Monday, September 29, 2008

Oseng2 gampang , rasa mantap !!


Dirumah paling sering masak yg gampang n cepat , jadilah tumis2/oseng2 jadi andalan nyokap tiap hari . Karena serumah doyan sayuran jadilah tinggal bolak balik aja rekayasa tumis2 dgn brapa kombinasi . Bumbu oseng2/tumis ini paling gampang >> bwng putih , oyster sauce(saus tiram), kecap ikan, minyak wijen plus sedikit angciu (arak dari beras ketan) .

Udah agak lama g ga liat menu cah jagung muda jadilah g minta dimasakin menu ini , Bhn2 nya jagung muda potong2 menurut selera , daging ayam/udang/biba iris2 , juhi rendam n iris2 tipis kae batang korek , wortel sbg pemanis juga boleh tambahkan seledri , trus jamur kuping & jamur shitake . (kedua jenis jamur rendam dulu sebelum dimasak)


Photobucket


Cara masak : tumis bwng putih cincang smp harum > masukan irisan daging2an , juhi iris (yg udah direndam air sebelomnya) lalu masukan potongan jagung muda (udah di rebus sebentar aja ) , kasih kecap ikan , oyster sauce , vetsin , merica , sedikit gula pasir aduk2 lalu kasih sedikit kaldu , baru masukan jamur iris n wortel (yg udah direbus asalan).. tuang satu sdm angciu lalu kentalkan dgn sedikit larutan sagu matikan api , baru siram dgn 1 sdm minyak wijen (sesame oil) .

Oseng2 yg laen >> Tumis Kapri Manis , bhn2 nya ampir sama : kapri manis (kapri besar2 n garing) bersihkan , daging2 (biba/ayam/udang) iris2 , wortel , jamur kuping & shitake . Cara masak persis sama spt diatas juga bumbu2 nya ! Oseng2nya juga jgn lama2 krn kapri akan layu n warna jadi ga bgs !


Photobucket


Jadi kalo males masak , masak aja ala nyokap yg hobby oseng2 ! cepet n enak koq . Banyak yg bisa dimasak kae gini , selaen jagung , terung , kapri, paprika , tahu dlll. Selamat mencoba yah !



6 comments:

::my twisted mind:: said...

wah oseng2..aku juga suka banget makan oseng2..hmh..nyamnyam..jadi pengen oseng2..

nie said...

Oseng2 memang paling gampang n cepet hehehe... aku sering banget masak ginian :D

Tiwi said...

Glek!...glek!...

Caroline Sutrisno said...

omaigaaattt...
gw suka banget oseng2 palagi oseng2 jagung muda...
haduhh... langsung kruyuk2 nih perut gw...

veny said...

@ NIe, Sherine , Tiwi & Oline ...
ember deh kita se"lidah" doyan oseng2 ... apalagi kalo dimakan fresh from kuali ...hmm lezatooo ha22

yendoel said...

ini juga favorite ku, pokoknya segala sesuatu yg ber-'jamur' .. !