Thursday, December 18, 2008

Kapri ditumis pake apa aja yah ?


Karena kita semua doyan sayuran , jadilah menu sayur pasti hadir tiap hari di meja makan . Kapri salah satunya krn gampang ga perlu dibersihin dgn ritual khusus kae tauge yg musti buang kaki n kepala ha22 . Nyokap suka beli kapri manis yg garing n bentuknya mantep , jgn beli kapri lokal yg kurus n ga krius2 kalo dimasak . Brapa waktu lalu g pernah posting Tumis Kapri pake jamur kuping n udang , skrg g tambahin lagi variasinya >> pake paprika n pake perut ikan .

Perut ikan agak mahal harganya yg kwalitas bgs , bentuknya mirip krupuk kulit ada yg gede2 lempengan , ada yg kecil2 lempengan ada yg bentuk panjang pipa2 (seperti di poto tuh) . Sebelum dimasak musti direndam dulu , setelah lembekan baru dipotong2 menurut selera . Baru buat campuran masakan , rasanya enak , seperti krecek (krupuk kulit sapi) . Perut ikan selaen dimasak buat sapo tahu juga bisa buat capcai juga .



Dua jenis tumis2 ini sama aja cara masaknya . Tumis Kapri & Perut ikan bahan2nya : Kapri segenggam , perut ikan secukupnya , jamur kuping , wortel sbg pemanis , daun seledri sedikit & bwng putih . Cara masak : tumis bwng putih cincang sampe harum , masukan irisan daging ayam/biba/udang yg udah dilumuri sedikit kecap ikan , oseng smp daging berubah warna , masukan wortel yg udah direbus asal sebelumnya , tambahkan kapri segar (ga perlu direbus dulu) , baru perut ikan yg udah dipotong2 n rendam tadi , trus tambahkan jamur kuping yg udah direndam sebelumnya , tambahkan sedikit daun seledri ( ga dikasih juga ga pa2) baru kasih sedikit kaldu , saus tiram , vetsin , sedikit gula pasir n garam kalo krg asin . Paling akhir masukan 1 sm angciu (arak masak). Aduk2 , kentalkan dgn sedikit larutan sagu , lalu matikan api . Kapri jgn dimasak lama2 krn jadi ga garing n warna nya jadi jelek

Yg satu lagi >> Tumis Kapri Paprika , ini kreasi nyokap juga .. yah dicoba2 aja kreasi sendiri mau combine pake apa aja terserah ! Pake parika yg merah krn warna kapri udah ijo , jadi matching kan ? he22 warna Red & Green >> warna Natal deh ! Spy rasa agak varatip dikit ditambahkan sedikit irisan ChaChoi tau ga ?? ini Nama kalengnya Preserve Vegetable di supermarket ada deh ! itu bonggol dari semacam sayuran , trus difermentasi kali yah sama garam n cabe , jadi rasanya asin2 agak sedikit pedes2 dikit . Masaknya iris2 aja sedikit (iris menurut selera) tuh bonggol >> yg sisanya masukin kulkas dlm wadah bersih , bisa digunakan laen kali buat masak kuah dgn campuran sayur asin n daging sapi .



Cara masaknya sama , bahannya selaen kapri, paprika merah , chachoi (kalo ga pake jg ga pa2) , irisan daging ayam/biba/udang dan jgn lupa bawang putih cincang . Inget parika n kapri ga perlu direbus dulu, masak jgn lama2 spy warna bgs ! Pokoknya gampang deh , rasa enakk , I luv vegie !!!




18 comments:

Vin said...

Gw juga doyan kapri Ven, kalo gw biasa masak sm keputren, itu loh jagung muda plus sayur2 laen2... Perut ikan nya enak tuh, tp gk pernah masak di rumah, paling kalo di resto aja :D

Lala said...

cantik ya warnanya, pasti enak... baru tau ada perut ikan, rasanya gimana tuh ?

Yulian said...

Gw juga doyan sayur, kalo makan kudu ada sayur ijo nya!! itu yang foto kapri paprika keliatan enak bgt, Ven.

Im3th said...

Perut ikan enak ya Ven dimasak ama kapri? pengen coba ah kapan2, biasanya soale gw makan perut ikan dibuat jadi sup hipio (endang gulindang dah)

nie said...

Kliatan seger! Sayang Lan ga gitu doyan kapri hehehe... padahal aku suka plus gampang banget masaknya :)

veny said...

@ Vin iya Vin pake jagung muda jg bisa , gampang lah campur2 aja .. he222

@ Lala .. perut ikan mirip rasanya kae krupuk kulit cuan perut ikan lbh gurih .

@ Yulian .. idem kae gw pecinta sayuran . he22

@ Imeth .. meth dimasak Hipiao ? mksd mu sup sirip ikan ? enak banget yak .

@ Nie .. Lan ga doyan kapri ? sayang banget .

Pucca said...

fotonya menggoda banget si ven, gua mau makannya, tapi males bikinnya :P

cicitcuit said...

perut ikan itu ga amis, ya, mbak ?? weeh.. like always kalo mampir kesini mesti jd laper :D

Yuliana-Fun said...

kacang kapri itu enaknya ditumis polos aja... ditambah wortel juga enak.. hehehe :) gw juga pecinta kacang kapri... enak.. :)

veny said...

@ Pucca idem g jg males masak untung ada mami yg tiap ari setia masak , he22

@ Cicit .. Cit perut ikan kagak amis samsekali , bentuk n rasa mirip krupuk kulit sapi (rambak/krecek)

@ Fun .. iya Fun kapri kalo seger enak koq ! ..

Leo said...

wah susah neh ngedapat kapri di melb, mahal lagi! tapi liat fotonya udah cukup lha menutup ngilernya ahaha.

Judith said...

Ya ampun segernya tuh capri :) sayangnya tuh harga capri ditempatku muahaaalll :(

Veny, jadi pingin ikut kamu deh jalan2 mulu wisata kuliner he he ...

naki said...

jarang banget yaa sekeluarga dOyan sayuran smua ,ebat ebat :)

veny said...

>> Leo iya sih disono semua mahal yah , sayuran aja muahal yah

>> Judith idem ma Leo di Luar sono sayuran aja mahal sih !

>> Naki .. Nak g sekeluarga dari kecil udah dijejelin sayuran jadi gitu deh pecinta sayur sampe tua , hua222

yendoel said...

kalo nyokapku, biasanya tumis jamur hitam (hioko)

A.G said...

perut ikan disini banyak ternyata bisa buat capcay ya..org viet ama thai kan suka make itu.. bsk beli ahh kl ke toko asia :) tnx Ven infonya

noni said...

Wah, kaprinya keliatan yumy banget... suamiku jg suka banget makan kapri. Rasanya manis & agak kriuk2 gitu.

veny said...

>> yendoel iya Yen bisa tumis pake hioko juga .

>> Ayin ... iya Yin cobain deh , itu mirip krecek (rambak /kluit sapi) boleh tambahkan di masakan capcay atau sapo tahu .

>> Noni .. masak donk Nonn ! he222