Monday, January 09, 2012

Sambal Bawang ala SBV

Karena g suka banget mkn cabe maka jadilah g coba2 bikin sambel sendiri , terinspirasi dari Sambel Bu Rudy (SBR) , googling lah g sana sini cari tau komponen SBR apa aja sih ? ternyata so simple rawit merah & bawang merah plus minyak bekas goreng udang . Jadilah g racik sndr tuh sambel hasilnya ini dia jrengg !!!!



Bahannya :

1/2 kg rawit merah buang tangkainya , cuci brsih tiriskan .
3 ons bawang merah kupas kulitnya .
garam & vetsin .
minyak goreng ex udang or minyak goreng biasa secukupnya..

Caranya :

Blender Rawit & bawang terpisah kasar2 saja .
Tumis bawang merah yg sdh diblender kasar dgn minyak secukupnya (1/2 gelas)
setelah brp saat baru masukan rawit yg sdh diblender tadi , aduk2 tambahkan air krg lbh 1/3 gelas (kalau mau lbh basah tambah air lbh bnyk). Kasih garam n vetsin . Garam hrs agak berasa , aduk2 lagi sampai matang merata lalu tuang minyak lagi sampai berminyak agak becek n banyak seperti cabe balado . Matikan api n dinginkan , kl sdh dingin masukan dlm wadah2 yg kering n bersih , simpan di kulkas . Kalau mau disimpan lama masukan dlm freezer.



Menurut Bu Rudy , dia pakai minyak ex gorengan udang . Ya iyalah minyak ex goreng udangnya banyak krn dia goreng udang dlm jumlah bnyk so didapat aroma udang dlm sambal ala Bu Rudy . Kalau g sih pake minyak bersih biasa saja (kl mau rasa udang tambahkan penyedap rasa udang) , jadi rasa ga bisa sama dgn sambal ala Bu Rudy , tapi sambel buatan g yg kata Ariany bisa dinamakan SBV (sambal ala bu veny) wkwkwkwkwkkkk gak kalah enak loh ! malah jauh lbh pedes dari SBR sipp dah .






17 comments:

Yulian said...

gw jg demen banget sambel2an..
iman bisa runtuh kalo dpn mata makanan pake sambel2

thanks for sharing resep SBV nya, Ven. ntar gw jajal ahhh

Leony said...

Buuuuuu... kalo bisa, jangan pake MSG buuuu... dan jangan pakai perasa udang or lain-lainnya. Mumpung bikin sendiri, mendingan bikin yg bahannya bener-bener alami tanpa penyedap. Just my two cents!

Pitshu said...

udah ada namanya, bentar lagi bakalan jualan nich! hahahaha :)

Veny said...

@ Yulian lu cobain dulu gampang bgt , yg penting musti brani bawang , garam & minyak .

@ Leony hehehee iya Bu , ga usah pk vetsin , kl penyedap rasa udang itu alternatip aja kl mau dpt aroma udang . Kl g bikin sih ga pk penyedap udang dijamin tetep sippp

@ Pitshu jualan.... hahhaaa lom brani ah .

Ah Boy's Mom said...

iya Ven, bisa buka lapak deh bentar lagi. hihihihi....

Imeth said...

Kirim donkkkkk ke semarang;) klo gak kirim berarti hoax hahaha just kidding

nie said...

astaga... bela2in sampe bikin sendiri hehehe... Untung aku ga suka sambel, kalo suka, uda kalap pengen coba resepnya :p

Fun said...

aihh kayaknya enak deh... jadi pengen coba bikin hehehe :)

lantai kayu said...

Belum pernah nyoba neh

Pucca said...

wow.. mantep juga sbv lu ini ven, penampilan gak kalah sama sambel bu rudy loh..

Bebek said...

gileee asli ngences gw liatnya....
hebat banget lu Ven,....

Veny said...

@ lena ha22 iya ntar kl pensiun buka lapak deh kikikikkk

@ Imeth hhahaaaa

@ Nie serem yah liat cabe ? hihihi

@ Fun ayo Fun bikin deh gampang banget

@ Lantai kayu ayo dicoba

@ Viol kt g sih emang gak kalah ama SBR wkwkwkk

@ Bebek lu jg bikin gih , stock kalau kiriman SBR lom dateng .

inten said...

banyak banget ya bikin sambalnya, untuk stok berapa lama tuh? kalau saya yang bikin dengan takaran yang sama mungkin bisa untuk 2-3 tahun hehhe.. maklum di rumah gak ada yang doyan pedes

Angels said...

aduh ngiler gua :)) g lagi ngidam sambel nya bu rudi soalnya hahaha

Selvi said...

duh ven gua nga berani makan sambal pedes, beraninya sambel botolan doang secara perut gua suka mules.

elo doyan banget sambel yah ven sampe bikin sendiri. kalo dirumah gua jarang nyambel kecuali hari minggu.

daadaachan said...

Ven, bungkus 3 botol yah, hahahah. Warnanya asik banget, menggoda mata neh....

Rizal said...

tangkainya jangan dibuang, buat penawar panasnya/pedasnya di perut