Monday, December 06, 2010

Melintas Kota Tua

Waktu kulineran di daerah kota iseng g melintas di blk Kota Tua , ehh ketemulah Jembatan Kota Intan yg merupakan salah satu sisa sejarah kota Jakarta . Baru kali ini g liat dari dekat jembatan yg namanya terukir dlm sejarah kota Jakarta . letaknya gak jauh dari Htl Omni Batavia . jembatannya udah ga berfungsi lagi tp masih terpelihara cukup baik . Menurut sejarah yg g baca jembatan itu dibuat thn 1628 dulunya namanya Jemb Inggris krn letaknya dekat dgn Benteng Inggris . Dulu ada Benteng Inggris n Belanda yg letaknya berseberangan cuman dipisah oleh Kali Besar (kali ciliwung) . Jembatan tsb dibangun dgn design buka tutup spy kapal2 dari Pelabuhan Sunda kelapa bisa masuk melintas kota tua .



Setelah melewati brp waktu jembatan itu sempat berganti2 nama >> Jemb Pasar Ayam, Jemb Juliana-Bernhard sampai akhirnya menjadi Jemb Kota Intan krn dulunya ada Castle Diamond (intan) dekat situ . Gitu deh sekelumit sejarah Jembatan tsb .

Gak jauh dari situ g mampir ke Rest Galangan Kapal VOC , suprise juga liat bangunannya . Peninggalan Belanda yg dibangun abad 17 - 18 masih terlihat bgs n kokoh . Sepi n hening banget , cuma ada brp tamu asing duduk di beranda resto lagi minum2. G longok2 ternyata restonya skrg udah kagak ada yah ??? sayang banget tp tempatnya bgs , cocok buat pesta kebun n poto2 .



Dulunya itu tempat merupakan galangan kapal untuk repair kapal2 yg rusak pas masuk pelabuhan Sunda Kelapa . sekaligus kantor dagang VOC . Di ujung depan lantai 2 gedung ini terlihat dgn jelas Menara Syahbandar yg dibangun Gubernur Jendral Belanda Daendels thn 1839 , menara itu tepat didepan pelabuhan Sunda Kelapa yg berfungsi sbg menara pengintai di laut n darat .



Kelar melongok2 dilantai II Galangan Kapal kita turun lagi kebawah , skrg ged galangan itu beralih fungsi jadi tempat jual brg antik/gallery & sekolah musik . Sayang banget yah sepi n hening sekali padahal tempatnya bgs loh !





26 comments:

limmy mama radhika-rania said...

gue dari dulu pengen bgt ikut wisata kota tua.
tapi ga kesampean sampe skrg hahaha

padahal seru liat tempat2 bersejarah gitu ya ven.

Dessy said...

sama lim... gua juga pengen. yuk sekali2 ke sana sama veny juga...

ven, angker ga ven kesannya tuh restaurant?

Pucca said...

ya ampun, lu jadi reporter nih skarang ven, lu fotoin semuanya bagus2 gitu :D

Veny said...

@ Limmy & Dessy @ Viol yukkk dr dulu kita rencana aja yah , tp skrg musim ujan2an mulu . Nti kl cuaca udah stabil kita huntingan deh .
Tempatnya gak angker koq Des itu deket rest Raja Kuring Des .

@ Viol ha2 reporter?? malu g keberatan jabatan deh , masih jauh dr reporter . cuman iseng doank krn melintas n ditawarin mo setop ga ??

Yenny said...

fotonya bagus2 banget...

once_alifetime said...

Daftar ya *tunjuk tangan*. Harusnya dibikin jadi tempat wisata, gua bayangin kalau dihias ama lampu2 di malam hari, bagus banget gak sih?

Pitshu said...

klo hunting pitshu ikoeeetttt huhuhu~ males klo ga ada barengannya, klo ajakin Opan sampe tahun gigi kuda emas, atau kuda liar juga ga bakalan pegi2 ahahahha

Mochachocolata Rita said...

cakep banget foto2nyaaa pengen kesana jadinya eiei

mama fang2 memei said...

foto lu bagus2 deh ven..

amey said...

dari dulu laki gw ngomong trus mo hunting poto di sana, kapan kesampean coba, wong kalo di ajak ke jkt aja dia ogah kekeke
tempatnya asik ya keknya, kalo sore2 ngopi2 di sana keknya asik banget :)

nie said...

fotonya keren2 nih Ven!!!

Arman said...

resto galangan voc itu masih ada ya ven?
dulu pas baru buka gua pernah beberapa kali makan disono. tapi udah gak inget kayak apa makanannya. hehe.

cicitcuit said...

