Saturday, August 18, 2007

Scenary of Urumqi …


Crt ini g dapat dari perjalanan sepupu g yg akhirnya bergabung ama g di Macau kemaren itu . G ga bisa crt detail krn tidak mengalami journey ini . Crt ini g rangkum dari hasil cerita2 malam di kamar Htl di HK , biasa tuh abis mandi ga brasa ngantuk jadilah kita suka crt ngalor ngidul . Seperti biasa sepupu g (yg suka tavelling round the world itu) kali ini diajak sama salah satu members jalan2 dia yg org Bandung . Org Bdg itu denger2 katanya ada wilayah wisata baru di China yg mungkin belom populer di Indo , jadi itu org cari travel di Bdg suruh arrange acara kesana dengan spesifikasi acara n tempat mana aja yg dia mau kunjungi . Jadilah dia mulai ajak2 members yg biasa bergabung dlm acara jalan2 nya .

Daerah Urumqi ( dlm bhs Mongol yg artinya lembah yg indah) kalu ga salah termasuk dlm provinsi ZhinJiang diwilayah china bagian barat laut . Penduduknya kira2 2 juta jiwa mayoritas beragama Islam , terdiri dari macam2 suku, selaen suku Han , Ulghur , Mongolia dll .

Daerah sana kebanyakan wisata nya gurun pasir , ada juga sih danau2 , bukit2 batu . Yg paling seru kata sepupu g kalu mereka mau pipis , aduhhh susah setengah mati kalu udah di gurun2 gitu . Ga ada Toilet terpaksa pipis dibelakang bukit2 or gunung2 batu . Yg ce sebelah sini , yg co sebelah sono , ha ha … Ga tau kenapa pemerintah belum membangun fasilitas Toilet disana , tapi fasilitas jalan raya udah lancar sampe kepelosok desa . Kalau pun ada toilet misalnya di sekolah2 , kantor2 kelurahan aduhh kotor nya minta ampun, seperti org di Indo org2 disana pun jorok juga . Jadi masuk toilet merupakan pemandangan yg mengerikan >> so mereka milih lebih enak pipis di gurun or BAB di gurun . ha ha… . Sodara g tuh paling takut panas jadi pipis sambil dipayungin sama temennya secara bergantian . ha ha ..

Kata sepupu g pemandangannya luar biasa , ga lama lagi pasti masuk dlm pasaran wisata di Indo yg ada skrg kan paling2 Zhujaiquo , Harbin , Quilin , Shanghai , Hangzhou dll . Itu sepupu g yg udah travelling round the world terkagum2 liat scenary disana , g sendiri ga liat jadi lom bisa kasih komen . Pokoknya dia bilang : hebat , hebat mulu . Sampe dia tanya e sanggup ga pipis di gurun ? kalu sanggup baru bisa kesana >> g reply : sanggup aja asal pergi kesana loe yg bayarin , ha ha …


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Perjalanan antar satu tempat ke tempat laen begitu jauh , kdg bus bergoncang2 juga sih kalu lwt jalan yg masih dlm pembenahan , pokoknya acara kesana menguras tenaga n tdr di jalan memakan waktu yg pjng . Tapi semua kecapean itu dibayar dgn pemandangan yg indah … itu kata dia loh !! he22

Begitu masuk kota >> mrk tetep bisa tidur di Htl2 bgs sih , makan di resto2 enak dgn jenis masakan ga kambing lagi trus makanan nya enak2 semua kata dia . Kota2 nya sih bersih2 dgn pasar2 buah yg g liat bersih yah , bnyk buah lengkeng n Leci yg emang waktu itu adalah musim nya . Leci disana gede2 dgn kulit yg segar sehingga daging buah ga lembek spt Leci yg ada di Jkt . trus bnyk dijual manisan buah yg udah dikeringkan , bnyk juga yg jualan juice buah spt juice buah delima yg keliatan menggiurkan banget .


