Tuesday, November 16, 2010

Nasi Bakar

Gara2 pada bikin nasi bakar g penasaran juga donk, apalagi pas kita dikirimin nasi bakar sama temen nyokap , koq enak n tampang lumayan ya ? trus kita tanya gmn cara bikin nya . Ternyata gampang !! ha22 tadinya g udah males deh kl susah ga bakalan mau coba mending beli aja .



Bahan2nya :
Nasi yg dimasak pake rice cooker spt biasa Cuma tambahkan sereh , salam & lengkuas kira2 aja . Jadi nasinya wangi . Gak perlu pake santan tp kl mau pk terserah aja .

Cabe merah & hijau yg diiris2 tipis serong
Bwng merah & putih yg di iris2 tipis
Daun kemangi atau daun melinjo (sesuka selera)
Tahu yg dipotong kotak2 kecil n digoreng asal .

Terus sediakan buat isinya :
Telor balado yg dibelah dua /
Udang masak cabe /
Sambel gr ati ampla /
Ikan peda / ikan jambal yg udah digoreng

Caranya :
Tumis bawang merah putih , cabe merah hijau sampe harum lalu masukan tahu yg udah digoreng , aduk2 matikan api . Masukan nasi yg udah dimasak tadi (yg sdh diberi salam, sereh & lengkuas) kasih garam secukupnya & vetsin . aduk2 smp tercampur rata , masukan daun melinjo atau kemangi .

Siapkan daun pisang yg udah bersih n jemur sebentar spy lemas , ambil dua lembar daun pisang taruh selembar daun salam sbg alas nasi (spy lbh harum) taruh nasi yg udah dibumbu tadi , masukan lauk sesuai selera ikan asin / udang cabe atau telur cabe , kubur lauknya . Bungkus seperti bungkus pepes atau lemper sematkan dgn tusuk gigi . Lalu bakar diatas panggangan atau pake tefflon juga bisa , balik2 smp daun agak sedikit gosong2 spy wangi . Siap disantap seppp deh ! ohh iya kl suka pk pete blh kasih irisan pete dinasinya , itu nasi wrn rada coklat2 krn wkt dimasak dikasih sereh , salam n lengkuas jadi bukan krn dikasih kecap !




24 comments:

ameykiyut said...

vwn, ngiler, cuman kalo gw bikin yg begini anak gw ga bisa makan, kudu yg ga pedes, tapi gw pengennnnnnnnn

Pucca said...

waktu itu gua pernah bikin juga ven, tapi sereh lengkuas ama daun salamnya gak dimasak idi rice cooker, ditaro di daun buat dibakar ama nasi doank..
lebih wangi ya kalo dimasak di rice cooker bareng nasi?

Yulia said...

mantap ven, untung gw abis makan mie. kalo ga kepengen deh ntar..

Belzy said...

wuihhh vennnn....nasi bakar lo napsuin bangettt....gue liat potonya sambil nelen ludah.....gue jadi pengen bikin ven....

once_alifetime said...

Untunglah udah makan siang, Ven. Bikin ngilerrr aja.

Veny said...

@ amey cabe buang biji nya Mey , jgn ksh telor n udang cabe pk ikan asin or ikan peda ajah .

@ Viol sama aja Viol cmn spy nasi dasarnya wangi duluan jd dipakein pas nasi dimasak , trus kl mo lbh sepp pas di daunnya lo ksh lagi salam & sereh

@ Yulia & Elisa hua222

@ Belzy bikin ya , gampang Bel . Yg susah aja lo lakonin he22

mamana clo said...

Nyam-nyam.. besok masak nasi gw cemplungin salam sereh ahh.. gw pengen bikin nasi bakar tapi males bakar2nya nih hahhaa...

nilola24 said...

wahh...gue jadi laper abis baca ini. Kayaknya gampang ya bikinnya. ntar cobain ah. thanks ya ven

epi said...

wew... gua baca nya sambil nelen ludah ven :)) mauu donkkkk, kasihanilah saya yg cuma anak kos ini wkwkwkwkw

Arman said...

gua belum pernah makan nasi bakar.. keliatannya menarik ya ven...

Veny said...

