Tuesday, March 16, 2010

Nasi Kuning kenang2an


Uda brapa lama ini g pengen banget mkn nasi kuning di Bandung yg dulu g sering mkn kalo kesana . Dulu waktu SD kalo liburan sekolah g suka ditaruh di Bandung di rumah popoh/grandma g . Nah deket rumahnya ada satu warung nasi kuning yg g blng enakk banget smp skrg kebayang enaknya , sampe ngiler2 kalo inget .

Minggu lalu , adek g anter nyokap ke Bdg bezook my uncle yg lg sakit . Pulangnya dia bawain nasi kuning yg g ributin udah dari kapan2 ha22 . G kaget juga tuh nasi bisa ada di rumah lengkap dgn lauk pauknya . kebayar sudah ileran g selama ini . Lgs g icip2 deh tuh nasi kuning alias yellow rice manteuppp bleuketepp !



Nasi kuning ini jualannya di gang buntu namanya Gg. Tahang di deket Bakpau Ming Yen Jl. Sudirman Bandung . Jualannya mulai dari pagi2 smp tengah siang . Lauknya mulai dr telur , daging , ayam , tahu/tempe gr & sayur kentang tahu . Yg paling afdol sambel oncom nya yg dikasih tambahan rawit ijo yg wangi banget .

Yg g makan kemaren nasinya udah ga sewangi dulu lagi tp masih bolehlah , mgkn krn bhn2 udah mahal . Yg jualan turun temurun dari jaman nenek , anak, cucu mantu he22 . Tapi nasi kuning itu tetep bikin g kangen krn sambel n lauknya . Di Jakarta g lom nemu nasi kuning yg enak , so kalo ada nasi kuning yg eunak pls info ke gw yah !




21 comments:

blessedfin said...

kayanya enak banget nih..coba nanti dicoba :)

nie said...

hiks... pagi2 disuguhi poto nasi kuning... jadi laper ven!! Kangen nasi kuning lengkap!

Pucca said...

ya ampun sampe segitunya ven, untung masih jualan nasi kuningnya.. udah berapa taon tuh sejak lu sd hahaha..

once_alifetime said...

Nanti kalau ke Bandung lagi gua mau nyobain ah, keliatan enak banget ya? Gua sebenarnya gak tll doyan nasi kuning, lebih demen lontong atau nasi sayur tp penampakannya ok:). Di tawakal gua pernah makan, rasanya lumayan sih.

Wulinarian said...

Aduhhh postingannya selaluuuu bikin laper! Tar mo bikin nasi kuning ah! Tp paling lauknya cm pake telor ma teri kacang hahaha.

Arman said...

wuiii menarik banget ven...
gua (dan juga andrew) juga penggemar nasi kuning lho...

Selvi said...

ven, gua mah udah lupa waktu sd demen makan apa gitu. maklum memori di otak gua kecil. hahaha.

gua jadi penasaran sama sambal oncom. rasanya gimana ven?

santi said...

yah gue taunya nasi tumpeng ven..kan nasiny kuning tu..hehe beda ga..yg paling enak cm bikinan dimuara karang sana...biasa kantor gue pesen...enak2.:D beda topic ya..haha..tp nasi kuningnya mang enak :)

Yulian said...

Ven, pernah nyobain nasi kuning langgi-nya dapur solo ga hehe? mayan sih mnrt gw :)

veny said...

@ Blessedfin & Wulinarian iya masak sendiri .. pasti bisa ! salam kenal yah !
@ Nie iya mang enak Nie , makan deh .. ha22
@ Viol yah udah long time ago lah wong dr SD
@ Elisa g nasi rames juga doyan , semua menu nasi2an g doyan . Lontong agak krg kecuali bikinan nyokap ha2222 kabuurrrr

@ Arman wahh si Andrew kecil2 jg doyan yellow rice ? tosss !

@ Selvi g msk inget bgt krn nasi kuning ini ampir g mkn tiap pagi wkt itu . Sambel oncom makanan org Sunda yah enaklah , masak pake sedikit santan pake salam sereh , lengkuas , oncom & cabe . enakk ! tp hrs pk oncom Bandung

@ Santi kl nasi kuning di tumpeng biasa campur ketan spy lengket , tp g doyan jg sih !
@ Yulian iya Yul yg Dapur Solo boleh juga

Y3nn1 said...

wew...untung banget masih jualan. Kalo ga jualan lagi kasihan juga iler lu netes ga henti hahaha....*joke*

Veny said...

