Saturday, January 20, 2007

Dieng - Wonosobo alangkah sejuk nya …..

Dari Yogya g menuju Wonosobo perjalanan lancar , pagi itu cuaca cerah sekali udara sejuk . Sepanjang jalan terlihat pohon2 sampai mulai memasuki dataran tinggi Dieng jalan mulai berkelok2 terus menanjak keatas seperti jalan ke puncak tapi jauh lbh serem karena tanjakan yg curam n penuh kelok2 n kabut yg kerap menghadang .

Photobucket - Video and Image Hosting

Sepanjang jalan g melihat hamparan kebun kol, kentang , trus ada perkebunan & pabrik jamur . Bnyk juga cabe2 yg bentuknya buntet2 seperti paprika tapi lebih kecil . Seneng juga sih liat kebun sayur tapi g agak aneh napa bnyk ladang sayur yg tanamannya ditutup plastik cuman berlubang2 dibagian atasnya apa untuk menghindari curah hujan or takut diserbu serangga ? Makin keatas udara makin sejuk banget , g liat kebawah ihhhh serem banget kita tuh udah ada dibag plg atas liat kebwah rasanya jauh banget n tinggi sekali tapi scenary OK banget dibawah terhampar kebun sayur yg hijau2 laksana karpet hijau bgs banget . Puas mata g liat yg ijo2 kae gini , akhirnya kita memasuki kawasan wisata Objek Candi , Kawah n Telaga . tempat nya terpisah2 tapi jaraknya berdeketan .

Photobucket - Video and Image Hosting

G masuk toilet dulu krn kebelet pipis , yah ampun toilet kotor n kecil banget . Dari situ g mulai liat Telaga >> hijau airnya dikelilingi rimbunnya pohon2 . Bgs sih tapi sepi sekali ada juga sih wisatawan lokal spt g ! di depannya sederet kios jual jajanan , krn laper kita beli aja kue pancong n tahu isi . Tahu nya udah dingin krn udara disana , terpaksa digoreng ulang biar krg enak krn lapar makan tahu kae gitu jadi boljug dimakan pake rawit , yg agak mayan kue pancong krn baru matang jadi uenak deh dimakan ditempat dingin gitu . trus ada yg jualan enting2 wijen jahe yg ini bole juga ! mama g beli brapa bungkus buat papa g . Ada juga yg jualan bakpao tapi g ragu apa bakpao nya enak . Trus g jalan mengitari telaga sepanjang jalan kiri/kanan penuh pepohonan rindang kae di Kampung Daun gitu de ! Puas keliling disana kita pindah ketempat liat kawah , bau belerang tercium gitu g sampe sana , g sih ga ikutan turun kebawah liat kawah yg masih meletup2 . Di dekat tmp parkir bnyk dijual bunga Edelweis n bunga2 laen yg dikeringkan . Se pot kecil cuman 5000 , g gak beli krn males bawanya . Kluar dari sana pada makan sekoteng tp kagak enak . Sayang yah objek spt ini juga ga dipelihara dgn baek , makanan ga ada yg enak , wisatawan juga sepi sekali . Bener2 pariwisata di Indo ampir matee suri nih !

Photobucket - Video and Image Hosting

Lalu kita menuju komplek candi , udara makin dingin cuaca udah mendung n berkabut . Jalanan masuk ke komplek candi bgs sih , dikiri kanan ditanam pohon2 pinus . Disini juga sepi sekali terlihat 3 candi Hindu yg kecil2 berderet n ada serakan batu2 didepannya .mgkn masih dlm pogram restorasi . G sih terus terang kagak berani de pergi sendiri kesitu krn sepi hening jadi suasana disitu terkesan magis sekali . Krn hujan rintik mulai membesar kita mulai lari2 lagi menuju tempat parkir . Disebelah pelataran parkir ada komplek candi juga tapi cuman ada satu candi saja . Bentuknya mirip 3 candi didalam yg barusan g liat.

Selepas liat candi kita meninggalkan komplek wisata Dieng mulai menuruni lembah n tebing lagi , jalanan berkelok2 seperti perginya dijalan g nemu petani lagi menata hasil kebunnya ke atas mobil pick up untuk dibawa ke pasar . Masuk ke kota Wonosobo g udah kelaperan mulailah liat kiri kanan jalan mau cari Mie Ongklok yg khas Wonosobo eitsss tiba2 mata terpaku spanduk kuning tulisan Mie Ongklok Longkrang g liat yg makan bnyk n ada mbl plat B juga > its means org JKT makan juga ha222 yah weiss kita parkir n cari tempat duduk didalam . Semua dah laper n udara dingin bikin kita tambah kriuk2 . ha222

