buru2 poto . Jenis Adenium ga tahan air , kalo kelopak bunga kena siraman air terlalu banyak (musim ujan) bunga jadi cepat layu , busuk .


Photobucket


Yg warna semarak juga ada : merah n garis2 n bercak2 dikelopaknya ada benang sari yg agak panjang semirip bunga kumis kucing ! kalo yg ini berbunga jadi semarak deh kebun g krn warna nya yg jreng ! he22



Kalo g liat myadenium nursery , yg emang khusus buat jualan huhhh penuh pesona deh tuh kebun bunga , koleksi adenium lengkap full dgn bunga2 yg bermekaran n masih kuncup2 banyak banget . Satu pot bisa banyak banget kembangnya , pinter banget org yg menanamnya & merawat nya .

Temen g yg maren dari Belanda pulang ke Bld bawa Adenium juga , tahun2 lalu dia berhasil bawa 5-6 pohon adenium , dia ga bawa dgn tanah nya . jadi cuman batang adenium yg udah dibersihin . Waktu bunga nya tumbuh dia seneng banget trus g dikirim potonya . Kata dia Adenium jenis bunga tropis jadi sangat sulit tumbuh di negara 4 musim . Saking pengennya tumbuh dia sampe taruh Adenium nya di dalam ruang kaca , jadi terlindung dari curah hujan n udara dingin disana. Kalo musim dingin rumah kaca nya dikasih lampu spy tetep anget , ha2222 .

Yg satu lagi Adenium yg warnanya pinky pucat .. g suka liat nya kesannya kalem banget hanya tepian kelopak nya yg berwarna agak terang . Jadi selaen warna nya yg variatif, bunganya juga ada jenis besar n kecil2 . Yg kecil juga unik ga kalah pesonanya sama yg bunga besar .



Sekarang di rumah gw terlihat banyak bunga adenium meski sebelomnya kebun g didominasi warna daun yg hijau2 semua . he222



Selamat berkebun deh !! Biar ijo royo2 ... merah jreng semarak biar hati tentram liat yg seger2 n cantik2 di kebun kita .



3 comments:

Jiewa said...

Cantik2... pasti ce Veny telaten banget yah ^^

nie said...

wahhh kerennnn... jadi inget dulu nenekku suka tuh nanem adenium, dia punya banyak, aku yg suka metikin hahahaha... nakal deh :P

Febrie Pereiza said...

telaten bnaget sih ibu satu ini, pantes bunganya jadi cantik2 begitu ..