Friday, October 28, 2011

Sate Manis ala rumahan

Karena kita semua penggemar sate , jadilah satu minggu kita bikin sate lagi .. sippp pdhl udah lama kita gak nyate soalnya males bikinnya pake tusuk2 gitu , makan nya sih cepet wahahaaa . Kali ini saking mau nya jadilah g bersedia urusan bakar membakarnya . Kalau soal bumbunya yah my momm yg racik & potong2 dagingnya .

Kita pake daging b*b* yg bagian has spy empuk , potong2 sesuai selera , mau kotak2 atau agak tipis panjang2 juga boleh . Trus bumbu nya kira2 aja kata nyokap , bawang merah , bawang putih di blender halus (mgkn untuk sekilo daging perlu masing2 6 btr bwng) trus 1 sdm ketumbar sangrai n haluskan, lengkuas (kira2 aja jgn pilih yg terlalu besar) parut halus , gula pasir , vetsin, garam n kecap manis . Semua bumbu campur jadi satu lalu balurkan di daging yg udah di potong2 . Diamkan setengah jam supaya meresap .

Setelah meresap mulailah daging ditusuk ke tusukan sate yg sdh bersih , berikan sekerat lemak di tengah2 nya spy wangi n daging ga mudah gosong . Kerjakan sampe daging habis & tuang sisa bumbu diatas daging yg udah ditusuk .

Karena g ga pny panggangan sate , jadilah panggang di atas kompor aja lbh praktis meski panggang pake arang pasti lbh wangi n mantap . Siapkan bumbu oles nya >> mentega 2 sdm cairkan , kecap manis 2 sdm , peresan jeruk limo , campur semuanya & siapkan kuas bersih buat moles .



Panaskan panggangan di atas kompor , kl udah panas kecilkan apinya , taruh sate diatas nya , oles2 dgn bhn olesan tadi , bolak balik panggang sampe matang , sajikan tadaaa....



Kalau bikin sate b*b* gini tak ketinggalan kita bikin kuah sayur asin bakut , supaya afdol makan nya hahaaa , sipp deh kae di tk sate biba beneran makan nya puas lagi !Ayoo bikin !pada doyan sate kan ?








14 comments:

Mamana Clo said...

wahhh.. menggoda sekali...
jadi pengen... nyamm.. nyamm...

Pinkbuble said...

NYammm nyammmmm...bumbu dagingnya ven sekalian ^^

anakjajan said...

ya ampunnnn g suka banget ama sate begitu, ngiler ngeces..

Pitshu said...

huahhh yummy, klo beli deket2 sini ada cuma harganya yang ga nahan @10,000 wakakakaka :(( beli babi aja 1 kg 50,000 iya ga ^^

Lina said...

waaa.... liatnya pas laper, jadi kepengen makan sate plus sop bakut, slurrrpppp

sherly said...

Mmmm baikutnya aku mauuuuuuuu!!! Hehehe enak tuh!!! Nyam nyam!

Arman said...

waaaaa pengeeeennn ven!!! bagi donggggg... :D

BabyBeluga said...

Wah jadi pengen sate. Iya sih males nusukinnya ya.

Yulian said...

ngilerr gw ven!!!
Jes doyan sate ginian *emaknya mah ga usa ditanya*

ven, itu panggangnya di kompor gas biasa gitu? caranya gmn tuh ya?

Fun said...

mati dah... ngences niiiihh... :) sate paling enak emang sate b*b* hehehe :) enaaaakk euyy... :)

Leony said...

Mantaaaabbbb

Tapi gue lagi kenyang banget nih...

tar balik lagi deh pas gue masih lapar.... mungkin makan nasi panas sambil liatin gambar tuh sate babi bisa bikin gue semangat! hahahaha..

Cooking Gallery said...

Veni...!!Sudah lama gak berkunjung dateng2 disuguhin sate ;)!! Ini sate mirip banget sama sate yg om saya suka buat pas saya masih kecil, jadi kangen nih...!!

daadaachan said...

Ven, ide bakar di atas api patut ditiru tuh. Tapi ada wajannya gitu? Gua juga mau euy, hehehe.

Kevin said...

wah sate babinya kayaknya hau ce tuh hahaha. Di bandung susah nyari yang jual , ada yang tahu ga?

*maklum anak kost, dan gak bisa masak haha

Salam,
Kevin
Blog : www.nostalgia-90an.com
Nostalgia Segala Sesuatu pada Tahun 90an.