@ Y3nni krg asem yah Yennnnn !! wkwkk

leo said...

Mantap, di seberang rumah gw ada juga, walau lauknya ga semeriah seperti di gambarmu, tapi yg penting seh harum nasinya hehe

eunike mk said...

hehe sesaat setelah tyg g sempat mo post komen ven, tp taunya postingan g error neh...jd skr aja komennya hihihi...maksa yah?

ven, lo demen ma nasi kuning ini gara2 sambalnya yah? hehehe...g jg doyan nasi kuning, meski di sini nasi kuningnya so-so gitu deh...kdg malah nasi kngnya cuma kuning aja, ngga kerasa harumnya...g justru lebih suka kering kentang yg siiippp hehehe...*ngga nyambung yah? hi3*

noni said...

Ven, dari kemaren mo nulis comment lupa terus.. hehe.. duh enak banget ngeces deh liat nasi kuning... dulu pas sekola di cirebon jg enakkk bgt nasi kuningnya, cuma 150perak. skr mah ga dapet kali ya. hahahahaha..

Jadi pengen bikin nih Ven.. duh gara2 kamu ngepost nihhh... cuma sayang ga bisa bikin sambel oncomnya :(

angel said...

ven.. ngiler venn.... :)) dari bihun yg kemaren di tweet sampe nasi kuning ini xD

Di bandung suka makan dimana lagi ven? keluarga gw demen bgt makan di mak uneh, yg di rumahnya (pusatnya).

veny said...

@ leo iya dah diduga di medan pasti bnyk makan enak incl nasi kuning nya

@ GG g mkn nasi kuning selaen hrs wangi nasinya , sambel & lauk pegang peranan penting menurut g . he22

@ Noni ha22 iya NOn di Cirebon pasti ada nasi kuning enak , ntar kamu bikin yah . ga usah pk sambel oncomlah krn disana susah oncom kan ?

@ Angel emang enak ansi kuningnya Gel , di Bdg kita suka kulineran krn mama g yg asli Bdg & sluruh sodara dia masih di Bdg , jadi selalu ada input makanan enak disana .
G juga suka mkn di Mak Uneh mayan kok , meski rumah nya ekcil n sempit kalo penuh . Tp menurut g masakan dia selera manis Gel . G Prefer Sambara yg di Trunojoyo atau Laksana yg di Sukarno Hatta ato Bumbu Desa pasir kaliki untuk masakan sunda.
makanan laen masih segabruk ada Soto pak Ento di Braga , Soto POh di Jl Klenteng , Cafe Bali , Rumah Kebun . trus mkn pinggir jalan di JL Cibadak . atao mangkal di Hypersquare kalo malem hari . wahh banyak deh .

Angel said...

iya sih manis :)) gw malah demen loh :P gw demen banget pepes tahunya. tahu bandung tuh enak2 trus lalapannya juga seger2. garing gitu klo digigit.

naki said...

errr .. gw ampir tiap ari nyarap nasi kuning deket rumah , hahaha

tapi gw mah orangnya ga bawel sih ven , asal ada tempe-perkedel-bihun-krupuk yang banyak plus sambelnya bejibun , gw pasti doyan :D

BabyBeluga said...

Waktu kecil nyokap suka beli tuh nasi kuning di Jl. Jend Sudirman tapi kayaknya bukan yg ini deh sebab tempatnya beneran di pinggiran jalan, pake roda gitu. Also, waktu kecil suka juga tuh beli nasi kuning Ny. Beng. Khas banget deh ada teri nya dan sambelnya dia tutupin pake potongan daun pisang. Di belokan Jl. Trunojoyo, gua lupa alamat benernya.

Anonymous said...

ada di bogor, di jl. semeru no.44. Bukanya pagi dari jam 6 sampai jam 10 pagi. Nama tempatnya Kedai Djendela. Enak banget, aromanya wangi, walaupun lauknya sederhana, tapi sambelnya mantap. Walau ada Kedainya, jualannya tetap pakai mobil dan spandk yang digantung di samping mobil (kayaknya biar orang kepancing beli) :P