Monday, May 07, 2007

Kesengsem Mbah Jingkrak …

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Minggu lalu g iseng coba makan di Mbah Jingkrak di kawasan Bulungan Keb Baru , iseng krn promosi temen n sdr g yg kata na >> yahudd tuh cabe n ayam pedes nya . trus g juga liat di Tipi yg juga promo kedai si Mbah , yah g cobalah kesana krn denger kata cabe g dah kebablasan deh … he22 g tadinya pengen nyobain Kedai Sambal yg kata na juga sedia macem2 cabe pedess tapi g lom dapet inpo dimana tepatnya lokasi Kedai sambel itu . so pas g disuruh coba Mbah Jingkrak g semanget aja .Kebayang makan sambel cocol sana/sini asikk banget


Lokasinya seberangan sama GOR Bulungan ga jauh dari Kantor Oriflame , dari depan Kedainya biasa aja bangunan khas rumah Jowo n pegawai kedai juga berseragam batik . Dibagian tengah belakang terhampar seluruh sajian ala Mbah Jingkrak terlihat menggiurkan tertata rapih dgn nuansa penyajian khas Jawa > piring2 n anglo gerabah . Mirip penyajian di Bumbu Desa Bandung . beneran loh liat nya sedep n menggiurkan semua makanan dikasih cabe iris atau rawit banyak2 huhhh bener2 bikin ratu cabe ileran , apalagi liat ada sambel dgn nama yg ear catchie >> “Sambel Iblis” ha ha … menggelitik lidah g untuk segera mencoba tuh cabe . ha ha .. Selaen sambel iblis ada juga sambel2 laennya tapi tak sebanyak macem sambel di Bumbu Desa.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

G mulai pilih2 tuh makanan , tunjuk ini/itu yg namanya agak2 ear catchie mulai dari Ayam Rambut Setan , Ayam Kawul , Oseng Tongkol Kacang Jagun , Ati Boyo , Tahu/tempe Penyet , Sambel Goreng Rempelo Ati . Trus masih banyak sederet makanan laen gorengan tahu/tempe/bakwan , kikil , oseng2 kacang pnjg , terong , kangkung, pare , trus jenis ikan2 sampe ikan teri , trus jenis masakan berkuah mulai dari lodeh , sayur daun singkong sampai sop . Semua nya terlihat menarik menggiurkan krn cabe dimana2 ha222

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Trus tempat makan boleh lah dgn desain ruangan khas Jawa , atap rumah Joglo yg tinggi terbuat dari kayu2 jati , meja n kursi kayu . Tapi … begitu masakan satu persatu g cobain >> koq rasanya biasa aja jauh deh sama angan2 gw , yg namanya Sambel Iblis ga sedahsyat namanya emang sih cabe rawitnya merah semua jadi mayan pedes tapi ga ada rasa apa2 lagi mirip kita makan rawit yg udh dikukus kemudian digerus gitu aja . wahhh kuciwa deh gw , kebayang cabe di Bumbu Desa yg rasanya maknyus dgn aroma terasi yg wangi n special banget . Yg ini mgkn tanpa terasi jadi rasanya hambar banget , trus g cobain sambel laen nya aduhh rasanya manis2 doank kagak pedes. Trus yg namanya ayam rambut setan biar namanya serem rasanya jauh dari serem terasa adem2 ga berasa apa2 . aduhhh piye toh mbah ??? belom lagi oseng2 sayuran nya “adem” semua rasa ne ! Yg namanya ayam gr Kawul juga idem rasa nya jauh deh . trus masalah harga juga ga murah sepotong ayam 12.500 rp. G makan nasi aja ga abis krn ga napsu lagi .

Tapi bny koq yg makan disana jadi buat yg penasaran boleh juga deh dicobain ! mgkn aja lidah g gak sama ama yg laen . Tiap org kan pny selera yg berbeda . Jadi silahkan coba deh ! Oh iya Mbah Jingkrak asalnya dari Semarang . So Lets try !!



4 comments:

jie said...

Wew.. ga enak ya ? Padahal pernah rame dibahas di milis JalanSutra.

maxie said...

Iya menurut g n temen2 yg nemenin g makan sih blg kagak enak tapi kt temen g yg rekomen blg enak , ha22
beda selera sih yah , menurut g itu masakan semua "adem rasanya" meski tampang menarik banget .
jauh deh sama Bumbu Desa . Jadi coba aja deh ,

Finna said...

GUe pernah coba makan yang di semarang.
gak enak sih..
empal nya gila keras abis..
gudegnya juga engga banget
hahaha..sambel nya masih kalah sama sambel nyokap gue.. hehehe

maxie said...

ember tuh Finn , g juga heran kok masih dibilang "mak nyus" mulu sih ???
jauh deh sama masakan dapur gw , ha ha ....