Wednesday, June 20, 2007

Makan Bacang …


Udah dua hari ini g mkn bacang , sehubungan dgn hari bacang ( Pe Cun) selasa kemaren g dapet jatah bacang dari tetangga seberang rumah . Tradisi chinesse ini dirayakan setahun sekali , biasa tiap keluarga menyediakan bacang . Bacang yg ada biasa nya >> bacang isi daging (sapi, biba & ayam) atau bacang polos (tanpa isi) biasa disebut Kueh Cang dimakan dgn air gula .

G suka banget mkn bacang tapi sayang seribu sayang nyokap g ga bisa bikin bacang , masalahnya dia ga bisa bungkus bacang . Bacang tuh susah dibungkus segitiga nya , kalu pun nekat sih bisa aja cuman ntar bentuknya amburadul ga bgs bentuk kerucut segitiganya . Dia kan paling anti liat barang bikinannya jelek . Jadi nasib lah g sekeluarga ga bisa bikin bacang sendiri. Ha222 sampe pernah g nekat suruh dia sediakan bahan nya ntar g yg coba bungkus soal nya menurut perasaan mustinya g bisa/mampu bungkus tuh bacang . Satu hari dia pernah udah ready sedia-in beras yg udah di aron , trus daging nya yg udah dimasak dgn daun bawang n jamur hioko . Enak deh tuh dagingnya yg coklat2 pake kecap manis . dgn rasa PD g mulai bungkus bacang >> yah ampun susah tau !! ga semudah dlm bayangan g , ha22 smp berulang kali g coba bungkus bacang dgn daun bambu itu , meleset2 ga bisa diatur tuh smp akhir nya g nyerah . Tuh kan !! kata mami g “emang gampang” !!

Kalo yg udah biasa mah gampang n cepet tangan bolak balik bungkus bacang , wahh g sedih deh ga bisa bikin makanan kesukaan g . Jadi selama ini kalu pengen makan biasa g beli/pesen aja or tungguin hari bacang yg setaun sekali itu . Biasa temen2 nyokap or sodara atau yg udah pasti tetangga depan rumah kirim bacang . huhhh enaknya .


Sebenarnya g suka yg ketan dibanding yg beras , tapi kalu cuman ada yg beras its OK deh . G doyan yg kecap nya banyak jadi terlihat kecoklatan . Beda sama nyokap yg ga mau bacang kebanyakan kecap jadi kotor liat nya , dia suka yg putih bersih hihhh payah de dia selera nya , ha222 . Biasa g makan disirem sambel baru yahud deh , kalu krg asin g kasih sedikit kecap asin . Maren tetangga g kasih “cuman” 10 biji tapi gede2 dia pesen di Jatinegara , g rasa harga nya sekitar 15 rebu kali sebiji . Kalo hari biasa bacang segede gitu dijual 8-10 rebu sebiji yg tanpa telur asin . Kalo hari bacang harga jualnya melonjak , maklum cari rejeki setahun sekali .

Kalo Kueh Cang g ga doyan krn ga ada isinya , cuman cocol larutan gula doank ! menurut g kagak enak . Selaen bentuk segitiga yg udah biasa kita liat, ada juga bacang yg bentuknya kae bantal , itu namanya bacang Konghu isinya selaen biba cincang , ada biji teratai nya . G mah OK2 aja asal daging nya mantap (daging bnyk n kecoklatan) plus cabenya yg asik . wahhh langsung santap deh kae siang ini g ga makan nasi cuman mkn bacang sebiji udah kenyang deh !




6 comments:

JiE said...

Hore.. saya lebih beruntung, mama saya jago bikin bacang. Kemaren lusa dikirimin dari Balikpapan (yeah my hometown). Ada yg nasi ada yg ketan. Untungnya dikirimin, kalo disuruh beli gak kuat euy.. mahal :(

maxie said...

yahhh , g iri deh ! hua hua ...
Eh Jie di Blpp ada resto kepiting yg terkenal , biasa org rumah g kalo tugas dari sana suka bawa plng tuh kepiting goreng , udah dlm kardus yg ready ditenteng .
wahhh iri.com de sama nyokap e yg bisa bikin bacang . ha2222

eliza adam said...

Ven...ketinggalan dong gue gak bikin bakcang thn ini...eheheh. gue bisa bungkusnya, tapi gak rapih sama sekali. gue doyan kue cang, tapi gak bisa makan banyak2 bisa enek, soalnya emang manis.
thnks ya kemarin2 ini tinggalin komen di dapurngebulterus, baru sempet kunjung balik nih stlh libur 2 minggu.

maxie said...

mending e donk LIz , g mah ga bisa amburadul banget deh . sedih kedoyanan g malah g ga bisa sama sekali bikin . ha222
libur kemana LIz ??
e rajin juga yah masak mulu ! bikin kue mulu .

eliza adam said...

libur pergi ke California jenguk bo-nyok, mertua, sodara suami...kalo mau ngeliat di http://fooddiary.blogsome.com.
lagi belon bikin kue lagi nih, baru bikin pudding doang :D

maxie said...

Oyy enaknya jalan2 , he22
yoi ntar g baca laporan nya di fooddiary.blogsome.com .