@ mamanaclo bakar nya kan gampang Xiao , ga dibakar gak enak .

@ nilola24 iya lo cobain ya

@ epi hua22 emang perlu dikasihani ni anak kost wakakakkk

@ Arman enak wangi Man !

BabyBeluga said...

Waduh beneran bikin ngiler abis. Mau bikin, kayaknya perlu banyak perjuangan dulu secara cari bahan2nya itu Mak, susah banget dan kayanya proses buatnya juga mayan yah. Aduh, ketauan deh gua pemalesan banget. Enaknya tinggal di Indo, makanannya bervariasi banget.

Anonymous said...

haloo, bikin ngiler banget nasi bakarnya, btw pernah nyobain nasi bakar pusat ndak? klo g nasi bakar seringnya beli yg nasi bakar pusat, enak juga, pake yg rendang mantep

Yuliana-Fun said...

wekkksss.... menggiurkan banget... gw dah puasa nasi neh 3 bln ven.. jadi ga bisa cobain deh nasi bakarnya hehehe :)

Cooking Gallery said...

Wah, Ven, makasih sama ide nya ya :). Belum pernah coba nih nasi bakar tp kayaknya enak nih jd pengen coba, apalagi aku masih ada daun pisang sisa buat otak2..Yum yum!

Selvi said...

dirumah gua buka blog elo dan gua kasih liat nyokap gua sambil bilang "Ma, bikin nasi bakar kayak gini dong, gampang kan?" hahaha. Tetap suruh nyokap yg masak.

Trus nyokap bilang "yah udah catet aja apa bahannya" gua bilang "Diprint aja di kantor"

Ijin print resep dan foto yah Ven :)
Thanks

Gua suka nasi bakar dari pakai teri, ayam bahkan polos pun gua makan dengan lahap. Nyam nyam

Veny said...

@ BabyBeluga ayoo Syl jgn males bikin yah ! bhn2 ga susah koq

@ Anonymous udah perna coba yg nasi bkr pusat yah bole sich tapi enakan bikinan kita hua22

@ Fun ya ampunnn uda puasa nasi 3 bulan ? hebat deh ..

@ Sinta CG cobain yah Sin lo kan jago masak . pasti gampanglah buat nya

@ Selvi iya gampang bgt Sel, nyokap pasti bisa . mustinya lo jg bisa cuman "males" idem kae gw wakakkkk . silahkan copy n print aja tuh resep . ga mslh ! iya isinya terserah aja pake teri, ikan peda atau jambal or ayam atao apa aja silahkan asikk dah

Mochachocolata Rita said...

ohhh buat wangi2an gitu yah (emangnya parfum hehehe) pasti enak dehh

sherinesky! said...

huahhhhhhh gila deh malem2 liat nasi bakar jadi laperrrrrr.. huhuhuhu.. rasanya kayak apa ya? mirip2 risotto kah?

Yulian said...

Vennnnn.....ngilerrrr abisssssss
gw doyan banget nasi bakarr!

glegggg
pengen ah ntar nyoba bikin sendiri jugaaaa. nyontek resepp elo Ven :)

Angels said...

gw demen banget ama nasi bakar. tpi yg isinya kayak lo gw baru liat ven ;)) gw biasanya dibeliin nyokap di pasar yg di diamond kecil. isinya paling cuma daging ayam jamur atau ikan cakalang, ada lgi yg rasa laen. tp pake telor gtu belon pernah.

jadi pengen pesen nasi bakar sama lo :)) hahaha

veny said...

@ Rita iya wangi2an kae parfum hua2

@ Sherinesky risotto ? g lom perna mkn ? beda kali yah lbh mirip nasi uduk tapi wangi baka2an nya gt .

@ Yulian iya bikin aja , gampang koq

@ Angels isi emang terserah Gel, bisa ikan cakalang , peda , teri , ayam jamur jg bisa apa aja . kl telor kan gampang jd itu aja lauknya . kl ada udang juga enak , empal juga okeh .he22

Aris Munandar said...

vennnnnn napsuin bangetttt

leo said...

keliatan seperti nasi goreng kampung ala malaysia ven itu nasi bakarnya