Monday, September 17, 2007

Dapur gw bgn. IX …


Ga kerasa yah g dah tulis resep2 dari dapur gw smp bgn ke IX .. ck ck .. kalu mami g baca tulisan g dia bisa kaget juga kalee , hebat juga anak g meski dia jarang masup dapur ha ha ha … pernah sih dia liat Blog g pas g lagi buka trus g kasih liat poto2 masakan dia yg udah g upload di Blog , komen nya gini : hihhh malu2 in kok jelek sih gambarnya , ntar org blng apa tuh ! ahh yg kae gini napa dimasukin juga di inet katanya , ha ha … biasalah dia terlalu perfeksionist . G bilang biar aja yg penting kita sdh memberi ide pada org laen untuk masak ntar mrk juga berkreasi sendiri .. he he ..


Ini masakan semua gampang2 ! takarannya kira2 aja sendiri yah , kalu g tny nyokap ntar dia jadi bertele2 bisa2 tulisan g kagak jadi2 . Ini resep Ikan Teri Sapu Lidi yg g sering liat di resto2 Indo skrg >> g suruh aja nyokap bikin setelah g kira2 bumbunya ditambah pengalamana dia masak >> Ikan teri (tuh liat gambar) yg g ga jelas namanya katanya sih jenis sapu lidi ato bulu ayam deh digoreng kering jgn smp gosong sisihkan . Siapkan minyak sayur secukupnya , tumis bawang merah & putih yg udah dicincang halus aduk2 smp harum lalu masukan irisan gula merah (gula jawa udah disisir) n gula pasir aduk2 smp meleleh tambahkan daun jeruk purut n sereh trus masukkan cabe giling aduk2 tambahkan vetsin , garam (kalu krg asin) , aduk sebentar lalu beri peresan jeruk nipis sedikit , kalu kekentalan beri sedikit air baru masukan teri tadi >> aduk2 smp ikan teri tercampur larutan cabe lalu segera angkat kalu kelamaan ntar ikannya ga garing lagi .


Dirumah nyokap juga kdg bikin sayur lodeh >> ini kedoyanan bokap g tapi g juga suka sih . Sayuran yg dipakai biasa nya : kacang pjng , nangka , labu siam , daun melinjo , tomat , jagung muda , tahu yg udah dipotong2 . Siapkan santan kental n encer , bawang merah , putih diulek halus atau mau di rajang tipis2 juga boleh . Iris2 serong cabe merah n hijau , juga tomat potong kasar . Sediakan salam, sereh , langkuas . Ebi yg udah direndam air hangat . Masak santan encer dgn api kecil , masukan tumisan bawang tadi lalu tomat , cabe , langkuas, sereh n daun salam smp tercium wanginya lalu masukan sayurannya yg udah dipotong2 menurut selera (mulai dari yg paling alot >> nangka) jgn lupa masukan ebi . tambahkan garam, vetsin, gula pasir sedikit , kalu semua udah hmpr masak baru tuang santan kental nya , didihkan lalu angkat . Kalu nyokap ga demen masak sayurannya terlalu lembek jelek tampangnya kata nyokap . temen makannya bisa ikan asin, ikan teri, tempe goreng or telur asin . Oh iya jgn lupa sambal terasinya enakk banget!


Nih satu lagi oseng2 kacang panjang >> di rumah nyokap sering iseng juga tambahin tempe bosok (tempe yg segaja dibusukin) dlm tumisan kacang panjang nya . Kcg pjg biasa ditumis dgn bwang merah putih trus cabe merah hijau & ditambahkan potongan tempe bosok tadi trus kasih sedikit gula pasir, garam & vetsin , ohh iya jgn lupa tomat irisnya kasih sedikit air , masak cepet lalu angkat >> enak juga kok .Aromanya khas krn ada tempe bosok nya .


Soto ayam >> siapkan kaldu ayam , ambil dada ayamnya buat di suwir2 . rebus kentang , telur ,soun , iris2 kol , tauge , seledri . Bumbu yg dihaluskan : bwng merah putih , ketumbar (sangrai dulu spy wangi) , kunyit sedikit >> tumis bumbu halus dgn sedikit minyak lalu masukan daun jeruk , sereh . Masukan semua tumisan tadi dlm kaldu ayam beri garam, vetsin , merica . Kalu mau dihidangkan siapkan bahan dlm mangkuk >> soun, tauge, kol , kentang , telur, ayam suwir baru sirem dgn kuah panas kasih persan jeruk nipis taburkan di atasnya irisan seledri & bawang goreng . Jgn lupa bikin sambal rawit merah tumbuk . Makan dgn kerupuk udang enakkk !


