Monday, February 02, 2009

Solo akhirnya kesampaian juga …


Dari Sarangan crtnya mereka langsung bertolak ke Solo , biasalah ada brapa tempat makan yg wajib dikunjungi . Pertama2 mereka makan Timlo Sastro yg udah terkenal dari omongan temen n info kuliner di tipi . G liat poto nya mereka mkn di deket pasar , meski katanya ada cabang laen di Ruko Tugu Lilin . tempat nya yg di pasar jelek rungsep , cuman kios sederhana tapi yg makan cukup rame . G baru tau yg namanya Timlo Solo kae gitu ada sosis solo yg dipotong2 , telur , ati/ampla . Kata yg makan sih sedeppp , harga cuman sekitar 10 rebuan plus nasi wahh g ngiler jadinya , ha22




Dari sana pergi ke Pasar Klewer , itu pasar paling gede jualan batik di Solo ya ? banyak becak2 Solo yg khas bentuk atapnya yg melengkung , kliatan semerawut yah . Ada gapura/gerbang khas Jawa di deket pasar . Yah namanya juga pasar , begitu deh ! ha22 sekedar pengen liat aja , ada apa di dalam pasar ? beli brapa potong batik & selendang batik saking banyaknya sampe teler liatnya



Kelar ngiter2 pasar mereka lgs check in di Novotel ., trus istirahat . Waktu malemnya rencana mau mkn Nasi Liwet Yu Sani ehh pada kuciwa krn belom genap jam 9 udah abis tuh dagangan Yu Sani , akhirnya makan di Harjo Bestik (beefsteak) >> Bestik ala jalanan gitu loh ! murah meriah cuman kisaran belasan ribu seporsi . kata nya sih boleh juga , wah lagi2 g ileran deh krn kagak ikut . Yg enak katanya yg sejenis risoles tapi dari bhn telur dadar isinya daging cincang disirem saus bestik ala Harjo , wuahh mantepp boo ! Sayang penampakan nya ga gitu jelas krn suasana di dlm tendanya agak remang2 ,, maklum di tenda .



Besok paginya , kelar B’fast di Htl (mayan juga kata nya) lgs deh ngacir lagi cari oleh2 mau cari Abon Sapi terkenal khas Solo . G udah pernah dikasih abon Sapi dari Solo enakk deh dagingnya masih geluntungan tapi garing kering trus daging masih bersari gak anyep . Tapi g lupa yg ngasih tuh sapa jadi ga bisa di trashback sumbernya , ha22 terpaksa tanya org n searching di inet hasilnya >> Abon Varia ! Pas g cobain wuahhh jauh de rasanya dari yg pernah g mkn dulu . Duh tuh abon beli dimana yah ? Tapi merek Varia udah mendominasi per-abon an di Solo sih jadi tanya kemana2 jawab nya : Varia ! Sealen abon sapi , bnyk gorengan2 lain spt paru sapi , belut kering . Yg paru sapi enakk banget renyah garing gurih !

Kelar beli Abon >> nah giliran Srabi Notosuman serabi legendaris dari jaman jebot . Ga kesampaian g cobain smp sekarang . Cuman bisa liat poto nya & komen nya “enakkk ! waktu g ke Yogya pernah liat ada cabangnya di deket yg jual bakpia Pathok tapi udah tutup , gigit jari deh ha22. Serabi yg coklat atau yg original semua sama enak nya , smp ke dapur tuh team liputan khusus g suruh poto , wakakakk . Sayang yah g ndak bisa icip2 tuh srabi nge Topp . Perbuah dijual Rp.1.200,-- yah masih murah lah !

Siangnya mau icip2 Selad Solo yg terkenal juga , berdasarkan rekomen >> Rest. Kusuma Sari di Jl. Yos Sudarso . G juga baru tau yg namanya Selad Solo yah kae gitu >> Bistik kuah dgn sauce encer asem2 manis seger . Emang sih daging cuman brapa iris tipis2 trus kentang & sayuran dikit2 n salad mayonaisse . Murah cuman 8000 rp, kaget juga g denger harganya cuman segitu . Wahh Solo beneran banyak harta karun makanan ni’matt n mumer .