Wah.. sayang banget tuh restorannya tutup.. bangunannya keren! bisa jd nilai jual tersendiri tuh.. *imangining have a wedding in there.. ups, dapet orang jakarte donk aye.. hehehe*

Tambah ciamik aja hasil capturenya, ce :)

Belzy said...

sbenernya daerah kota2 situ kali dimasukin sih bagus yah ven, dari poto2 elo aja kliatannya bagus. unik gitu bener2 bersejarah. Tapi kenapa yah gue kalo ke daerah kota kok bawaannya takut yah ven :(.....padahal mah aman2 aja kali yakkk...

BabyBeluga said...

Bagus yah tempatnya. Bangunan kuno gini malah gua bilang lebih artistik daripada bangunan2 modern yg gga keruan jaman sekarang....

epi said...

wow keren ya ternyata :D lain kali mau dong ikut ven kalo mo jalan2 ke tempat2 ginian lagi heheheh

Veny said...

@ yenny & Yulia (fang mei2)masa sih ? poto g terlalu biasa aja he22 btw tq buat pujiannya

@ Elisa & Pitshu iya ntar sesekali kl dah mood kita hunting poto barengan (tau kapan he2) Kl dkasih lampu pasti lbh bgs .

@ Rita iya kl plng JKT kesana aja . kl dilihat sekilas mgkn ga menarik kl uda di poto br kliatan keren ha22

@ Amey iya Mey , buat ngupi emang enak teduh hening .

Veny said...

@ Nie masa sih keren ? ha22 tq buat pujiannya

@ Arman kalau g longok sih restonya udah ga ada .Gelap2 ditutup smua ga ada org n pekerja nya . Yg ada yg di beranda aja itu buat tmp minum2 kopi n snack gitu . apa bukanya malem hari ? g kagak tau deh .

@ Belzy emang bgs Bel bnyk bangunan bersejarah di kota tua , g jg suka miris liatnya kl ditelantarkan . btw kl mo kesan ajak g ajah sbg centeng nya ha22

@ Cicit iya de smg dapet org jakarte m wedding session disono ya ? ha22 emang bgs kok buat poto2 disana .

@ babyBeluga betull g jg demen liat old building jaman dulu . kliatan banget seni nya yah ha22 sok seniwati gw .

@ Epi iya Pi sesekali de kl pas mood kita kumpulin yg mo jalan n panas2an yah ha22

bebek said...

aduuuhhh bebek keik baca buku sejarah deh...
itu jembatan kota intan, sama banget desainnya sama jembatan-jembatan di belanda...
pasti yang bikin bukan si Inggris, tapi si Belanda deh...

Vicky Laurentina said...

Wew..kaget juga ya gw tau tempat ini ada di Jakarta. Kirain ada di pinggir sungai mana gitu di Riau atau di Samarinda gitu. Jembatannya masih fungsi nggak, Mbak Ven? Minimal jadi tempat nyebrang orang gitu? Ada orang yang suka jadi preman jembatannya nggak?

Veny said...

@ Bebek hua22 iya kae baca buku sejarah , bener kt lo itu dibangun ama si belanda ... g krg nulis infonya

@ Vicky hai22 salam kenal Vic.. ohh lo gak tau ada jemb itu ya ? ha22 sesekali kedaerah kota Vic bnyk ged2 antik . Jemb uda ga berfungsi . ga ada preman nya ,hahahhhh

Selvi said...

kalo gua sering banget lewat jembatan kota intan kan dekat terminal kota tuh, maklum rumah gua dulu di jalan kopi jadinya sering lewat.

Dulu gua pernah datang kondangan di VOC Galangan outdoor, keren dan bagus pesta tamannya luas.

Gua sering liat orang foto prewed di kota tua, bagus dan unik padahal kalo siang hari panas dan sumpek penuh dengan angkot dan bis.

Nanti gua mau foto di kota tua, masa selama ini cuma numpang lewat aja (kan bisa ke arah pluit jadinya gua sering lewat)

Angel said...

Baru tau ada tempat sebagus ini di kota tua ;)) Boleh bebas dimasukin pengunjung buat foto2 ya ven? dimana sih ini lokasi gedungnya. perasaan gedung disitu ga ada yg kinclong kayak gini.

Veny said...

@ Selvi iya yg sering lewatin malah lom tau mampir ya ha22 .

@ Angel itu deket rest Raja Kuring di Jl. Kakap pokoknya ga jauh dr Jemb gantung itu dkt Htl Omni Batavia . Bebas masuk n poto2 .

nicetobeOKI said...

hai Venny.. jalan2 ke kota tua ya? yes, that place is so beautiful! makanya sering dipake buat shooting or pre-wed photo shoot.. ^^
mampir ke Glodok ga?? :D

oya, jgn lupa mampir ya.. ;)

Veny said...

@ NicetobeOK1 iya daerah sana suka dipakae poto prewed n shooting . itu tmp dkt ama kantor g so pasti seringlah maen ke glodok , udah bosen ha222