Kalu di rumah bnyk ikan biasa mama g bikin Gohiang >> ikannya bisa kakap or tenggiri dihaluskan campur dgn daging biba mau pake udang juga bisa , tambahkan brapa sendok sagu n telur trus kasih bumbu Gohiang (beli di pasar or supermarket) , garam, kecap ikan, vetsin, merica n sedikit gula pasir > aduk2 smp rata jgn lupa kasih air . Kalu krg keras tambah sedikit sagu >> pokoknya smp bisa dibentuk , oh iya jgn lupa masukan irisan daun bawang spy wangi , ada juga yg kasih irisan wortel . Siapkan lembaran2 kulit kembang tahu yg udah direndam spy agak lemes . Taruh brapa sendok adonan tadi gulung spt bikin lontong >> kukus smp mengeras lalu tiriskan . kalu mau makan tinggal di goreng asal (jgn lama2) >> mau dimakan tinggal diiris2 n cocol dgn sambel botolan . enak juga deh apalagi buat temen mkn nasi hainam or nasi campur .

Nah ini dia kedoyanan kita semua Tumis Kembang Kucai >> emang mirip kucai cuman ini special tangkai kucai yg ada bunganya yg masih kuncup , >> bisa di beli di pasar2 pecinan atau supermarket . Rasanya sama dgn kucai cuman yg ini lbh garing krn ini batang bunga nya , Sayurnya terlihat cantik yah dgn kuntum2 bunga yg lom mekar .



Masaknya gampang krn ini termasuk oseng2/tumis sayur biasa . Kombinasinya bisa dgn daging sapi atau udang atau daging biba juga boleh . Yg ini pake daging sapi yg udah diiris tipis2 >> lumuri daging sapi iris dgn sedikit angciu , kecap ikan & sagu sisihkan . Tumis bawang putih smp harum masukan daging iris tadi aduk2 cepat tambahkan sedikti saus tirem , masukan batang2 bunga kucai yg udah dipotong2 sepanjang kelingking org dewasa . Tambahkan sedikit air , kasih vetsin sedikit , kalu krg asin kasi sedikit garam . Aduk rata jgn masak lama2 krn batang yg jadi layu >> jadi ga garing lagi . Sebelum diangkat kasih sedikit larutan sagu spy air jadi sedikit menegntal . Matikan api n lgs angkat , makan dgn nasi hangat hmmm enak deh !


Kuah Telur Angkak >> biasa kalo masih ada kaldu ayam mama g suka ceplok telur lalu masukin dlm kuah ayam , kasih “Angkak” (beras ketan hitam) , garam , vetsin didihkan . Masukkan tumisan bawang putih ke dlm kaldu tadi spy tambah wangi . G sih doyan2 aja kuah angkak ini katanya berkhasiat meningkatkan kadar HB dlm tubuh kita . Jadi org baru baek sakit biasa dimasakin kuah angkak , Kalu ada ayam malah lbh bgs , kalu ga ada pake telur juga ga masalah . Boleh deh biar sehat , ha ha …


Mun Tahu … ini mirip cara n bahannya spt Mapo Tahu cuman yg ini kagak pake bumbu Mapo . Tahu air sekotak dipotong kotak2 asalan aja jgn terlalu kecil ntar dimasak diaduk2 jadi cepet ancur . Biba atau udang dicincang kasar , daun bawang diiris2 . Tumis bwang putih halus smp harum , masukan udang & biba cincang tambahkan kecap ikan, saus tirem, vetsin , merica , aduk2 >> masukan tahu air yg udah dipotong2 tadi tambahkan kaldu spy tahu terendam , kalu krn asin tambahkan garam , masak smp air agak berkurang kalu udah matang masukan daun bawang iris lalu kentalkan dgn larutan sagu (jgn terlalu kental yah asalan aja) . Kalu mau dihidangkan tuang satu sendok makan minyak wijen spy harum .


Yg ini ikan lagi , Kakap with Onion …. Nah kalu ada kakap bgs biasa mami g beli trus di fillet > lumuri fillet kakap yg udah dipotong2 menurut selera dgn jeruk nipis/lemon, kasih merica garam dikit . trus celup satu2 di putih telur > taburi dgn tepung baru goreng satu2 smp warna kekuningan . Potong2 onion (bawang bombay) , lalu bikin saus nya >> siapkan wajan beri brapa sendok margarin, kecap manis , L & P sauce , sedikit saus tomat botolan >> vetsin , merica didihkan , masukan bawang bombay , lalu masukan kakap yg sdh di goreng tadi , aduk rata lalu angkat , beri perasan jeruk limau waktu mau dihidangkan .


