Tuesday, June 23, 2009

Belanja Ikan di Muara Angke


Selepas dari Fresh Market PIK g pergi ke Muara Angke mau liat tmp jualan ikan . Katanya di Jkt ada dua tempat besar jualan ikan >> Muara Baru & Muara Angke . Kita pergi ke Muara Angke ga jauh dari PIK . Sebenarnya g paling takut pergi ke tk jualan ikan krn takut kecipretan air ikan , bau amisss ! Tapi kali ini g nekat aja pergi krn mau tau gmn tmp jualan /lelang ikan di sana . Untung hari itu air ga pasang jadi jalanan kering . Kata temen g kalo air pasang jalanan disana jadi becek2 krn limpahan air dari laut .. huhh untung deh .



Sejalan disana jualan hasil tangkapan laut , ada berbagai macam ikan, udang cumi, kepiting , lobster , kerang . disatu sisi jalan bnyk jualan otak2 . Mama g mulai liat2 ikan, , udang , cumi . Mulai tawar2 , akhirnya pilih2 deh . Katanya murah dibanding beli di pasar dkt rumah . Dari rumah kita dah bawa ember besar , kalau ga ada wadah bisa beli ember atau box steryoform disana , pokoke kumplit deh ! trus beli es batu disana . Disana jualan es emang udah disediakan , malah si abang ada mesin serut es yg gede banget .



Abangnya galak2 , g sih paling ga bisa nawar2 krn jarang ke pasar . Pas beli udang kita bantu milih2 , kata si abang kagak boleh dipilih , semua sama . haaahhh galak amat . Kan kalo jualan si abang selalu naruh udang yg gede di atas , dibawahnya yg kecil2 !! Terpaksa nurut de sama si Abang , ha22 . Yg g inget beli ikan tengiri @ 25-31 rebu sekilo , udang n cumi 22.500 rp /kg murah kan ! Bandingkan sama harga di supermarket yg bisa 2x lipat .


Photobucket


Ehh ada yg aneh n perna liat di tipi disana bnyk ikan kakap merah (red snapper) tapi aspal punya , krn kliatan banget tuh ikan disepuh jadi merah . Yg ini kagak dibeli deh , org bego aja yg ga bisa liat kalo ikan itu disepuh jadi merah . Tapi ikan tengiri , baronang , bawal & ikan ayam bgs2 sih ! Oh iya disana ada warung2 seafood sederhana , yg kita bisa beli ikan lalu dibawa kesana untuk dimasakin .

Kelar blanja2 disana g meninggalkan tmp tsb lewatin anjungan kapal2 nelayan yg diparkir di dermaga yg airnya kecoklatan . Kapalnya yah gitu deh , namanya kapal tangkep ikan sederhana . Sayang matahari datang dari arah berlawanan dgn camera akibatnya g ga bisa ambil poto dgn bgs ! coba kalo pas sunset bgs kali yah meski sekitarnya terlihat kumuh . ha22




27 comments:

santi said...

wah...daerah kumuh jg bagus2 d gara2 foto u Ven :D..gue pernah ksitu..mang si murah2 cm kadang timbangannya dimaenin..musti bener2 dperhatiin :D..becek2 en baunya ga nahannnnn :D..tp tengiri murah bener 25-30rb..gue beli dpasar aja 60rb sekilonyaaa...gilingan untungnyaaaaa...

Miss Zane said...

Ven, kl ga slh di Muara Angke ada yg jual makanan jg, makanan sehat gitu seritanya, ikan nya mentah di rebus, ato di steamed ato gimana gitu, tp di pake bumbunya dikit doank, ga sebanyak org indo kl pake bumbu..
Itu katanyaaaa temen nyokap.. hehe
barangkali mo coba kl ksana lagi :D

Psst... rajin bener jalan2 nya hehe

^^

Vin said...

Emang murah siy Ven, disana... cuma ya itu abangnya preman semua, bikin males aja... Temen gw pernah hampir mau brantem tuh sm tukang udang disana... serem deh hiyy.... :(

Veny said...

@ Santi bener San , timbangan biasa dicurangin . yah gitu lah org dagang . beda ama di Sp market tapi harga beda jauh sih ajdi maklum , cuman asal gn kelewatan aja curangnya

@ Miss Zane , g lom tau tuh Zan .. coba yah lo cobain deh he22

@ Vin ember murah sih , emang galak2 meski ga smua galak . NIh kamis bsk nyokap mau coba lagi ke Muara Baru kali ini ha222

Lily said...

Tuh abang2 tukang serut es gaya benerrr mentang2 mo dipoto ama lo Ven...wkwkwkwk.
Gw demen tuh ama kepiting2nya sebaskom gede gitu...ihhh napsuin.

Btw.. tuh pic-nya segala ikan udang jd bagus2, pinter banget ngaturnya, bagi2 ilmunya dunk Ven..

Mommy Axel said...

hah... murah banget tuhhh... Udang biasa gue beli di pasar pademangan yang sore, 50 ribu/ kg. Kalo tenggiri bisa 36 ribu/ kg. Gue demen ama kakap putih tuh yang kecil. Waah.. itu dagingnya kenyal, ga lembek, ga amis samsek. Di tim begitu ajah pake minyak bawang putih, jahe, kecap asin, tong cai, cabe rawit, saos tiram, minyak wijen, lada, micin, uenakkkkkk..... Apalagi dimasak bongli lampa (nanas), bisa pingsan saking enaknya. hahaha..

