Friday, February 24, 2012

Sambel Goreng Krecek

Brp minggu lalu si bebek-lita bikin sambel goreng krecek ala dia . Sontak aja kita yg liat pada mupeng , maklum bny yg doyan krecek . Jadilah g yg udah lama ga bikin langsung terinspirasi wahahaaa . Resepnya ala bebek bisa diliat di Blog nya .

Kalau buatan g idem2 sih resepnya , cuma ala g hrs ada kuahnya , soalnya kita makan pake gudeg jadi hrs ada areh sireman nya . Lagian bisa buat temen mkn ketupat or lontong jg kan ?


Here we go, sabtu or minggu g siap2 smua bahan yg mudah didapat di Pasar .

Bahan2 :
1-2 bks krecek yg sdh siap pakai (sdh digoreng)
1/4 kg kacang merah (rebus 3/4 matang) .
5 ptg tahu/tempe potong dadu2 goreng asal
1 kotak santan Kara
2-3 gelas air bersih
Minyak sayur secukupnya
cabe rawit merah/hijau secukup nya .
pete kupas (optional)

Bumbu yg dihaluskan :
10 cabe merah besar
10 bawang merah
5 bawang putih
1 ruas terasi (yg sdh disangrai)
1 buah tomat

Bahan lain yg dimemarkan :
1 ptg lengkuas
4 Btg sereh &
Daun salam secukupnya(dicemplung aja ga usah dimemarkan).

Cara Masaknya :
Tumis semua bumbu yg sdh dihaluskan dgn minyak yg cukup sampe harum , masukan salam, sereh , lengkuas , tambahkan air matang ,
Masukan kacang merah , tahu/tempe yg sdh digoreng asal , kasih garam & gula secukupnya . Masukan krecek , pete n rawit baru terakhir tuang santannya . Kecilkan api , masak sampe mendidih rata . Hidangkan ... makan didampingi gudeg , telor asin , tempe/tahu bacem atau krupuk rasanya makyuss, apalagi pake sambel bajak or SBR juga wokeh !





8 comments:

Mamana Clo said...

punya gw kemaren itu beli krupuk kulit-nya di toko snack, enak.. kriuk2 asin. tapi pas udah dijadiin sambel goreng krecek jadi alot.. kenapa yah? jangan2 salah beli hahhaa...

gw juga demen yg pake kuah kayak lo bikin ven..

Veny said...

@ Xiao Yan koq bs gitu ya kreceknya ? bisa jadi alot ? aneh juga ?

NiyaOke said...

sambal krecek memang nikmat!

Arman said...

jadi laper gua ven....
mana hari ini kepagian sarapannya. jadinya sekarang (stengah 11 pagi) uadh laper banget.. hahaha

daadaachan said...

gua masih ngecez bayanginnya nih hahahaha....

Leony said...

Duhhhh... ENYAAAAAKKKK... krecek itu emang nikmat banget, cuma kalo udah mikir kolesterol, baru inget kaga boleh makan banyak2 hahahaha... Tapi kalo pedes campur nasi, jadi suka gak terbendung deh tuh!

Aris Munandar said...

haduhhh pengennnn

Pucca said...

wah krecek tandingan nih :D
di rumah gua lagi ada krecek ven, gua abisin gitu aja gak dimasak, enak juga hahaha..