Monday, January 12, 2009

Nasi Jamblang Mang Dul


Akhir tahun kemaren , mami & cici gw pergi ke Jawa Tengah untuk wisata kuliner , g sedih banget krn ga bisa ikut . menjelang tutup taun g sakit2an lagi kepala sering puyeng mabok rasanya . G males ke dokter cuman minum obat tapi ga sembuh2 juga , jadi g putuskan kagak ikut aja liburan akhir taun ini . Meski sehari sebelom pergi g uda merasa sehat n bimbang mau ikutan tapi g mikir ntar kalu kumat bikin repot org laen n rencana mkn enak jadi terganggu gara2 gw .

Mami g mah nekat aja biar jalan suka kaki sakit tetep aja must go on , pdhl anak2 laen udah kumplen mami jgn ikut krn pergi jauh naek boil . Mending naek pswt aja tapiii kata cici g kalo ga bawa boil ntar disana nya jadi susah kalo mo kemana2 . Jadilah mereka ber lima pergi pagi2 subuh jam 5 di akhir taun 2008 , g sedih yah ditinggal dirumah , hikksssss !

Pergi lwt jalur panturan relatif kagak macet , stop pertama di Cirebon sengaja mau B’Fast disana >> Nasi Jamblang Mang Dul yg kesohor itu . Udah tanya alamat nya ama temen g , g sih dah pernah mkn nasi jamblang menurut g “gitu aja” tapi cici g penasara krn dia lom pernah . Jadilah pagi itu mrk sarapan di Mang Dul . Buset deh sepagi itu jam 9 warung Mang Dul udah penuh org yg mkn . Ada meja pjng diatas nya bermacam2 lauk >> gorengan tempe , tahu , paru , empal ,ati/ampla/usus , perkedel, bakwan , tahu n telor semur , sate kentang/telur , sambel goreng ati & telur dadar . Trus nasinya biasa dikasih alas daun jati , kita tinggal milih2 lauknya lalu byr n lgs cari tempat duduk . Kagak ada meja , jadi duduk aja di bangku plastik hadap2an ama org yg ga kenal atau punggungan kalo risih , hua222



Huhh ramenya minta ampun, ember sih krn Nasi Jamblang ini terkenal selaen Mang Dul satu lagi yg terkenal namanya >> Nasi Jamblang Pelabuhan krn letaknya deket pelabuhan . Gitu kelar mkn lgs deh ada sms laporan >> kagak enakkk !!! paan tuh nasi jamblang koq gitu yak , kagak gurih2 , gak wangi2 acan . Jadi kesimpulannya nasi jamblang tuh = nasi biasa yg ditemenin lauk pauk ala warteg cuman nasinya di alas daun jati . Mending nasi Padang aja atau mkn Laksana aja di Bdg kalo mau ala warung2an , ho22222 . Baru nyaho deh , kan dia org penasaran ama nasi Jamblang jadi asal udah tau yah udah deh . Nasi Jamblang nya udah brapa kali masuk tipi tuh..

Tapi sekedar icip2 boleh lah masa kagak tau nasi jamblang ? iya kan ? makanya kalo ke Cirebon cobain deh ! alamat nya : Jl. Cipto Mangunkusomo No. 3 Cirebon tlp. 0231-206564 . (BERSAMBUNG)

21 comments:

Arman said...

gua pernah tuh kesono. gua gak inget namanya sih, tapi kalo ngeliat tempatnya dan ramenya kayaknya sih sama. hehehe.

yendoel said...

pernah sih dibawain teman kos yang orang cirebon. pas makan, gak ada kesan istimewa. jadi gak pernah pesen nasi jamblang kalo temanku balik cirebon. malah dianya yg rajin bawain kita2..heheheehe..
kali karena murah aja harganya, jadi yg makan di sono banyak?

somepathtoremember said...

Oh nasi jamblang kaya gitu Ven..
tapi kenapa bisa laku ya ?
gw juga sebenarnya penasaran ama nasi jamblang hehehe.
Mami lo suka ven ama timlo sastro?
(Im3th)

leo said...

Nasi jamblang mirip nasi sayur atau nasi lemak yah Ven? ga pernah denger sebelumnya

nie said...

cape ngantre tapi ga enak, kecewa dehhhh.... skrg udah sembuh ven?

veny said...

>> Arman .. iya kali man itu yg lo perna mkn , kan cuman 2 yg terkenal >> Mang Dul & Pelabuhan . dua2nya masuk Tipi & rame bgt !

>> yendoel .. Yen g aja baru coba sekali , ga nagih abis biasa banget , enakan masakan mami gw lah , heee

>> Imeth , yah g juga heran koq laris ?? bnyk org JKT yg mkn situ kalo mampir crbn mgkn sekedar penasaran kae kita2 juga tuh . tapi lo musti cobain deh , baru tau .
Timlo sastro huhh pada blng enak , smp g nyesel2 ga ikutan ! ga sabar g mo posting crt nya . he222 mrk mkn yg deket pasar .