Kita oder mie ongklok berikut sate ayam , g juga sebelomnya ga tau apa tuh mie ongklok ?? g liat di inet kalo ke Wonosobo jgn lupa cobain Mie Ongklok ! ohh ternyata ini Lomie nya org Jawa ga pake biba tentunya . jadi Mie direbus dlm kocokan kae mie kocok gitu ditambah irisan Koll , kucai dan tahu yg udah dipotong kecil2 . trus disirem kuah kental2 warana coklat n ditabur bawang goreng . G tanya itu kuah dari bhn apa aja ? kata si abang : itu campuran bumbu2 n ebi (udang kering) trus dikasih saus kacang spt saus sate . aneh yah !! Pokoke tampilan kae Lomie Jawa deh , ha222

Photobucket - Video and Image Hosting

Gitu dihidangkan , lgs deh diembat dgn lahap ditemenin pake sate ayam n tempe mendoan >> hasilnya mayan yahudd juga ha222 . tapi nah itu dia !! minta cabe yg kluar cabe rawit yg lgs digerus tanpa dikasih apa2 lagi , tanpa air n cuka juga loh !! G sih ga cerewet lagi lgs aja sikat tuh rawit gerus … huhh maknyusss de tuh Ongklok . Tandas de satu mangkuk dgn cepat . Waktu g ambil poto si abang mempersilahkan dgn ramah g lgs aja jeprat jepret … ehhh tetangga g yg meja depan (org JKT tuh) ga mau kalah ikutan moto2 juga ga kalah seru ama gw . ha22 malah temennya ikutan juga moto pake Handphone . He22 unik kali neh Lomie Jawa , tapi murmer sih semangkuk cuman 4000 rp, sate 7000 per sepuluh tusuk boleh lah murah bikin bdn jadi anget kok .

Udah kenyang g lanjut jalan ke kuburan popoh gw , berbekal alamat yg dikasih bokap g pergi untuk pertama kali kesana . CC , nyokap n cihu g sih da pernah kesana cuman g yg lom tau , jalan mulus , rapih n bersih sekali perkampungan disana . G sempet kagum n terheran2 begitu bersih kampung2 disana kok beda banget sama perkampungan di JKT yg sumpek n kotor sekali . G melihat ke hamparan sawah n sepanjang jalan yg rimbun hijau … hm .. bener2 suasana pedesaan yg asri .

Photobucket - Video and Image Hosting

Sampai akhirnya g smp juga di pekuburan sore itu . Kuburan popoh g udah ga keliatan lagi nisan nya tapi cc g udah apal itu lokasinya , dia suruh abang2 tk bersih makam untuk potong rumput2 yg udah tinggi . menjelang magrib g meninggalkan makam yg sunyi sepi ditengah pemukiman org kampung . G terkesan banget org2 sekitar sana sangat ramah n ga menakutkan spt org yg biasa kita jumpai di pekuburan kota yg biasa bnyk mafia2 nya >> kt temen g tuh mafia bongpai namanya ha222

Dari sana g lanjut jalan ke Pangandaran krn rencananya mau bermalam di pangandaran aja , aduhh serem deh jalan malam itu jauh sekali rasanya trus hujan deras mengguyur sepanjang jalan yg gelap mana ada pohon tumbang , sempat terbersit dipikiran g laen kali g ga mau ikutan jalan jauh kae gini naek mobil . seremmm krn jalan licin n berkelok2 menuju Banjar ! untung nya diperjalanan nemu sesama Innova yg ber plat “D” wah ini mbl Bdg jadi dia yg mandu kita jalan ke arah Banjar Ciamis . Sepanjang jalan yg penuh kelokan n gelap ga ada yg brani saling mendahului mgkn tuh Innova plat D emang udah biasa lwt jalan situ jadi tau medan daerah situ tanpa ragu dia belak belok tinggal kita ikutin dibelakangnya , pas masuk satu desa jalanan terendam air krn banjir , si Innova nyemplung duluan , krn type mbl nya sama ga ragu kita ikutin nyemplung juga , ha22 . Pas lwt pohon tumbang juga gitu , bus n truk ga bisa lwt krn terhalang pohon yg rubuh 45 derajat , tapi innova plat D coba lwt dulu akhir nya kita lwt ikutin dia , kae nya dia tau kita krg tau jalan daerah situ jadi ga akan tinggalin mbl kita dgn jarak yg jauh , bener2 baek tuh org , ditengah berbagai kekurangan bangsa ini kelebihan sifat2 org spt ini yg masih dapat kita banggakan , mana ada cara kae gini di LN ??? yg elo2 gw2 , ha22 smp akhir nya dia menunggu kita disatu persimpangan krn arah nya emang udah berbeda , kita ambil kiri dia terus kanan , dadahhh terima kasih Innova plat “D” yg udah menuntun kami smp di perbatasan . Sekian laporan g sampai di perbatasan Jateng – Jabar . Dadahhhh


1 comment:

angga666 said...

MINTA ONGKLOKNYA DUNK.....MAFIA LONGKRANG