Thursday, February 12, 2009

Re-Visit >> Kantin Ie Suan ..


Kadang2 g suka ngiler sama jajanan khas Pontianak (Ponti) meski g asli Betawi tapi lidah Bhinneka Tunggal Ika & Manca negara loh ! ha222 . jadi sometimes bisa ngidam ini/itu . Satu hari di kntr g blng ama temen pengen ke MangDu mau mkn Mie Bangka Amin plus beli jajanan Khas Ponti buat dibawa plng . G dulu direkomen jajanan Ponti sama Cici g trus g lgs pol in lop deh , temen g di kntr jadi ikut2an . Sebenarnya ke MangDu dari opis ga jauh cuman panasnya itu bikin g maless banget mau kluar kntr. Mau nyuruh OB takutnya dia ga ngerti , takut salah beli krn disana banyak banget yg jualan kae gini skrg . Semua tulis Khas Ponti . Alamat jelasnya : Kantin Ie Suan ITC Mangga Dua counter lt. 4 Blok B no. 11 . Deket butik lt. 4 . Liat aja yg paling rame n tempatnya besar , yg laen agak kecil2 tempatnya , bukan di toko loh , ini di depan toko seputar tangga jalan , ada Plang/papan nama nya Ie Suan Kue Pontianak , encinya manizz agak gemuk2 kata dia mirip Inul pdhl enggak sih , ha222

Kalo kesana lgs mata kita blingsatan liat berbagai jenis Kue Talam n aneka jajanan Khas Ponti bertebaran di meja gede ! yg mkn duduk keliling meja dgn modal piring melamin kecil n sendok plastik , tinggal tunjuk ini/itu trus diambilin sama pelayan trus tinggal kasih cabe .. Makan deh sambil gossip huhh syedepppnya !


Photobucket


Tuh jenis talam ajubilleh banyaknya , modelnya seloyang bulat gede banget tapi udah diiris2 dalamnya tinggal dicongkel aja brapa kita maunya , sepotong kalu g ga salah 2000 – 2500 deh ! Ngiler deh liatnya , trus ada Choi Pan yg isi kucai atau yg isi bengkuang , talam ebi, singkong, suji pandan, singkong kelapa muda . Bugis mandi, Srikaya Ketan , Kolak talas ungu , Talas Gr (Bu Jan) trus pelengkap laen ada otak2, mpek2, nasi bakar , pastel, siomay , kue mangkok kelapa . wahh histeria de liatnya , gmn mau diet yah kalo udah liat kae gini tumpah ruah semua n tampang enak2 semua , ha22222

G kesana sampe bawa Box plastik bekas tmp Ice Cream spy bisa diisi banyakan . Kan dari dia cuman pake plastik tipis yg bisa mletat/mletot jadi g dah siap bawa box yg patent deh ! mami g doyan banget kue talam ebi nya .

Our suggestion >> Talam Ebi yg agak beda sama Talam Ebi Jakarta or Belitung . Kalo yg Ie Suan Ponti >> toppingnya pake cincangan Cai Poh plus ebi , rasanya manis2 sedikit asin gurih wangi khas lobak asin(Cai Poh). Unik , enak deh apalgi disirem cabe cuka nya , wawwww syedeppp slurrrrppp !



Kalo suka kucai bisa beli yg talam kucai juga , isinya irisan daun kucai ! tapiii menurut g enakan yg ebi . Mabok rasanya kebanyakan daun kucai nya , tapi unik lohhh patut dicoba juga deh ! sirem pake cabe cuka jadi manteppp juga !

Selaen itu masih jenis talam asin >> Talam asin Talas , toppingnya idem pake cacahan caipoh n ebi , enak sih tapi g prefer yg original Talam Ebi ! Selaen jenis asin masih bnyk jenis yg talam manis2 >> Talam singkong , Talam singkong kelapa muda (kata enci talam ini yg suka dicari org) yg manis2 g lom pernah cobain kata tmn g OK lah !



Pokoknya bisa gubrak deh kalo kesana rasanya ini/itu pengen dibeli . G udah brapa kali kesana , maren ini nekat bawa digicam krn mau moto . Minta ijin sama enci nya , mula2 dia terpana heran buat apa g poto ? stlh g jelasin dia mempersilahkan dgn ramah . Wah seneng de g bebas poto2 … ha222 Laen kali kalo ke ITC MangDu don’t miss Ie Suan ya !!!!!!!





23 comments:

Yulian said...

wuaahhhhhhh Venn.....uda brp taooon kali gw ga liat & makan talam ebi *pdhl jan kmrn baru aja mudik* enak bangetttttttt tuhhh hahaha
chai kwe (choi pan) juga kayaknya enak tuh!!
gw biasa gituan kudu impor bawa dari sono. taunya di itc mangdu ada yak hehe. minggu ini mo ke mangdu nih kebetulan nyari goody bag buat Jeslyn :D

yendoel said...

nah Ven .. yang ini kayaknya bikin ngiler .. kayaknya enak banget..asal jangan terlalu over pakai gula nya.dulu ke ITC mangdu kayaknya belum ada yang ini.

Vin said...

Ven, kantin Ie Suan kedemenan gw.... nemuin juga gk sengaja, abis rame bgt, jadi ikutan aja nimbrung... Coypan itu loh, enakkk dan sambelnya nampaRRRR banget, wkikikiki, trus Bugis Mandinya juga enak, slrupp....

