Sunday, June 10, 2007

Dapur gw bgn VIII


Kembali ke dapur … he222 rasanya udah ga bnyk lagi resep dapur gw deh , kasian juga si mami g yg tiap hari kebingungan mau masak apa today? dia rada males bikin yg rumit2 krn repot ga ada yg bantuin . Dia agak rewel sih kalu ada yg bantuin biasa di kumplen krn potongan sayur or daging ga sesuai selera dia . Kalu g yg masak dia ribut deh krn g motong asalan aja , dia blng ini ukuran ga sama ampunnn deh ! emang motong pake mesin musti bentuk n ukuran sama ?? ha222 itulah dia mami gw semua musti perfect . Udah berulang kali g advise >> udahlah kan yg makan kita sendiri jadi ga usah terlalu rapih ga bakal ada yg protes deh yg penting rasa sedap , tetap aja dia ga berubah kebiasaan nya


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Salah satu resep sederhana yg jadi fav keluarga >> Teri Sechuan masaknya gampang , hasilnya enak banget dimasak sama nasi anget2 .. Teri nya teri medan cuci brapa kali spy ga terlalu asin lalu goreng sampe garing jgn sampe gosong yah spy ga pahit , sisihkan . Iris halus cabe merah n hijau bentuk bulat2 , trus daun son (semacam bawang daun ) tipis2 bulat2 juga . Siapkan minyak secukupnya buat menumis cabe n daun son yg udah diiris tadi , tumis smp sedikit layu lalu masukan teri yg udah digoreng tadi , aduk sebentar tambahkan sedikit vesin n satu sendok makan penuh gula pasir (menurut selera , mustinya agak manis2 dikit gitu) aduk rata , matikan api , ga boleh dimasak terlalu lama ntar teri bisa melempem ga garing lagi . terus siram satu sdm minyak wijen aduk rata baru taruh dipiring & siap dimakan dgn nasi anget . enakkk deh ! Perlu dinget daun son musti cukup bnyk , kalu terinya segenggam daun son musti segitu juga .


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Trus pernah coba ga Tumis Bengkuang ? enak loh bangkuang yg manis n renyah itu ditumis pake juhi n daging (biba or ayam) >> caranya : Iris bangkuang memanjang spt korek api , sisihkan . juga juhi iris tipis2 memanjang n rendam dlm air spy ga a lot (juhi nya) . Begitu juga daging biba or ayam nya . Trus sediakan juga daun son yg dipotong2 sepanjang kelingking kalu ga ada boleh tuker dgn daun bawang aja . trus siapkan brapa siung bawang putih yg udah dicincang halus . Oh iya kalo dlm kuliner Chinese biasanya daging biba or ayam yg akan dipakai buat tumisan setelah dipotong menurut selera > dikasih kecap ikan, merica n edikit angciu (arak) ini temen g yg remind me , bener bgt kok ! Nah bawang putih nya tadi ditumis dgn minyak smp harum baru masukan dagingnya oseng2 lalu tambahkan juhi tadi oseng2 sebentar baru masukan daun son , jgn smp layu > terakhir baru masukan bagkuang iris tadi tambahkan saus tiram dikit , vetsin n kalu ga asin boleh kasih garam dikit , kasih kaldu dikit baru tuang sagu untuk pengentalnya dikit aja , aduk2 cepat lalu angkat . Jgn smp bangkuang terlalu layu ntar ga enak , ga garing n loyo tampilan jadi jelek . Cobain deh enak kok ! apalagi makannya disirem pake cabe botolan or cabe tumbuk hmmmm yummy deh !


