Friday, September 30, 2011

Last Episode Jalan2 India

Akhirnya sampe juga dipenghujung crt jalan2 hahhaaa , g jg pegel nulisnya maunya cepet g kelarin . Yg baca udah teler pgn cepet ganti episode ya ? wahahaaa singkat kata g lanjut deh .

Sore itu habis istirahat n mkn siang stlh visit Amer Fort kita diajak melihat City Palace istana di tengah kota Jaipur ga jauh dari Hawa Mahal . Begitu sampai halaman depan terlihatlah tembok depan warna pink yg tinggi mengelilingi istana , banyak burung merpati di halaman depan . Lgs kita masuk ke dalam istana yg dibangun thn 1729selesai thn 1732 oleh Maharaja Sawai Jai Singh II (dinasty yg membangun Amer Fort) , istana ini dibangun dgn gaya Hindu India , Mughal & Europe krn stlh turunan keberapa Bgs Inggris mulai datang & menjajah India .


Di dalam istana ada beberpa bangunan penting seperti , Chandra Mahal, Mubarak Mahal, Diwan I Khas , Diwan I Aam , Govind Dev Ji Temple . Seperti biasa begitu diterangin sama guide local kita malah ngacir poto2 hahaaaa (gaya turis Indo).


Di dalam Chandra Mahal ada ruangan seperti hall besar tempat jamuan mkn , ada singgasana raja , poto/lukisan raja2 . Sedangkan Mubarak Mahal skrg berfungsi sbg museum ada koleksi baju2 raja , mulai dari pijama sampai gaun penganten & baju kebesaran wkt dinobatkan jadi raja/ratu . Semua dlm lemari2 kaca masih terlihat bgs dan terawat . Kagum g liat baju2 dgn perhiasan2 dan sulaman2 tangan yg begitu halus . Disini kaenya ga blh poto jd ga ada dokumentasinya

Chandra Mahal yg merupakan tempat kediaman raja , dulu bangunannya bewarna cream gading n coklat2 , tp untuk menghormati kedatangan King Edward VII dr Inggris akhirnya dicat ulang dgn scheme warna Pink yg akhirnya warna itu menjadikan trademark Kota Jaipur sbg Pink City , liat aja Hawa Mahal yg berwarna pink juga .


Yg unik juga di dalam istana ada 4 pintu kecil untuk masuk ke dlm Chandra Mahal , pintu2 kecil tsb berbeda warna dan theme nya menggambarkan 4 musim di India , ada Peacock Gate represents autumn, Lotus Gate represents summer season, Green Gate represents spring and Rose Gate represents winter season.


Seperti istana2 lainnya , disini juga ada bangsal tempat menyimpan kereta kencana (inget istana Jogya & Solo) bny banget koleksi keretanya . Juga ada menara yg ada lonceng istana .


Kelar mengitari istana udah magrib , kita bergegas minta dibawa ke tmp shopping , yg kita liat wkt visit Hawa Mahal pagi hari tadi . Bus ga bisa menunggu kita shopping , tp kita ngotot bisa plng sendiri pake bajaj wahahaaa . Akhirnya kita nyemplung di sepanjang jalan ubek2 toko beli pernik2 suvenir khas India . Pulangnya udah jam 8 mlm , naik bajaj sampai dpn Hotel . Anehnya jalanan macet tp bajaj gesit belak belok jalan , yg super aneh bajaj pake argometer booo kae taxi wkwkwkwkwww .

Stlh dinner kita beberes krn bsk kita off dr India , acara udah selesai . Dari Jaipur besok pagi kita lgs menuju New Delhi kurang lbh 4 - 5 jam jalan darat . Cape banget bgt masuk New Delhi udah sore , Delhi terlihat sibuk ramai n macet di offc hour , sbg ibu kota ga kalah metropolitan kae Jakarta .

Jalan2 disana lebar2 , bny bangunan pencakar langit berpadu dgn sisa bagunan kolonial jaman British dulu . G lewatin boleuvard yg lebar n teduh banget itu sejalan kedutaan smua . dari jauh udah terlihat nama kedutaannya berderet2 sepanjang jalan itu . Ga ada kantor atau rumah lain , smua khusus kedutaan .


Kita juga melewati Rajghat >> tempat kremasi Tokoh2 India seperti Mahatma Gandhi, Indira Gandhi, Rajiv & Sanjay Gandhi, Nehru dll . Tempat Kremasinya berupa taman terbuka yg rapih banget ada batu marmer hitam besar sbg tempat kremasinya .

Di Delhi kita ga sempet city tour lagi krn wkt udah mepet , stlh dinner kita akan lgs menuju airport untuk terbang plng via Spore . Jadilah kita diajak muter2 di tengah kota yg mana terlihat bangunan2 penting spt Parliament House alias Ged Parlemen .


