Wednesday, September 17, 2008

Sambel Tempe …


Gara2 makan di Roemah Keboen g kepincut sambel tempe , untung nyokap g yg org Bdg tau juga bikin sambel ini krn dulu sering liat pembantunya bikin sambel ini . Makanya pas g plng dari Bdg n ribut ttg sambel tempe yg maknyuss dia lgs bilang “gampang” … ha222

Besoknya langsung deh dia bikin nih sambel , bhn utamanya tempe yg ga perlu banyak2 (kira-kira 2 atau 3 kerat aja buat segengam cabe rawit).. trus di ancurin tapi ga perlu sampe lumat , kasar2 aja , sebelom tempe diancurin , bakar atau goreng dulu sebentar tempe nya . sisihkan . Lalu cabe rawit merah secukupnya , bwng putih dan sedikit bwng merah , terasi secuil dibakar biar wangi n kencur seruas jari . Gerus semua bahan sampe halus baru campurkan tempe yg udah diremeh2 tadi , aduk2 smp rata lalu tumis dgn sedikit minyak tambahkan garam, vetsin & sedikit gula pasir . Jadi deh !



Sambel tempe ini enak krn wangi kencur , pedes unik ..rasanya . Udah pernah coba lom ? cobain deh . Makan pake nasi anget n gorengan pasti enak ! maren2 ini terinspirasi omongan temen aku minta dibikinin sayur bening n gorengan bala2 kentang plus sambel tempe … enak nya makan kae gini . hmmmm !



Kalo bosen sambel terasi cobain sambel tempe krn bhn nya sederhana juga kan . Tapi kalo bikin sambel ini buat sekali makan aja , krn kalo diinepin udah kagak enak !




13 comments:

A.G said...

weks komplit :D aku mau sambel tempene.. secara tempeku dah habis :( nunggu bulan dpn kiy kl pgn makan tempe :p *aku mudik bln dpn ;)*

Caroline Sutrisno said...

*glekk*

keiknya sedep banget yah...
jadi pengen nyobain bikin nih... yumm... yummm...

OktaEndy said...

kalo di Jawa Tegah ada yang namanya tempe penyet, tempe digoreng agak setengah mateng gitu. trus di "penyet-penyet" dengan sambel. mirip kali yach.. hahahha
Ven, tiap kali buka blog mu jadi laper.. uh..!! pagi ini blom sarapan!

yendoel said...

jadi pengen minta dikirimi nih ama mamanya Veny !

Little Angels said...

hm... kayanya maknyus banget ya... mau dong dikirimin ke rumah... hehehe

Judith said...

Veeenn sambel tempe mau dunk, kemarinan aku bikin tempe tahu penyet, lagi demam jadi males masak2 hiks ...

::my twisted mind:: said...

huaaaaaaaaaaaa...lapeeeeeerrrrrrrrrrrrrrrr...bener2 deh, dilarang keras melihat2 blog venny dalam keadaan perut lapar..hehehe..

veny said...

@ Sherine , Lina, Yendoel, Caroline .. masak donk say , gampang koq ! enak lagi . Bosen kan makan di resto molo !! he22

@ OKta .. tempe penyet di Jawa kalee kagak pake kencur ! itu bisa diiat di tempatnya Mak Judith tuh ada Tempe n Tahu penyet . sedeuppp !!

@ Ayin .. Yin pulang kampung mau borong tempe ? ha22
disana tempe muahal yah ?
jgn lupa reportase nya yah ..

@ JUdith .. BUcil semoga lekas sembuh yah .. teteupp memasak yah Bu !!

kocu said...

wahhhh, i love tempe!! keliatannya enak banget (--) mesti request ke bini nih (^_^) hehe...

Fun said...

gileee...menggiurkan banget sambel tempenya :)

Yulian said...

aduuh...bnr2 bkn ngecess tuh tempe.
gw apalagi penggemar tempe :D

must try this at home!!!!

Febrie Pereiza said...

maknyoss nih kayaknya ... sama ama tempet penyet kan ..

Vin said...

mau coba ah, Ven... sambel tempenya... gw keracunan ney, mampir blog lo, Ven ;p