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Nih Tauge satu lagi , biar murmer tauge tuh sehat jadi sering deh direkayasa dgn kombinasi apapun . Kali ini pake tahu kuning yg udah dipotong2 kecil n digoreng asalan dulu . Bicara soal tauge mami g tuh ampunnn deh !! kalo beli tauge dia selalu milih yg tauge putih yg gemuk2 n seger tapi kalo ga ada terpaksa yg putih rada ceking juga . Nah ini dia masalah nya , dia akan buang tuh kaki tauge satu2 & buang topi ijo nya . G plg takut kalu disuruh bersihin tauge , kerjaan printilan yg plng g ga suka . G suka protes >> biar aja deh tuh kakinya , kalo topinya di tapi aja biar gampang kebuangnya .. tapi dia kekeuh hrs dibuang tuh kaki . aduhhh tuh tauge kan bnyk n kecil2 .. g ga mau deh n jauh2 dari dia kalo liat dia lagi metik tauge . ha ha … . Nah Tumis tauge kali ini cuman pake bawang putih & merah iris , tahu kuning , daun bawang iris . Masaknya biasa kan , tumis bwng putih&merah , masukan tahu , bwng daun , tauge kasih garam, vetsin , merica aduk2 sebentar aja lgs angkat . tauge juga ga boleh diaduk n masak lama ntar jadi loyo n peyot ga enak diliat lagi . he222


Trus kali ini g tampilkan soup bening tahu n jamur . Ini kuah gampang masaknya , tp campurannya mayan bnyk >> ada tahu putih , kulit kembang tahu , KimCiam (bunga sedap malem) , jamur hioko , jamur kuping , Cha choi (preserve vegetables) . Semua bhn dipotong menurut selera , kalu tahu udah memanjang yg laen juga diusahakan potongan memanjang , gitu ajarannya . Oh iya dagingnya biba or ayam cincang kasar2 > trus udang juga cincang kasar , trus cincang bwng putih juga . Siapkan sepanci kaldu masukan daging & udang cincang tadi , masukan tumisan bawang putih yg udah dicampur kimciam, jamur , chachoi , tahu cemplung aja semua , trus masukan juga kulit kembang tahu lembaran yg udah dipotong2 kecil (sebelumnya udh direndam air yah) . Tambahkan garam, vetsin , merica kedlm kuah tadi , kalu semua bhn dah keliatan matang baru masukan kocokan telur , baru kuah dikentalkan dgn sedikit larutan sagu terakhir setelah api dimatikan baru sirem satu sendok minyak wijen . Biasa kuah ini dimakan panas2 dgn teman Kuo Tieh (Fried Dumpling) , wuah enak deh . Eh iya kalu mau dihidangkan biasa kuah dikasih kecap cuka yg warnanya gelap tapi rasanya asem2 gitu .


Kadang2 nyokap sering juga bikin lumpia sendiri , kulit lumpia beli aja di pasar or super market . Isinya bisa bangkuang , bisa tauge di combine sama udang cincang & tahu . bikin isinya dulu >> tumis bawang putih n merah yg udah diiris tipis masukan udang cincang tambahkan merica, vetsin , garam & sedikit gula pasir , masukan tahu yg udah dipotong kotak2 kecil terakhir masukan tauge or bengkuang . Aduk2 sebentar jgn lama2 spy tauge n bangkuang jgn terlalu layu . Oh iya bengkuang dipotong dadu2 kecil juga yah . Setelah isinya siap baru satu persatu dibungkus dgn kulit yg udah dibeli tadi , rekatkan dgn sedikit larutan kanji kental yg berfungsi sbg lem nya . Baru goreng dlm minyak cukup , bolak balik smp merata lalu tiriskan . Makan dgn sambel botolan or bikin sambel kacang . huhhh sedap juga deh .


Kdg kalu lagi pengen sayuran kita suka bikin gado2 ulek sendiri , tapi kalu lagi males biasa nyokap suka bikin pecel aja krn bumbu pecel dah ready di dapur . Sedep nya so-so lah ! Sayuran nya jgn terlalu bnyk macem biasanya >> kangkung , labu siam, kacang panjang & tauge mau yg laen juga boleh sih . Semua sayuran stlh disiangi dicuci bersih lalu direbus & tiriskan . Baru prepare temen nya spt >> tahu/tempe goreng atau kentang rebus . mau pake telur rebus yah silahkan . Temen makannya rempeyek (beli aja di pasar, ps deket rumah g ada rempeyek yg mayan enak , bisa juga emping or kerupuk) trus jgn lupa taburin bawang goreng . Jadilah pecel sedep yg biasa g makan siang hari . Sehat n murah!