>> Leo .. nasi jamblang lbh mirip nasi rames ala warteg ! cuman nasinya dialas daun jati aja itu khas nya . Nasinya juga ga wangi sih , bukan kae nasi uduk gitu ! itu mkn khas Crbn .

>> Nie .. kan namanya penasaran yah rela antri , udah ngicp baru tau . jadi udah puas .
skrg aku dah sembuh Nie , Yhx yah !

>>

yun said...

gue malah blm pernah mkn nasi jamblang, ke cirebon aja blm pernah kecuali cuman numpang lewat doang hihihi...
jalan2nya sampe ke solo ya ven, kok sampe makan timlo sastro segala hehe...

naki said...

iya kali ven , ini rame bukan sama orang cirebon-nya , tapi sama orang2 yang penasaran sama nasi jamblang inih

Jiewa said...

Ohh.. jd keunikannya hanya daun jati ? Tp salut juga jaman skrg masih ada yg pake daun jati, kan susah nyarinya.
Harganya brpaan ce ?

veny said...

>> Yun g juga baru sekali ke Crbn n mkn nasi jamblang . Iya tuh nyokap n cc g jalan smp ke solo n icip2 timlo sosro , enakk katanya .

>> naki .. ember Nak menurut g sih yg pada rame tuh krn penasaran aja . yg beneran doyan mgkn org Crbn doank , he222
tapi kalo kesana lo cobain deh , sapa tau lidah g beda

>> Jie ..iya menurut g sih ga ada istimewa nya , aneh deh org sono koq bangga amat ama nasi jamblang ? smp penasaran tau nya biasa aja , cuman pake daun jati aja , kt nya daun jati itu banyak nya di desa Jamblang >> makanya nama nya nasi jamblang ! harga relatip yah dari yg kita pilih aja lauknya bisa dari 7 rebu - 15 rebuan .

Judith said...

Ada ada aja namanya Nasi jamblang, bener2 namapak enak euy :)

Pucca said...

kenapa semua foto yang di blog ini selalu menggugah selera? lu jadi reporter khusus makanan aja ven, bakat lu :P

Anthony Harman said...

Kayaknya uenak banget loh, Ven. Tapi, Cirebon jauh dari Surabaya. Tutup Taun kemaren, cuman bisa kuliner di Semarang

Yuliana-Fun said...

baru tau nasi jamblang itu begitu modelnya.. tuh nasi bener2 menggugah selera..kayaknya banyakan lauknya yak? hehehe :)

nia said...

wow itu foto bikin jadi laper aja... pdhl cumen foto gmna asli nya ya hehe.. gmna sakitnya ven...

somepathtoremember said...

Ven, sorry Out of topic, gw ganti blog ya jadi wp.
ini alamatnya ya say (http://somepathtoremember.wordpress.com)
tlg diupdate ya say link blog punya gw.

tq,
Im3th

::my twisted mind:: said...

rasanya suka sebel ngeliat postingan2 lu ven, bukannya apa2..gw jadi suka ngiler ngebayangin lu jalan2 n wisata kuliner mulu, buntut2nya gw malah jadi kepengenan sendiri..hahahaha...

btw nasi jamblang tuh keliatannya enak banget deh..kirimin ke gw dong ven!!

veny said...

>> Judith , Fun , meski tampak menggugah selera tapi g yg udah icip2 merasa biasa aja . UNik nya yah itu masih pake daun jati sbg alas nasi .

>> Pucca he22 masa sih ? photo g malah di kumplen terus ama boss krg ini/itu , he222
mau juga sih ajdi reporter icip2 .

>> Anthonny .. Ton ke Smg ? udah meliput kuliner ? aku baru mau turunin artikel Kuliner Smg , he22

>> Nia .. skrg g udah sembuh , jgn sampe sakit2 lagi , kalo plng Indo makanya lo musti kel. nusantara icip2 kuliner gitoo loh .

>> IMeth .. g udah update say !

>> Sherine .. jgn sebel donk , g kan cuman reportase doank , g juga iri liat kerajinan lo yg suka masak sendiri , iri banget , napa g sangat2 males yah ??? hua22
gm mau kirim nasi jamblang , jauh gitu . ha22

noni said...

Veny... aduh thank u banget u/ foto2nya... jadi kepengen!! :(

Aku asli wong Cirebon, hehehe... emang dari dulu yg terkenal Nasi Jamblang Mang Dul, tp ortuku malah seneng yg di pelabuhan, tempe gorengnya enakk... nyamnyam... Aku sukanya nasi 3, sambel goreng, tahu, dendeng, sate kentang, telor dadar, perkedel kentang, dll... wah jg kepengenn... :p

veny said...

>> Noni .. ha22 ember asli cirebon nih yah , smp kangen berat sama nasi jamblang , kalo nasi lengko Pagongan gmn kangen ga ? atau nasi campur Koh Apun ?

noni said...

Empal gentong, nasi lengko, nasi campur, lotek, dll... pengenn Ven.. :( Jadi pengen cepet2 bulan Maret, Cirebon... aku datang... :p