Monday, April 19, 2010

Sambal Cumi

Sebenarnya g pernah posting resep sambel ini tapi lupa dimana , yah g tulis lagi deh disini , saking g penggila cabe jadi tiap ari musti mkn plus cabe , selaen cabe botolan di kntr g stock sambel terasi & sambel cumi juga . Kadang bikin sambel ijo ala Padang juga , lama2 g buka warung deh . ha22



Minggu lalu g rajin crt nya , minta mama g sediain cabe rawit , sereh & daun jeruk plus cumi asin . Sayang nya g lupa bilang kalo mustiya rawit semua jgn campur cabe ijo . Akibatnya mama g udah beli rawit ijo ¼ kg , cabe ijo gede ¼ kg . Yah udah iya aja deh !



Bahan2 lengkapnya :
½ kg cabe rawit ijo giling atau tumbuk jgn terlalu halus rada kasar aja .
¼ kg cumi asin bersihkan n potong kae cincin goreng kering
5 buah tomat ijo giling /blender halus.
6 butir bwng merah
4 btr bwng putih
3 - 4 btg sereh memarkan
Segemgam daun jeruk .
Garam , vetsin secukupnya .

Caranya :
Rawit ijo, tomat ijo & bawang blender atau tumbuk . Cumi cuci bersih & keluarkan isi nya , potong2 lalu goreng tiriskan . Tumis bawang dalam minyak yg cukup sampai harum , masukan rawit & tomat giling , tambahkan daun jeruk & sereh memar . Aduk2 kasih vetsin & kasih garam sedikit dulu , masak smp air agak berkurang (jgn sampe kering) . Kalau kering boleh kasih air . Cicip dulu kalo krg asin tambah garam . Sambel ini ciri khas nya asin & pedes . Jadi bisa dikira2 deh rasanya hrs gimana . Kalo udah cukup rasanya , baru tambahkan sedikit minyak sayur spy cabe agak mengkilap & masukan cumi asin yg udah digoreng tadi . aduk2 & angkat . Gampang kan , g demen cabe ini krn pedes n asin cocok buat makan nasi campur ala warteg . asikk deh ! sluuurppp !





22 comments:

Arman said...

menarik banget ven. pedes banget kayaknya ya. hehe.

Veny said...

@ Arman mustinya pedes tp yg itu krn separo rwt separo cabe ijo jadiii menurut g krg pedes . maren g bikin lagi full rawit 100% ha222. lo mah pass deh krn ga doyan cabe .

Selvi said...

gila ven sambal bertoples-toples buat stock? wuih gua kalo tiap hari makan sambal, perut gua panas bisa-bisa sakit perut.

Pucca said...

ya ampun lu bikin berapa toples tuh say.. mantep banget!! :D
tahan berapa lama ven?

once_alifetime said...

Keliatan pedaass tp enak ya? gua jg pengen tahu bs tahan berapa lama? masuk kulkas disimpennya?

noni said...

Ven, thank you resepnya. mo dicoba ah.. btw harus cabe ijo yah? Kl cabe merah harusnya gpp ya Ven? Jarang nemu cabe ijo di sini :(

Iya Ven, bisa tahan berapa lama di toples Ven? Kalo kamu mah kayanya bentar aja dah habis yah. hehe

Veny said...

@ Selvi kl g mah ga brasa pedes, perut g udah kebal Sel . he22

@ Viol & Elisa & Noni itu 1/2 kg jadi 3 stoples ga bnyk lah . tahan lama musti masuk kulkas . lbh bgs masuk dlm toples kecil2 spy ga terkontaminasi . kalo mo mkn kluarin dr kulkas , kalo dah kelar masuk kulkas lagi . g perna simpen smp 2 bln tetep bgs , asal jgn kena sendok basah or kotor . awet kok !

@ Noni pake cabe merah bisa2 aja sih ! cuman g lom perna coba . pake rawit ijo krn ada wangi rawit ijo yg khas , kl cabe merah kan baunya laen . he22

Lili said...

Mak Nyuss! Slurrrppp.
Biar kata abis lunch, ngebayangin cumi asin tetap ngiler :)

angel said...

woww itu nyetok sambel banyak banget :))

Y3nn1 said...

Waduh...beneran pedes banget nih, cabenya aja ampe 1/2 kg sendiri....salut ama lu Ven, hebat tahan pedesnya....gw udah keringetan duluan ^_^

Yulian said...

gleg...ngiler hehe
bikin kuis lagi ven, hadiahnya lontong sayur dan sambel cumi :P :P

Veny said...

@ lili bikin sndr aja Li , pasti bisa

@ Angel @ Y3nni ya namanya penggila cabe no days without chilli gmn donk ? he22

@ Yulian hua22 bisa aja lo Yul , lo bikin sndr aja gampang say , dulu aja kan lo perna bikin sambel tempe . kalo hadiah mkn an agak susah ah ! . ntar d kl g dah resign g jualan masakan aja yah , lo pade beli ya ! he22

美鈴 &彩香 said...

busettttttttt itu cabe ijo ven...
serem gw liatnyaa soalny uda ga bs mkn cabe siii..uhhhhh

Cooking-Gallery said...

Ini cabe kayaknya enak ya buat makan campur tekwan - sebenernya aku suka makan cabe, tapi gak tahan aja kalo terlalu pedes - pasti abis makan yg pedes selalu kembung krn terlalu banyak minum ;)

Veny said...

@ Sylvia hua2 ya iyalah pasti lo serem krn udah ga biasa mkn pedes.

@ Cooking Gallery ga tau ya apa cocok buat mkn tekwan krn ada aroma daun jeruk & serehnya plus cumi . kaenya lbh cocok buat campuran nasi bali atao nasi rames laen nya . Nasi Padang juga OK

nie said...

*Kagak ngiler!!!* HORE!!! Hihihi... secara aku ga doyan cabe plus ga boleh maem cabe hahahaha....
Tapi Ven, serem ah ngeliat bertoples2 gitu hihihi...

Anonymous said...

Pohhh,enak banget nich
Gw sukaaaaa - bryo

Veny said...

@ Nie ya iyalah sudah diduga nih org ga doyan pedes ha22

@ Bry apa kbrnya mak ? masih doyan sambel cumi ini ya ?

naki said...

yahh napa harus cumi ?? gw ga doyan :(

luvly7 said...

gleg!! Kayaknya enak nih Ven!! Tinggal makan pake nasi anget sama kerupuk + pete, udah bisa nambah2 keknyaa!!!
Gue jg penikmat sambel ... sambel ala elu ini mirip2 sambelnya bu Rudy Surabaya or sambel ijo ala Resto Padang yaa???

emmmm, itu gue liat udah di taro2in di toples ... mo dikirim kemana??? Udah punya alamat rumah gue pan??? Wakakakakkaaa

Dyna said...

sis ven bisa mesen ga setoples ?? xixixixi

Veny said...

ga dijual say , bikin sendiri aja ya ? gampang koq !