Gak jauh dari situ ada Red Fort yg dibangun thn 1638 oleh Syah Jahan , semirip Agra Red Fort , masih bgs & ditetepkan sbg situs warisan dunia oleh UNESCO pd thn 2007


Trus ada lagi India Gate yg merupakan monumen untuk mengenang tentara India yg gugur wkt perang dunia I , dibuat semirip Arch de Triumph di Paris . Dibagun thn 1931 berdiri ditengah jantung New Delhi .


Yg terakhir kita diajak melihat mesjid terbesar di India & merupakan pusat dari mesjid2 yg ada di New Delhi >> Masjid Jama /Jamia yg dibangun pada masa pemerintahan Syah Jahan (pendiri Taj Mahal) letak mesjid ini di tengah kota tua Delhi , masuk kedalam jalan sempit banget di daerah pasar/perniagaan , sempit banget sampe bus yg kita tumpangi ga bisa muter di ujung jalan , akibatnya kita ga bs turun cuma liat dr luar saja . ternyata di New Delhi sendiri masih banyak bangunan tua bersejarah yg masih berfungsi spt mesjid tua ini yg tetap rame pada saat sembahyang Jumat .


Selesai sudah perjalanan kita , akhirnya kita dinner disalah satu Chinese Food resto di Delhi . Selepas dinner bergegas menuju airport (IGIA) untuk terbang menuju Jkt via Spore , penerbangan mlm itu menurut jadwal SQ 407 akan lepas landas pkl 23.25 tengah mlm, rasa lelah dan kantuk udah ga tertahankan , entah mengapa kali ini SQ delay setengah jam . Begitu disuruh boarding kita lgs masuk pswt udah lunglai krn dari pagi nonstop jalan darat dr Jaipur .


Kita duduk berpencar2 , lgs menarik selimut n tutup mata , tepat jam 24.00 tengah mlm pswt take off meninggalkan New Delhi , Good bye India see u someday ! gak kapok g kesana , lain kali g pgn banget main ke Mumbay , Calcuta, Chennay n tmp2 rungsep lainnya . Di atas pswt pas mau merem malah ditawarin late supper , udah males makan tp tetep g makan buah n dessertnya aja , lgs tepar merem & kebangun brp kali untuk ke toilet . Akhirnya hampir jam 07.30 pagi selagi g terlelap tiba2 terdengar capt announce kita akan segera approaching Changi Airport , haahhh lgs kebangun gosok2 mata ga sempet masuk toilet untuk sikat gigi , krn di bawah udah terlihat Singapore ! Roda pswt kluar n lgs menjejak tanah , parkir didepan T3.

Pagi itu Changi T3 masih sepi matahari hangat menerpa bdn g gitu kita kluat lwt lorong2 kaca , lgs kita masuk toilet sikat gigi n ganti baju (udah 24 jam ga mandi) hahahaaaa . Mau mandi tp disuruh hurry-up krn udah ditunggu bus yg akan membawa kita ke Orchard . Kita dibawa ke Orchard disuruh shopping menunggu connecting flight ke JKT yg jadwalnya sore hari . Masih cape wkt kita diturunin di blk Wisma Atria , duduk di blk taman sebentar krn toko2 lom buka hahhaaaa . Akhirnya kita masuk Takashimaya berpencar , dikasih tau spy berkumpul untuk lunch jam 1 siang di Korean Garden Lt 4 Takashimaya .

Yah pada ngalor ngidul kesana sini shopping , jam mkn siang pd kumpul di resto Korea , selesai mkn udah jam 2 an , lgs digiring masuk mini bus mau dibawa ke airport lagi . Disini kita berpisah krn rombongan tour pd plng ke JKT sedangkan g berlima mau stay di Spore 2 malam, biasa mau leyeh2 dulu hahahaaa


Kita naek Taxi plng ke Swissotel The Stamford (aka Westin Stamford) di Raffles City . Kali ini ga plg ke apato sodara , krn apato lg penuh sama sodara2 yg datang dr Jkt . kamar g dilantai 42 bgs scenary nya , g buka balkon kamar terlihatlah pemandangan malam Spore seperti ini .... Gedung Esplanade , Singapore Flyer , Marina Sands , Suntec City dll . Malamnya tidur pules , tanpa senewen bsk diganggu morning call (TAMAT)

Koreksi keterangan poto : City Palace seharusnya berada di Jaipur (ibukota negara bagian Rajasthan) , di poto tertulis New Delhi , sorry g salah tulis krn udah cape banget hahahaa



13 comments:

eunike mk said...

akhirnya tamat juga perjalanannya ven :) seruseru banget...keknya yg "dijual" di india seragam yah? istana2 n museum2 smuaaaaaaa....tp masih dirawat dg amatsangatbaik...ngga kek di indo, gw liat di yogya aja gitu2 doang beda banget...

itu yg di new delhi (gw lupa pas hari2 pertama elo ada city tour ga?) itu pic diambil dari atas bis? kan kt elo kaga sempat city tour lagi...

trus waktu di spore emang sengaja pisahan abis dinner yah? maksud gw ngga langsung ngacir abis nyampe di spore...klo ikut tur gitu udah dari awal lo blg mo extend di spore yah?

