Thursday, July 24, 2008

Talas Goreng


Minggu lalu , g iseng bikin talas goreng krn udah lama ga makan . Biasanya kalu ke Bogor kita suka beli talas juga disana , tapi berhubung udah jarang kesana jadi beli di pasar deket rumah aja . G ga ngerti beda talas ungu sama talas putih tapi g makan sih dua2 nya sama aja rasanya . Waktu g makan talas goreng di Jajanan Khas Ponti di MangDu , talas nya warna ungu .. enak juga jadilah g ngiler kapan bisa bikin sendiri lagi , krn udah lama kita ga bikin talas goreng .

Makanya minggu kemaren g niat2in bikin talas . Bahan2 nya gampang n mudah didapat , cara bikin nya juga gampang koq tp rasanya enak . Daripada talas sekedar digoreng aja kae abang2 yg jualan gorengan mending sedikit repot tapi hasil lbh yummy . Aslinya makanan ini makanan bikkhuni di kuil2 yg musti makan vegetarian , jadilah talas diracik tanpa daging , meski tanpa daging hasilnya OK koq !


Photobucket


Talas 2 biji cuci bersih , buang bagian luar yg kotor lalu parut kasar sisihkan > sangrai segenggam kacang tanah n tumbuk kasar sisihkan , cincang halus bawang putih 6-7 siung , parut atau iris halus / tipis sejempol jahe . Semua bahan campur jadi satu , tambahkan 2-3 sdm sagu , trus masukan 4 -5 butir telur yg udah dikopyok . Tambahkan garam, vetsin merica secukupnya n sedikit gula pasir . Sebagai pengganti kacang tanah boleh tukar dgn tauco atau bisa juga daging cincang . Kalo adonan agak keras boleh tambahkan sedikit air .


Photobucket


Siapkan minyak panas , pulung2 dgn bantuan sendok adonan talas tadi , goreng smp warna nya bgs dgn api sedang . Makan dgn sambel botol atau sambel cuka rawit tumbuk enakkk deh !



7 comments:

nie said...

wah ini bikin ngiler tenan hehehe... di sini ada talas ga yah? :p

Tiwi said...

rajinnya ibu satu ini...kalo sisa mau deh icip2...belum pernah makan talas soale.

makasih ucapannya ya Ven....

masenchipz said...

wah...wah.... gw blom makan model ginian nih... bagi donk...he..he...

precious gift said...

haiyaaa... setiap kali ke sini kok selalu diming2in makanan yang enak2 yah. kirimin dong jangan cuman majang poto doang. hihihihi...

bebek said...

gile,...hebring banget kreasi lo, ven.....

veny said...

>> yg lom pernah nyobain talas kae gini bikin sendiri aje deh ye .. gw kan org paling maless soal masak memasak .. he22
Bebek aja yah yg super duper rajin masak ..

Fun said...

talas goreng gitu lebih enak dimakan ama kuah cabe loh... hayo sini sini ke bangka..disini banyak banget talas goreng gitu... pasti enak kalo disini :)