Salad Sayuran …nih gampang n serumah pada suka . Di kulkas g selalu ada stock Mayonaise botolan . jadi kalu panas n kita pengen mkn yg seger2 biasa bikin salad sayur aja . Bhn2 nya bebas aja terserah selera > biasa g pake daun selada atau kol belanda , tomat , timun , nanas (kalu ada) . Kdg pake kacang merah , apel , paprika . Trus kentang , telur rebus . Bikin saus nya gampang > ambil aja brapa sendok mayonaise trus tambahkan 1 sdt mustard , 1 sdm saus tomat botolan & sambel botolan dikit . Aduk semua sampai rata , tambahkan cuka, garam, gula & vetsin . Lalu cobain rasanya krng apa ditambahin aja sndr smp rasanya pas . Baru sirem di atas sayuran yg udah kita potong2 tadi , jgn lupa kentang & telur rebus nya . Temen mkn salad yah sebangsa Kentucky2 an >> Nugget , French Fries , Chicken Wing (semua bisa dibeli di sp market) trus coca cola >> ya serasa mkn di Mc D or Kentucky deh . he he …


Nah ini resep anak2 nih >> g dapet dari ponakan g yg masih SD . >> Martabak Indomie . Indomie masak spt biasa dgn bumbu spt biasa deh tapi jgn dikasih kuah . Setelah jadi , tambahkan sebutir telur kocok, bawang daun iris & satu sendok daging kornet or sosis . Aduk2 tuh dgn mie yg tadi dah jadi . Kalu g sih ga perlu kasih garam lagi krn menurut g udah cukup asin dgn bumbu indomie nya . Siapkan fry pan dgn minyak goreng secukupnya , dadar adonan indomie dgn telur n isinya tadi , kecilkan api spy indomie matang merata n agak2 garing . Bolak balik spy merata . Ntar kalu dah matang angkat , potong2 n makan dgn sambel botolan . Boleh juga nih resep anak2 . … ha ha …

Sekian deh resep2 dapur g kali ini , semoga masih ada menu2 berikut . selamat masak ….




4 comments:

Vie said...

Hahaha tukang komen dateng lagi.
Aq gak pernah denger tuh Ven yg namanya teri sapu lidi ato bulu ayam. Abisnya mamiku dr dulu kalo masak cuma "stick to one type only", yg halus itu.

Oseng² k.panjang, aq sering bikin disini. Tapi gak pake tempe. Aq pernah beli tempe di toko makanan sehat. Mahal sekali Ven, makannya sampe disayang². Kan gak gampang bisa makan tempe seenaknya.

Bunga kucai, jgn tanya. Murah disini. Biasanya dijual 3 ikat tebel cuma $1. Belinya di Chinatown. Aq sukanya disambel pake fermented soyabean yg pedes botolan buatan Taiwan. Diakhir masaknya taburin bawang goreng segepok. Enak loh Ven. Harum bunga kucai itu, wuihhh, jadi pengen masak bunga kucai aku. Untung 2 piaraanku itu ikut gila makannya. Tapi klo kutumis biasa, gak ada yg mo makaninnya.

Lari dulu ah.....

veny said...

ikan teri banyak jenis disini Vie ..
yg lagi "inn" teri sapu lidi bentuknya agak gede tipis2 mirip ama bulu ayam biasa dimasak balado kae gw itu .
Bunga kucai disini mahal Vie kalu ga salah dua ikat ceban deh .
e coba tumis pake daging sapi n saus tirem deh , pasti enak .
jgn masak terlalu lama , layu kagak enak .
g tau deh soyabean fermented itu , tapi lom pernah masak cara e itu , he he .. unik juga yah .

tempe mahal ? bikin sndr aja , kedelai ditaburi ragi instant khusus tempe rasanya di JKT ada jual deh tuh ragi nya .

JiE said...

Resep Martabak Indomie-nya bisa dicoba tuh, aku suka yg praktis dan simpel2.
Kalo my mom biasa masak kucai buat campuran telur dadar :)

veny said...

Jie itu martabak indomie enak juga di pakein parutan keju ... pake kornet , boleh tuh buat org males masak , ha ha ha ....
Cobain bunga kucai JIE , enakk !! kalu KUcai dah biasa kan !