Monday, November 12, 2007

Dapur gw bgn X …


Setelah crt jalan2 balik lagi ke dapur yuk !! , bosen kan crt g jalan terus ha22 . Tapi resep2 dapur g rasanya udah ampir abis deh , mami g aja tiap hari pasti tanya “ari ini mau mkn apa” ? kasian deh dia aja kebingungan mau masak apa .

Waktu abis lebaran dia sempet pergi ke Makro beli daging, cumi , ikan & kodok . Biasa kodok cuman di goreng saus mentega doank , skrg dia mau masak tauce kecap >> Swike .Masaknya ga susah , siapkan bahan2 : tauco , bawang merah/putih , jahe , daun bawang . Tumis bwng merah /putih yg udah diiris halus dgn minyak secukupnya . masukan tauco (separo udah dihaluskan, separo masih utuh) , daun bawang , kodok , jahe yg udah dimemarkan , tambahkan kecap manis , garam, vetsin & sedikit merica. . Beri air smp permukaan kodok tertutup . boleh juga dikasih irisan tomat & kentang kecil yg udah direbus n kupas kulit . Masak dgn api kecil spy menyerap . Kalu dirasa sdh cukup matikan api , Hidangkan dgn menambahkan perasan jeruk limau & makan dgn sambal rawit hijau tumbuk .


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Kacang pjng tumis daging sapi > gara2 masakan ini ponakan g yg kecil (TK) jadi doyan kacang panjang . Padahal anak kecil paling susah makan sayur . Masaknya gampang , yg pertama iris2 tipis daging sapi (has dalam) lumuri dgn sedikit kecap ikan, angciu, vetsin & beri sedikit sagu sisihkan . Kacang pjng udah dibersihkan n potong2 kira2 3-4 cm . Siapkan bawang putih cincang . Tumis bwng putih dgn minyak secukupnya , masukan daging sapi tadi aduk2 lalu masukan kng pjng nya , tambahkan sedikit saus tirem & sedikit gula pasir, vetsin & merica . Kasih sedikit air , biarkan sebentar smp kcng pjng agak empuk baru beri larutan sagu sebagai pengental (sedikit aja) . Angkat dari api .


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket



Kalo g ga males g sih mau2 aja disuruh bikin Fuyunghai . Kata nyokap bikinan g lebih enak dari dia soal Fuyunghai , ha ha ha .. dapet juga pujian dari dia he222. G biasa bikin isinya bisa pakai daging kepiting suwir atau pake udang cincang . Trus iris2 kol & daun bawang tipis2 . Telur bisa pakai 6 biji , trus jgn lupa siapkan bawang putih cincang & sedikit terigu . Kocok telur smp lepas lalu masukkan kepiting atau udang , daun bawang & kol iris kasih sedikit garam, vetsin & merica lalu kasih 2-3 sdm terigu aduk cepat biar tercampur rata . Siapkan fry pan dgn garis tengah 20-22 cm isi dgn minyak seukupnya , kalu minyak udah mulai panas masukan kocokan telur yg udah diberi campuran tadi , ratakan n usahakan ketebalan nya sama , tekan2 dgn sendok spy rapih kecilkan api spy ga gosong , Spy gorengnya bgs , siapkan kuali biasa yg udah ada minyak panas nya , balikan telur di fry pan ke dlm minyak di kuali lanjutkan goreng dgn api sedang . Setelah warna merata & matang , angkat telur dari api . Tiriskan ! bentuk telur pasti bgs krn udah tercetak dulu di fry pan , tapi kalu ga mau rapih2 juga ga pa2 , bisa juga kita goreng dlm bentuk kecil2 brapa kali .


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Untuk saus nya gampang >> tumis bawang putih cincang smp harum , tambahkan saus tirem , saus tomat botolan , gula pasir , garam, vetsin lalu masukkan kaldu secukupnya ,kalu krg asem tambahkan cuka secukupnya >> tambahkan kacang polong (green peas) secukupnya . Kalau rasa udah pas (dicicipi) baru kentalkan dgn sedikit larutan sagu . Angkat dari api siram keatas puyunghai yg baru di goreng tadi . Sedap deh !