Kelar icip2 Selad Solo lgs deh mereka pergi liat Candi Prambanan , meski semua yg pergi dah pernah liat tuh candi teteup aja Candi Prambanan ga dilewatin untuk diliat lagi . G juga kangen krn baru liat sekali sewaktu jaman sekul dolooo banget . Pengen tau seperti apa skrg . Siang itu komplek candi mayan bnyk turis nya , panas matahari begitu menyengat tapi tetep semangat poto2 ha22 . Di dalam komplek candi ada brapa candi kecil2 yg g lupa nama2 nya , ada yg masih di restorasi . Sayang yah kalo ga direstorasi , gimana pun itu warisan dunia buat dilestarikan bukti bangsa Indo duluu juga bangsa besar . Hebat kan bisa bikin candi cuman susun2 aja pake batu n bentuknya indah lagi . Makanya kalo liat org ga sayang sama warisan budaya g suka miris n kesel sendiri , koq bisa yah org ga pny sense of belonging ! ha22



Dari Solo crtnya mereka lgs mau pergi ke Purwokerto (last destination) mau ziarah ke makam Popoh g disana , tapi masih ga puas tuh keliling Jawa .. pake mampir dulu ke Yogya lewatin doank ha222 (BERSAMBUNG) .




23 comments:

Judith said...

Ven .. aku dibesarkan di Solo oleh kakek nenekku dari pihak bapak. Jadi tambah kangen gitu liat pasar Klewer :( karna dulu waktu kecil aku sering nderek/ikut eyang putri tiap kulakan/belanja batik di pasar Klewer. Trus itu hidanagn ala warungnya oohh .. nyam nyam banget! Coba juga Ven ragi/srundeng Varia nya .. uenakk lho, renyah banget! Ditunggu cerita selanjutnya ya Ven :)

yun said...

ven gue lagi pengen mkn mknan solo malah elo pasang ini foto2 ck ck tega nian hahaha
skr ada timlo yg menurut gue lbh enak dan gurih drpd timlo sastro ini ven... tp bukanya malem doang sih... yg pastinya masi banyak kuliner solo yg harus dicicipin hihihi

Im3th said...

Hahaha Ven, lo tanggung jawab tuh ama Yunike hehehe, gw juga ngiler ney ama timlo sastro. Maknyusss rek! Ven, lo gak salah serabi 1200 kayanya terakhir gw beli cenggo deh satunye hehehe apa udah turun harga ya?Ven, smg lagi bangun jalan tol smg-solo, katanya nanti kalo dah jadi , jarak smg-solo bisa ditempuh cuma 45-55 menit, dibanding sekarang ini yg kudu 2,5-3 jam. Asik kan! ayo nanti kalo dah jadi lo ke smg, trus abis itu cabut kita ke solo..berangkatttt hehehe

Im3th said...

Ven, sorry numpang nanya ya.

@Yun: timlo apa yun yg lebih enak dari sastro? gw pernah maem timlo mlm2 namanya timlo maestro di dekat pasar pon Solo, rasanya mirip sastro deh Yun, trus kata suami gw itu mantan menantu-nya sastro, setelah cerai dia buka timlo maestro dengan resep yg ampir mirip sastro. Maksudnya timlo maestro ato bukan Yun?

lily said...

Duh ada selad solo ama timlo, gences ces deh...!!!*jorok mode on*
Jadi ingat waktu kesolo dulu pokoke harus nyari timlo ampe dapat..hehehe.

yendoel said...

Ven, kalo dengar makanan dari jateng, jatim dan sekitarnya, rasanya kurang tertarik, langsung kebayang semua rasanya manis. pernah coba lontong balapan,gudeg ..terus apa lagi yah..sampai lupa namanya. karena manis, gak suka.
yang aku bener2 suka tuh pecel malang, soto lamongan, sama sate ayam (yg bumbu kacang).
timlo itu manis apa asin? pedes?

veny said...

>. Judith Solo emang bikin kangen yah , makanan maupun kota nya yah ? Serundeng varia enak ? laen kali de kalo ada yg kesana nitip

>> Yunike kasian deh lo Yun , g aja lom nyicip udah ngiler ha22

>> Im3th wah masak g suruh tanggung jawab ? weleh2 ha22 eh Srabi tuh kata ponakan g 1200 , apa dia salah ? yah beda tipis lah 300 perak kan ? he222 murahlah !

>>Lily enak yah Li ? g sndr aja lom nyoba jadi ngiler deh !

>> yendoel yen lo dari sumatra sih yah jadi mgkn kagak cocok ama lidah org Jawa , bagi g mau masakan sumatra, jawa, sunda , bali OK smua apalagi oriental or barat , india sekalipun asal enak2 aja , he222

Tiwi said...

selad solo nya menggoda iman nih...jadi kangen Solo, muter2 di pasar Klewer.

A.G said...

Wah Ven aku jd ngiri kiy.. kamu bs nginep n klenong-2 di Solo aku cm bs lewat tok :(( tp sek penting aku udah tilik simbah di COmbongan, sukoharjo... ditunggu lg yooo.... :)

veny said...