Kalo nyokap udah bosen sama sayuran hijau yg di Pasar rumah g itu2 aja , dia beralih ke terung ungu . Biasa terung nya kita masak belado or pake cabe giling aja . Nah yg ini nyokap masak pake cabe giling . Cabe nya beli aja di pasar yg udah ready , trus kita tinggal tambahin bwng putih & merah giling n tomat giling juga . Terungnya potong2 menurut selera trus goreng sebentar asalan aja sisihkan . Tumis bawang , masukan cabe giling n tomat gilingnya baru masukin terung tadi tambahkan garam, gula sedikit, vetsin , kasih air dikit aduk2 bentar . lalu diangkat deh . Boleh juga lah .


Udang Goreng Asem >> biasa kalo ada udang gede yg ga abis dipasar nyokap suka borong siangnya . Bersihkan udangnya (kulit msh tetep ada) , trus ungkep udangnya dgn sedikit air yg udah dikasih asam jawa n garam , masak sebentar dgn api kecil Kan udang cepet matang ! Inget asem jawa n garam hrs cukup spy berasa! tambahkan sedikit vetsin . Setelah airnya abis , biarkan udang brapa saat spy asem n garam nya menyerap baru digoreng asalan dlm minyak sedang . Jgn lama2 gorengnya krn udang gampang matang , nanti udangnya menciut ga enak lagi . G biasa makan udang ini cocol dgn sambal terasi enakkk deh ! .


Maren ini nyokap bikin sambel mangga >> ini sambel terasi biasa ditambahin irisan mangga muda . rasanya seger enak buat cocolan udang gr asem tadi . Bikin sambel terasi biasa cuman pake cabe merah n kalu mau pedes tambahkan rawit , trus terasi dibakar dulu spy wangi & bawang merah , gerus semua bhn mau smp halus or setengah halus menurut selera aja , trus kasih sedikit garam, vetsin , gula pasir , terakhir tambahkan irisan mangga muda yg dipotong kecil2 , Gerus sebentar spy asem nya keluar … hmmm yummy deh .


Satu lagi nih >> Soup sayuran yg sering mampir dimeja rumah gw , g ga bosen santap sup ini krn kaya sayuran . Biasanya nyokap masak pake daging sapi or ayam . trus ditambahkan bola2 udang atau sosis kdg tambah macaroni juga. >> kalu mau tambah sosis biasa sosis direbus tesendiri krn suka mengeluarkan warna merah , ntar sup jadi merah ga bening lagi . Bikin bola2 udang kalu nyokap kerajinan , itu cincangan udang n biba dikasih sdkt garam, merica n vetsin , pulung2 trus direbus bentar baru campur ked lm kuah soup . Bikin sup semua dah tau kan cuman kebiasaan nyokap sebelum api dimatikan , dia tumis bwng putih yg udah diiris halus dgn satu sdm margarine , setelah bawang wangi , semua nya tuang kedlm kuah soup tadi . >> spy wangi katanya . kalo mau mkn baru tabur bwg goreng lagi

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Sekian deh resep2 dlm keluarga gw , sederhana & murmer tapi menurut lidah g sih masakan nyokap enak kok , ha222



5 comments:

Vie said...

Ven, sb-nya mandeg tuh.
Ya... mamiku juga gitu, kalau potong wortel musti diukir dulu pinggir-pinggirnya. Kalo mo ngrajang serong buncis musti sama tebalnya.

Kok mirip cara mamimu masak sup kayak caraku. Diakhirnya kutumis juga b putih cincang cuma kutambah jahe dikiiit aja di margarine, trus tuang semuanya ke sup. Aku pikir aku aja yang suka buat gituan.

maxie said...

he222 emang tuh g suka pusing deh kalo kebanyakan aturan dari dia , musti gini/gitu
pdhl g motong n masak juga ga acak2an sih . tapi tetep aja di kumplen mulu jadi males g masak , kecuali kalu dia kagak ada g bebas experimen .

eliza adam said...

kalo nyokap gue ngajarin cah tahu toge disirem kocokan telur terakhirnya, aduk2 sampe telur mateng. emang enak banget!!

maxie said...

Oh kalu disirem kocokan telur g ga pernah tuh !
ntar g coba deh , thx for masukan yah . he22

Anonymous said...

duhhh semua masakannya selera aku semua .....ngiler niiiiiiiiiiiiiiiiii