Kalo mami g lagi rajin dia mau2 aja disuruh bikin gado2 ulek dadakan . Bikinnya sebenarnya sih gampang cuman urusan ngulek nya yg repot . Ngulek sepiring aja dah pegel apalagi piring2 berikutnya . Di rumah g seleranya macem2 ada yg gila pedes (kae gw) , ada yg suka manis , ada yg demen kencur banyak2 jadi ga bisa bikin sekalian sepiring aja . Maka urusan ulek bikin pegel deh , mana pembantu g ga becus ngulek bikin mami g rada kesel juga kalo bnyk orderan , ha ha …


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Sayuran terserah aja menurut selera (kangkung, pare, kacang pjng , tauge) rebus , sisihkan . Goreng tempe, tahu ,kentang mau pake rebusan telur juga OK . Goreng kerupuk udang or emping . Sangrai kacang tanah lalu tumbuk/giling ga perlu smp halus . Bakar terasi , siapkan cabe merah/rawit, bwng putih, kencur , gula merah .

Siapkan ulekan gerus cabe, terasi , bwng putih , sdikit irisan kencur tambahkan kacang tanah tadi & irisan gula merah secukupnya , kasih air yg udah diberi peresan jeruk limau , ulek terus smp kacang n bumbu halus . Cicipi kalu krg bumbu tambahin aja , kalu dah OK rasanya baru kasih sayuran , irisan tempe/tahu, kentang telur & irisan timun , aduk n pindahkan ke piring . taburi dgn bawang goreng n kerupuk udang

Nasi Uduk >> selaen beli yg udah jadi , mami g juga bisa bikin sendiri ! untuk pelengkap nya kalu ga ada ayam gr bisa tuker pake dendeng cap cabe ato sejenis nya trus goreng tempe/tahu , dadar telur trus potong tipis2 n bikin sambel kacang . Oh iya goreng emping atau kerupuk juga siapkan timun yg udah dipotong2.


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Beras nya di aron dulu mirip bikin nasi kuning cuman nasi uduk kagak pake kunyit . Nasi di aron pake santan , kasih daun pandan, salam , sereh , langkuas dan sedikit cengkeh tambah garam & vetsin secukup nya . Kalo air dlm nasi yg diaron dah abis baru nasi di kukus smp matang . Jg lupa tabur bawang goreng waktu mau disantap . sedap deh ga kalah kok sama nasi uduk babeh Saman ! he he ..




4 comments:

eliza said...

haiya...ngingetin masakan emak gue :D gado2 ulek emang enak ya, cuma kalo disuruh goreng ini itu, males. eh, swike dong masakan jawa timur...kalo di jkt pie oh dong. gue disini bikin pake ayam aja soalnya gak ada pie, makannya pake cakwe, yam!

veny said...

Swike bukannya masakan pesisir jawa barat & Jateng LIzz
kan sepanjang jalan menuju Cirebon (jatiwangi) Tegal Brebes pada jualan Swike kodok .

Kalo Pioh kan isinya kura2 , meski kuahnya sama persis

Abis kita sebangsa setanah air sesuku , seperut seselera jadi masakan mami g yah masakan mami kamu juga LIz , ha ha ...

Vie said...

Aku pengen juga tuh nyoba kodok gimana rasanya, suamiku bilang enak. Tapi disini kayaknya aku gak pernah nemu org jual kodok (segar maupun beku), ato akunya yg gak pernah nyari.
Aku klo masak tauco Ven, tauconya musti kulumatin dulu, klo gak anakku ini tauco semuanya disingkirkan dipinggir piringnya, gak mau disentuh.
Klo nasi uduk aku bikin pake bumbu Indofood aja, tapi masaknya pake kaldu ayam buatan sendiri.

veny said...

Vie >>
Kodok enak juga meski tampangnya agak menyeramkan . Goreng pake saus mentega juga enak .
Iya tauco dilumatin lebih berasa mantep nya .