>> Tiwi ngidam selad solo Wi ? masak sendiri deh ! he22

>> Ayin sayang yah kamu cuman lwt doank, bukan aku yg jalan2 itu mami n kakak2 gw tuh

Anthony Harman said...

Yang namanya Timlo emang uenak banget, Ven. Di Surabaya gak ada celakanya.
Tapi, kalo ke Solo, ada yang kurang kalo belum maem soto kwali. Itu juga menu wajib loh

nia said...

wah timlo enak buanggettt d ven....

Since-Yen said...

Lha.. itu timlo kamu sendiri 'gak nyicipin toh Ven?
Pernah dari Jogja khusus ke Solo, cuman buat nyari kue waktu itu. Tapi lupa judul tokonya. Ngekor temen critanya :D

veny said...

>> Ton ember di Solo amsih bnyk kuliner yg wajib icip kt tmn2 .. laen kali g ikut deh !

> Nia kpn ke Solo Nia ?

>> Since yah iyalah Sin g kan kagak ikut ke solo , g tau itu tk kue Orion yg jual kue lapis mandarin kan ? famous tuh ! tapi g bilang rasa biasa aja , kalah lah yauww sama kue2 di Jkt , he222

naki said...

gile ven , itu makanan koq murah banget yaa , gw jadi curigation , kekekekeke

gw trakhir ke prambanan cuam ingetnya angin-nya kenceng dan berpasir , kelilipan trus dah gw disana :P

noni said...

Aduh ven... lagi laper2 gini liat timlo solo.. jadi perut langsung bunyi deh... :-)

Duh kapan ya ke Solo lagi. aku doyan banget makanan2nya...

Veny said...

>> Naki napa lo curiga ? wekekekkk ?

>> Noni makanya cepetan mudik Non, jelajah Solo, Semarang , Cirebon !

noni said...

Ven, aku mudik 3 minggu lagi, tp kayanya cuman bisa ke cirebon... ortu sih udah ngajakin ke semarang, jogja & sekitarnya; tp aku cuman 3 mg di Indo (itu aja 1 minggu di bali).. jadi ga keburu :(

Gpp deh, untuk sementara ngiler aja liatin foto2 makanan di blog kamu ini. :-)

Btw, have a good weekend ya...

yendoel said...

masakan jawa, yg bener2 aku doyan tuh soto. iya tuh, terlalu manis2. tapi masakan ibu kok yg orang jawa, aku cocok2 aja. mungkin dia udah adaptasi kali ya rasanya.

gege said...

ven, klo nurut g ragi/srundeng varia biasa, tp emang kering banget, cocok buat tambahan lontong capgomeh hehe..klo yg suka katanya enak seh...

trusss....minggu lalu g abis dari tawangmangu, eh...g baru tau ada tempat outbound baru disana, tempatnya sebelum tawangmangu
kata temen g pernah masuk tipi, namanya griyakula...tp makanannya moahaaal bok! imeth uda pernah ke sana blom tu? masak
utk 8 org dg jdl makanan/masakan desa (?) lupaaa....330ribu seh? (+ppn).
sayang pas g ke sana ga sempat poto2 (kebiasaan jelek hihihi...).

idem ven, orion g blg biasa aja seh..
btw, serabi notosuman ke arah cibubur ada yg jual lhoh! tp lupa 1 biji brp. kemarin waktu ke cibubur temen g sempat beli.
cuma sayang pas kita beli udah ga panas. katanya klo pagian msh panas dan stok ga banyak...

veny said...

@ Gege .. iya LIn ntar g tny Imeth Griyakula yah ! Notosuman ada di cibubur ? jauh amatdari tmp g ??? mendingke solo aja de skalian , hua22

@ Noni , met pulkam Non , jgn lupa acara kulineran yah

@ Yendoel masakan jawa ember agak manis2 tapi g sih cocok aja , masakan sunda yg manis2 juga ada sih contohnya >> Mak Uneh di Bdg semua masakan cita rasa manis2 , he22

Anonymous said...

Toko abon di solo g cuma varia lho.. masi banyk kog t4 jual abon yang enak..namanya Abon jempol. mlahan abon jempol yg lbh ptama ada..
t4 nya di:
Jl. Tejosari No.10 Gading, Solo
no. tlp (0271) 655401
coba aja dee...

Veny said...

>> Anonymous Thx yah atas rekomen tmp jual Abon Jempol , Iya Varia biasa aja rasanya , ntar kalo ada yg ke Solo aku nitip deh , thanks yah