Thursday, February 18, 2010

Tumis Kacang Panjang Daging Sapi


G doyan masakan ini enakk apalagi pake kcng panjang asli dari Pontianak . Pada lom tau yah kalo kcng panjang dari Ponti gede2/gendut n rasanya garing . Beda ama kcg pjng biasa atau yg langsing warna ijo tua itu .

G bisa tau ada kcg pjng kae gini dari tetangga g , satu hari anaknya plng dinas dari Ponti jadi dibawain segebung kcg pjng yg bentuknya aneh banget menurut g , serem wkt liat pertama kali krn gede, gendut & melingker2 warnanya ijo muda pucet . Kalo yg penampakan dibawah ini jauh lbh langsing n warna lbh tua tau napa skrg dibawain yg kae gini , dipoto terlihat biasa aja yah pdhl aslinya tuh kcng panjang gemuk2 .



Nah itu kcg pjng ditumis sama daging sapi ala masakan mama g . Rasanya enakk banget , resepnya gini :
Daging sapi has dalam potong tipis2.. lumuri dgn seruas jahe iris tipis2 , angciu , kecap ikan & sedikit sagu , sisihkan . Kcg pjng potong2 cuci n tiriskan . Bawang putih 2-3 siung digepruk atau cincang kasar. Saus tirem , vetsin, merica & dikit gula pasir .

Caranya : daging dimasak dulu terpisah spy ga kelamaan wkt menumis kcg pjng . Tumis bwng putih dlm minyak secukupnya , kalo udah harum masukan daging aduk2 & kasih air/kaldu secukupnya untuk mengempukan kalo daging dah empuk sisihkan .



Kemudian sedia minyak n bwng pth untuk tumis kcng pjng nya , tumis spt biasa kasih air spy empuk tapi jgn terlalu empuk krn lbh enak dimakan garing2 .. kalo udah pas masukan daging yg udah matang tadi , tambahkan saus tiram, vetsin & sedikit gula pasir aduk2 tambahkan kaldu biarkan sebentar , kalo kaldu udah tinggal sedikit kentalkan masakan dgn sedikit larutan sagu (kalo ga mau jg ga mslh) . angkat & hidangkan . Pasti enak deh !





21 comments:

santi said...

waduh ven..liat penampilannya aja udh enak gt..ngecesss....nti d gue coba bikin :D...malesnya kl cah sapi..takut ga mateng gt..biasa parnoan :D..secara kl masak sop kan rebus berjam2..wakaka..nyontek ya resepnya..nyam2..mang yg ponti punya kacang panjang lebih enak..lebi garing en gemesin gedenya.wakaka

Pucca said...

gua baru tau ven kacang panjang ponti enak, kacang panjang ini makanan fave gua nih skarang dikit2 tumis kacang panjang, tapi gua cuma pake bawang putih, gak pake sapi hehehe..

twinsmommy said...

Wah g paling doyan nih tapi amannya dagingnya di cincang lebih mantap lagi mirip di red bean hehhee

Yulian said...

gw yg org ponti baru tau kalo kacang panjang ponti lbh ndut2 :D
itu keliatannya enak banget, Ven. sapinya keliatan sedepp!! gleg!

eh ya gw uda cobain udang tepanyaki di bdr jkt akhirnyaa. enaakk kog

Veny said...

@ Santi & Viol iya tuh aneh yah liat kc panjang segitu gendut2 . g jg baru2 ini aja tau . harga di Jkt cukup mhl kan ?

@ Liza iya LIz bole juga idea loh , jadi anak2 bisa ikutan mkn , sluurrrpp !

Veny said...

@ Yulian hua22 payah de nih org Ponti kagak tau , cobain Yul sesekali kalo ada yg pulkam lo minta dibawain deh . Tumis bersih pk bwng putih aja dah enak apalagi pake daging . yummy
enak kan udang teppanyaki .. ngiler gw !

once_alifetime said...

Tadinya gua lihat di pasar, gua kirain itu kacang panjang yang udah dehidrasi ha..ha.. sampe ada ibu2 yang barusan beberapa hari lalu bilang itu emang dari sononya dan lebih enak, gua sih belum nyoba:P

Selvi said...

kalo gua nga doyan kacang panjang. jadi pasti makannya sapi saja. tapi kalo dikirimin, nga nolak kok. hehehe

nie said...

hmmm aku doyan ini... hehehehe.... doh jadi ngiler dehhhh...

Angel said...

wow gendut banget kacang panjangnya :)) enak tuh pasti. lebih krenyes krenyes klo digigit :))

veny said...

@ Elisa nah itu dia sesekali bu dokter masak kc panjang Ponti yah ? ha22

@ Selvi yah napa lo ga doyan Sel ? ntar g masakin percuma donk ?

@ Nie masak yah Nie spy ga "monotone" hua22

@ Angel iya gemuk2 montok Ngel , rasanya di supermarket ga ada deh , musti di pasar tapi ga stiap saat ada . kan musti import lgs dari Ponti jadi harga mhl . keren yah . hi222

Arman said...

gua suka sapi tapi gak suka kacang panjang. hehehe.

dr. B said...

wah gw biasa daging nya dicincan ven trus dipakein tausi gtu ehhehe

yenni 'yendoel' said...

thanks resepnya ven. simple. kapan2 dicoba ah...

veny said...

@ Arman wahh lo pemilih juga ya mkn sayuran hijau .

@ Dr B Iya bs pake daging cincang , tp pake tauco g lom pernah tuh ? coba poto donk masakan ala lo itu .

@ Yendoel iya dicoba yah Yen !

mom4kids said...

Hmm kliatannya enak banget nih , saya seringnya pake buncis krn susah mendapatkan kacang panjang ..

salam kenal ya

noni said...

baru liat kacang panjang segendut2 kaya gitu Ven; di sini ada sih kacang panjang kurus2 tp krn mahal biasa pake buncis. resepnya gampang nih, aku contek yah. hehehe..

Aris Munandar said...

bukan tauco, tausi lho yg item item gtu, tauco yg coklat bukan?

veny said...

@ Mon4kids salam kenal juga ! iya pake buncis juga okeh koq!

@ Noni alen kali suruh mami bawain dari JKT Non !

@ Dr B . iya Ris g salah tangkep mustinya Tausi yah "kedele item", kalo tauco kedele coklat2 yah he22

Clo said...

sama buncis baby enak mana?
skg di supermarket jakarta udah mulai banyak kacang panjang model itu tapi ga berani beli takut ga enak hehhee...
nanti mau coba ah...

Veny said...

Kalo baby buncis udah biasa Xiao , enak sih
tapi yg ini laen dr yg laen , bentuknya aja dah aneh rasanya tak terduga mantappp !
cobain sesekali masak yah , pake daging cincang juga boleh tuh !