Arman said...

bajaj nya sama kayak di jakarta ven bentuknya? keren juga ya pake argo. hahaha.

wuiii flight ke singapur nya red eye ya. untung bisa tidur ya. kalo gak sih pasti teler banget ya... :)

didta7 said...

wah seru banget saya pengen liat taj mahal

veny said...

@ GG iya Lin yg g pergi kemaren smua wisata sejarah yah , kecuali di Kashmir baru pemandangan alam
Di New Delhi hr pertama ga ada city tour kan sampe ud mlm bgt trus bsk pagi lgs terbang ke Kashmir
gitu smp spore g ikutan mkn dulu donk (lunch) ga mau rugi donk hehheee , iya g extend blg dr JKT dulu n kena charge lg dr SQ nya

@ Arman bajaj sama kae Bajaj BBG di JKT cmn lbh gede dikit , trus ga ada pintu nya kae TukTUk di BKK jalan ngebut ada argometer hahaa
Iya flight yg red eye , untung g tdr saking cape nya

@ Didta7 pergilah kesana hehehee

Angels said...

New Delhi ternyata ga kotor2 banget ya. Liat di foto lu, Bersih banget! Bagus pemandangannya. Gw kirabakal penuh sesak semua :p Kaya di pasar2

Once in a Lifetime said...

Ven, kemarin di Kompas hari Minggu kalau gak salah, ada review tentang Jaipur. Jadi ingat postingan elo:)

Anonymous said...

Awwww seru banget jalan2nya. Ven, gua salut sama lu yang edit fotonya satu2. Hebat dah, banyak banget fotonya, hehehe. Nti bakalan ada cerita Spore ga? Fritz suruh gua ke India bulan april karena ada temen kita mau merit, dan gua jadi mikir2...antara pengen, penasaran dan takut mahal, hahaha.

Veny said...

@ Angels iya g jg heran napa di pelem2 India always digambarkan sumpek , pdhl New Delhi n tmp2 yg g pergi biasa aja tuh kae di Indo juga . Mgkn uda trademark India kali negara penduduk terbanyak stlh China , ember sih yg paling padat di bgn selatan kae Calcota N Mumbay .

@ Elisa oh ya Kompas MInggu yah ? ntar g liat deh !

@ Daadaachan pergi aja Lin mumpung diijinkan ,hahahhaa kan dia yg beliin tiket nya .
Crt Spore g skip aja dah , udah keseringan sih , gitu2 aja koq .
heheheee (somse mode on)

Anonymous said...

Kalo baca cerita dan liat foto2 elu, India ga jelek-jelek amat ya. BEberapa taon yang lalu, boss gue meeting di India (Mumbai). Dia bilang lingkungannya lebih kotor dibanding Jakarta. Atau mungkin sekarang udah maju kali ya..

BTw, jangan kau cari siomay di deket Kartika sari yaa..hahahaha...gue salah tulis Ven. *tepok jidat* harusnya siomay itu di depan prima rasa :)

Anonymous said...

Foto pemandangan dari jendela hotel elu bagus kayak di postcard, Ven.

Gw bacain postingan elu, dari semuanya paling berkesan yang inep di rumah kapal serba merah itu, otentik banget pasti yah. Otentik bau baunya maksud gw heheh.

Pucca said...

akhirnya tamat juga ya, lebih lama tulis ceritanya daripada jalan2nya ya ven :P
itu gerbang di chandra mahal yang sebelah peacock rose atau lotus ven?

Veny said...

@ nilola24 Mumbay jauh dr Delhi Tia , kl Delhi daerah Utara , Mumbay di selatan , daerah selatan daerah padet n kumuh , Kl Delhi ga beda sama JKT . Ohh Siomay PR yah ?

@ thesalem iya Mar tinggal di houseboat pny kenangan sdnr krn antik n ada bau khas nya hahaaa

@ Viol iya nulis nya lbh panjang dr perginya wakakaaa
Chandra Mahal yg bangunan warna merah2 . trus pintu2 4 musim itu di bawah nya .

katrin said...

Gw pasti mau ke India nih...hahaha... New Delhi bagus ya ven, gw slalu demen ama ibukota yg masih banyak bangunan2 sejarahnya, jadi inget ama Beijing gw. Karna berasa udah pergi ke daerah Kashmir, Jaipur,dll...gw pengen ke yang mumbay, kalkuta,dll deh hahahaaa...