Sunday, November 23, 2008

Sambel Ijo .. enak nya !!


Serumah pada gila cabe , tiada hari tanpa cabe di rumah gw , sampe kalo g pergi ke luar aja yg musti dibawa yah “cabe” ha22 , abis cabe di luar sana ga ada yg pedes ! Sampe waktu g ke Padang cobain cabe disana pun kagak pedes , hua222 . Cuman cabe di Laksana (resto sunda2an) di Bandung yg bikin g bertekuk lidah krn kepedesan .. he22.

Jadi di rumah sering banget experiment bikin sambel ini/itu kalo nemu sambel yg maknyuss ! Yg udah sering dibuat n jadi kebanggan rumah gw >> Sambel Bajak & Sambel Cumi ..selaen sambel mangga, sambel terasi biasa . Krn kita juga doyan masakan Padang maka getol juga sama Sambel Ijo .. mana bikin nya gampang banget jadilah minggu kemaren g minta dibikinin sambel ijo cuman kali ini plus teri n petai .



Bahan2 nya Cabe ijo , mau pedes tambahin rawit ijo , tomat ijo , bawang merah semua diblender /giling kasar aja . Tumis blenderan tadi dgn minyak > tambahkan daun jeruk mau tambah sereh juga boleh , kasih garam, vetsin . Tambahkan sedikit air n minyak . Kalo udah harum baru masukan teri yg udah digoreng n petai menurut selera . Aduk2 lalu matikan api . hmmm sedepnya .


Photobucket


Biasa kita makan cabe ijo ini , ama rendang , gulai ayam/daging , ikan bandeng presto, tenggiri goreng atau gorengan laen spt tahu tempe juga OK koq ! plus nasi hangat apalagi kalo ada buntil atau gulai daun singkong/pakis wahhh tambah maknyusss bisa tamboo terus tuh . Kalo udah bikin cabe biasa g udah siap2 masukin satu tupperware buat stock di kantor .. he22 abis kalo beli makanan biar bilang mau cabe banyakan ga diladenin (cabe mahal kan ya) jadi biar puas yah bawa sendiri aja .




18 comments:

Arman said...

wah pass deh... gak doyan yang terlalu pedes! hehe

Yulian said...

Sejak kena diare 2 minggu lalu, gw rada ngerem2 makan cabe nih. Abisnya masih sensitip ampe sekarang.

Itu oseng2 kol makanan dulu waktu kecil tuh, nyokap sering masakin hehe. Itu campur tomat apa wortel yah, Ven?

A.G said...

ga nulak sambel cabe ijoo.. sedaaaaap :)

Pucca said...

ahhh.tidaaak..baru masuk kok udah ada foto teri pete cabe ijo!!

gua doyan buanget ni haha..
btw, resepnya gampang ya..kalo gitu nti mau coba2 bikin ah..trims ven :P

nie said...

Untung aku ga doyan pedes =P tapi tahu tempe bacemnya itu lhooooo tetep bikin ngiler!

veny said...

@ Arman & NIe ... wah both of you ga doyan pedess .. hua22 enak loh cabe . g ga bisa makan tanpa cabe

@ Yulian .. abis sakit perut yah musti ngerem2 lah , tapi kalo g mah badung tancep aja tuh cabe .
oseng2 KOl pake tomat , bwng n cabe iris .

@ Pucca ..iya tuh gampang koq bikin nya . Ntar kalo bdn udah sehat >> masak yah ! Cia yOu !

@ Ayin .. wah Ayin mah ratu dapur , doyan sambel pula .. klop deh !

yendoel said...

glek..glek..glek... nelan liur!

Lina said...

aduh ve... gw kaga terlalu suka cabe.. kalo pake sih pasti tapi dikit doang... itu ngeliat cabe ijo di postingan lo, bikin gw garuk2 kepala karna udah kebayang pedesnya pasti minta ampyuuunnnn

somepathtoremember said...

Aduh nikmatnya, penampakan sambel ijonya aja udah "menggelegar" gitu, pake nasi panas,,maknyusss

Fragile_Heart said...

waduhh ngilerrr liat sambelnya hehehe...mbak veny pinter masak yach ^^

Vin said...

Ven, GLEK!!! gw ngilerrr... wah sama donk kayak gw, tiada hari tanpa cabe, hehehhe... nanti gw coba akh... Ven selain sambel Laksana, sambel yang laknat adalah, sambel Bebek Yogi, peudess bgt loch, udah coba, Ven??? ;p

veny said...

@ Yendoel ..lo disana masih doyan cabe ?

@ Lina >> ini anak musti di satu meja kan sama Nie & Arman kalo mkn soalnya ga suka pedes . ha22

@ Julie .. g jagonya makan alias icip2 , bisa masak dikit2 aja , he22

@ Imeth .. iya Meth pake nasi anget enak tuh !

@ Vin .. yg bebek Yogi g lom coba krn ga doyan bebek tapi g kebayang deh itu pedes nya sekelas ama yg bebek Kaleyo ,sambel ijonya beneran pedess banget .
kalo sambel setan yg di Mbah Jingkrak kagak pedes !

Judith said...

Semua hidangannya bikin ngiler .. apalagi sambel ijonya.. hhmmm :)

elte said...

Sambelnya..... cabe di ostrali mahal! ga segar lagi...

Febrie said...

kalo sambel ijo maah emang mantaaaappp ..

cicitcuit said...

waaah liurku sukses meluncur ngeliat gambar sambelnya... huenak tenan, ya, mbak? bagi2 donk :D

Caroline Sutrisno said...

aku paling doyan cabe ijo masakan padang... klo yang pake teri sama pete lom pernah nyobain... tapi ngeliat penampakannya asli bikin ngiler, ve! *glek*

veny said...

@ Judith < febrie > cicit .. bikin aja sendiri kan gampang , hue222

@ Elte .. iya di aussie cabe mahal yah ? kalo g disana duit bisa abia buat beli cabe kali , abis tiap hari musti mkn cabe .

@ Oline .. Line menu itu g dapet setelah liat di resto Padang juga . ada kok yg pake teri n pete ! matepp loh !