Btw, lo foto2 gitu gk ditanya tuh sm encinya yg suka jutek bgt sama mbak2 pembantunya??? hihihii... jadi pengen niy Ven... ayo tanggung jawab!!! Kantor deket mangdu yaa??? Ayo liputan makanan sekitar mangdu, diulas yaa Bu... ;p

lily said...

wakakakaka.....VEN semua macam jajanan pasar diatas familier banget ama gw...maklum org ponti..hahaha.
Iya kalo chai kwe *dialek tiociu*(choi pan) yang enak isi kucai...mantap dah pokoknya
& trus ada somay isi bak eunak...eunak....langsung ngiler nih...hehe.

Pucca said...

emang itu makanan khas ponti ya? boljug tuh kalo gua ke mangdu gua cariin, tapi gua jarang ke mangdu sih :P

yun said...

gue kok plg pengen malah siomaynya hehe... jarang mkn mknan ponti si gue

cicitcuit said...

Pengen.. ngiler.. ngidam... huuuaaaa... membayangkan talam2 itu berada di mulutku... klamut.. klamuut.. nyam..nyam..nyam..

"encinya manizz agak gemuk2 kata dia mirip Inul pdhl enggak sih , ha222"
--> enciknya narsis juga yaa hahahaha

veny said...

>> Yulian iya YUl bsk2 lo kesana skalian mampir deh , Jeslyn mau ultah yah ?

>> Yendoel kalo g prefer yg asin Yen ! tp yg manis2 juga enak koq !

>> Vin masa g disuruh tanggung jwb ? he22 lo kesana de sabtu ini . encinya ramah koq ama g malah dipersilahkan poto2 , he22

>> Lily lo org Ponti yah ? pantesan lgs ngiler he22 .

>> Pucca lo cobain sesekali Vi ..enak2 deh !

>> Yun lo musti coba kalo plng ke INdo , siomay mah udah biasa .

>> Cicit iya Cit si enci narsis deh ! dia blng mau ikutan dipoto he222 , talam2 nya enak2 Cit , cobain yg asin2 deh ! sirem sambel cuka yummy deh !

Since-Yen said...

Makanan Ponti, aku malah belom perna nyoba. Serba talam toh.
Kalo talam yg manis sih sering dibikin mama, tapi kalo talam yg "asin" belon pernah tuh. Pengen nyoba... hayooo tanggung jawab Ven!!

veny said...

>> Cobain Sin kalo plng INdo , jajanan POnti enak2 koq ga melulu talam sih . Tales gr nya enak koq , juga choi pan kucai ! sipp deh !
masa g disuruh tanggung jawab , ogahhhh he22

naki said...

ven gw koq ga perna ngeh yaa sama kantin ini , padahal gw kan dulu sering banget bolakbalik di mangdu :P

duhh chipan-nya , ngileRrrr

Santi said...

pake babi ga ven :p gue ga suka piggy soalnya :d..talam dirasa asin2 gt pake chaipo dkk mang enak?bukan lebi enak rasa asliny yang manis2 ubi gt...yg bikin ngiler ni foto2 u..hehe..bagus ..jd pengen nyoba..

Judith said...

Wow.. baru tau tuh hidangan dan jajanan a la Ponti, tampak nyammi Ven :D jadi pingin nyobain Talam ebi :P hhmmm ..

Im3th said...

Ven, gw balik dari alam pertapaan hihihi. Ven,kue ponti di mangdu, gw juga suka tuh hihihi, dulu nemunya juga kebeneran, karena lagi nyasar2 nyari toko sobat gw, eh malah akhirnya gw nongkrong makan dulu hehehe.

veny said...

@ Naki ..laen kali lo mampir n cobain ya .

@ Santi >> ga pake biba San ! enak tau . g malah prefer yg asin dari yg manis , unik pake chai poh cobain deh ! sirem cabeee . asik deh !

@ Judith >> bucil laen kali cobain yah pasti enakk !

@ Imeth .. yah g ga heran lo tk mkn , hee2 pasti udah ngider kemana2.. hua222 lo nyobain nya yg Ie Suan bukan ? soale di lt 4 itu bnyk banget yg miirp2 kae dia .

somepathtoremember said...

gw lupa Ven, itu dagangannya Ie Suan ato bukan hihiihi, tapi enak koq beneran hehehe

A.G said...

Walah ngileh abis gini pagi-2 liat jajanan ponti ::D dlewer.. dlewer ... talam ebinya kyke enak.. aku ada resep dibuku

Veny said...

>> Ayin .. he22 Ayin pasti bisa lah bikin kudapan kae gini , wong jagonya bikin kudapan !

>> IMeth pokoke yg paling ruame deh .

Anthony Harman said...

Pengin juga Ven, ngicipin yg ada di kantin ini. Hehehe... kira2 kapan ke Jakarta lagi yah

Tiwi said...

Huaaa...kalo mampir blog ini harus siap2 kenyang duluan nih, kalo engga bisa kebawa mimpi saking ngilernya hahahah...

nia said...

wah ntar gw coba ah kalo ke mangdu hehe...
btw,happy valentine jg yah, ven...
gbu2

veny said...

>> Anthon & Nia bsk2 kalo ke MangDU cobain yah ! enak de slruurppp !

>> Tiwi kasian de lo Wi, kalo deket swearr g kirimin , he22

themahdavinovel said...

*Salam kenal ya...,

*Oh iya sy mengundang anda tuk membaca Novel sy yg berjudul HEXVERSTOONE di blog saya, kl gak keberatan sekalian di follow, mohon dukungannya

*Salam hormat