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Smp di Kota Xian bnyk bangunan khas Chinese old Arsitecture dgn gapura2 n rumah2 kae biara shaolin , kuil2 .Tapi masuk kota Urumqi laen lagi gaya nya >> dgn arsitek khas Arab Persia >> mesjid2 nya banyak n bgs2 . Semua dirawat dgn baik tapi g ga tanya itu dibangun sejak kapan ?


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Yg bikin sodara g kaget liat penduduk kampung sana katanya >> cakep2 yg ce nya mirip gadis Ubekzhistan putih2 cantik dgn mata besar . Rombongan tour masuk ke satu desa keluar masuk pemukiman lalu ajak poto2 anak2 sana . Ada ce yg malu2 waktu mo dipoto , akhirnya dia mau juga di poto setelah dibujuk2 mama nya , ha ha .. cakep yah tuh anak . Bisa maen sinetron kalo dia ada di Jkt .


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Kalu anak2 di gurun laen lagi , muka nya penuh debu krn jarang mandi tapi pipinya merah2 mgkn krn cuaca yg tidak menentu di gurun sana . Siang panas bukan maen malamnya dingin sekali . Lucu kata sodara g liat anak2 disana , polos banget mrk itu .

Kalu yg tua2 yah spt kaum muslim di Indo , mrk pake peci n suka bergerombol menunggu waktu sembahyang . Muslim merupakan mayoritas penduduk di daerah itu . Oh iya pokoknya semua berbau Arab disana , liat aja bnyk Unta di daerah sana . Terlihat mesjid dimana2 dgn gaya arsitek yg cakep2 ! tengok deh kubah n tower2 nya . Mgkn bagi org yg ga tau kalu ingat negri China yg pasti terlintas pertama dibenaknya cuman pagoda2 (kuil), ga kebayang kan ada wilayah disana dgn mayoritas muslim n segitu banyak tempat ibadahnya yg bagus2 .


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Oh iya satu lagi pas melintas di daerah mana, rombongan sempet turun krn melewati daerah pekebunan buah >> liat aja tuh anggur yg menjuntai2 n pohon apel di mana2 rasanya pengen g petik2 tuh buah2an .


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Itulah crt singkat sebagian wilayah China di Ujung barat laut yg berbatasan dgn Rusia & Mongolia (di utara) Tibet, Nepal , India (selatan) Pakistan & sebagian wilayah pecahan Rusia (Barat) . Pantesan terlihat aneka budaya yg beragam . Kapan yah g bisa melihat kesana ? tapi acara pipis di gurun gimana ….. ha ha ha ..




4 comments:

JiE said...

Waa... wanita desa itu cantik banget, ada no hp ga ? hihi.. :P

Vie said...

Kantongin tisue (boleh juga baby wipes) ma kantong plastik kecil, jd abis pipis, usap dgn tisue, tisuenya masukin plastik trus kantongin.

Sebenarnya bagus juga ya dipromosiin tuh ZhinJiang ma moslem2 di Indonesia, keknya pasti berhasil deh. Ngeliat mesjidnya, pemandangannya juga bagus.

gege said...

ven, ini lho rute tur wita yg g blg (mgkn ga sedetil yg dilalui sodara lo n rombongannya seh, maklum klo udah scheduled by tour travel ma minta sendiri kan beda yach...) : jkt-guangxhou-urumqi-turpan-urumqi-dun huang-lanzhou-guangzhou-jkt (11D)

stuju ma vie, pemandangannya bagus banget...ma dubai seru mana tuh ven? hehe...

maxie said...

he he .. iya tuh sodara gw kan ngatur rute sesuai kemauan rombongan nya , tapi itu juga pasti dah direkomen ama yg udah kesana , kan ga mgkn rute ngacak2 , bisa buang waktu n biaya kan .
tau deh bgs Dubai or Urumqi , kalu Dubai mgkn kota nya yg super duper keren maklum negara kaya , kalo scenary cuman gurun doank beda ama china yg ada gurun , lembah , danau , gunung .