Gue udah bikin telor asin. Wakaka.. Sukses berat. Gue rebus 45 menit. Dalemnya bagussssssssssss banget. Kuning keemasan, mengkilap, berminyak. Mantap. Sayang takaran garamnya salah, jadinya uasinnnnn. Hahaha.. next time udah tahu dah, garamnya mestinya semana. Thanks buat resep lu nih.

Y3nn1 said...

ih..murah yah harganya, jadi pengen nih. Jualannya juga niat banget, semua ikan, kepiting, udangnya dijejer rapih kaya berbaris gitu ^_^

Bener kata Santi, Ven...foto2 lu emang selalu tampil bagus...jadi serasa belanja di supermarket juga deh kalo diliat dari foto lu mah :)

Im3th said...

Menakjubkan, ikannya segar2 ya. banyak preman ven? ih ngeri ya

Pucca said...

emang murah ven, kalo mau beli banyak enakan disini ya.. tenggiri gua beli 30-an biasanya.. gak beda jauh, udang tuh yang beda jauh, tapi udang kan tergantung gedenya juga ya.. standar 40 ribulah udang biasa gua beli.

nie said...

wahhhh ikannya cakep2 memang... keliatan segerrrr!!! duh jadi ngiler...

Anne Vijaya said...

Murah bener ya Ven...

Miss Zane said...

Ya g kan jarang ke jkt Ven :p

Veny said...

@ Lily ha22 iya tuh tk es bergaya pas tau g mo poto . hi222
itu poto g ambil dari berbagai sudit jeprat jepret aja , jgn sekali wong bebas poto2 . nah ntar jadi ada pilihan yg mana yg pas , itu mah gmpng bikinnya , kan g perna blng pake Fotoslate dari ACDsee aja , tinggap drop , drag aja , gampang banget , lo coba dulu .

@ Elseys iya El takaran garam kebanyakan tuh , g juga coba brapa kali , kaenya 500 gram dah cukup deh .

@ Y3nni emang murah yen , meski timbangan yah krg2 dikit gitu deh .

@ Im3th gak seremlah , cuman ember abang2 nya jadi belagu krn bnyk yg beli n borong jadi gitu deh .. galak2 dikit . tapi ga smua galak koq . pinter2 kita aja bicara ama dia .

@ Viol iya kalo beli bnyk mending pergi kesana aja .

@ Nie iya krn disana pst lelang ikan , dari laut pasti masuk kesana juga .

@ Anne iya murah bgt , sesekali kesana Anne , biar lo bisa bikin udang balado, empek2 .. he22

@ Miss Zane ohh jarang ke Jkt ? ntar deh someday g liat2 yah , soalnya g ga suka ikan , hua222 kalo udang , cumi masih mau .

Arman said...

wuiii pengen makan kerang dara.... slllrrrpppp

Sanzz said...

alo...salam kenal yah...
aih ampun itu si kepiting mantep bener...
g udah lama euy kaga makan kepiting utuh gitu >.<

yenni 'yendoel' said...

seru yah ven belanja ikan2, udang, cuminya. aku paling gak ngerti jenis2 ikan!!!

Veny said...

@ Arman g gak doyan kerang , emang enak ya ? biasa direbus doank kan ?

@ yendoel g juga cuman tau ikan tengiri , kembung , bawal, kakap . tongkol , teri he22

@ Sanzz salam kenal juga . ditmp mu kepiting mahal ya ?

Jiewa said...

Huaaa... kerang merah, enak banget kalo direbus terus dimakan pake sambel kecap asin.. slurp..

Btw, itu difoto kerangnya pada mangap, tandanya bagus ya ? :D

Fun said...

wuah kerangnya menggugah selera tuh.. :)
kalo disini... ada harganya kalo milih... pastinya kalo milih, harganya lebih mahal :)

tikno said...

Fotonya bagus dan jelas.
Pengalaman pertama ke pasar ikan ya..

naki said...

duhh ven gw bergidik ngeliatin poto2 ikannya . kalo gw sihh ogahh berat dahh kalo disuruh kesana , bisa pingsan di tempat kali gw * lebai * hihihihi

KeYNe said...

whuaaaa jadi kepengen makan seafood nih ven liat liputan elo...hehehhee...

btw setuju gue sama si santi...hasil poto2 lo selalu bagus2 ven, bikin orang pengen pergi lgs ke tempatnye...

SinceYen said...

Ven, aku paling suka malah ke pasar ikan, resikonya ya itu keciprat air ikan, disondol tukang yang mukul es ato disondol kerangjang ikan yg dipikul orang. Pulang2 langsung mandi deh. Tapi aku belom pernah ke pasar ikan beneran di sini, pengen juga..

alaya said...

foto2 ikannya keren deh. jadi pengen kesana

Anonymous said...

klo mo jln2 ksna blg aj.g krj d stu koq..di PT paling Bsar d muara angke d paman sy n kpal pling byk. n g bs curhat se isi muara angke tentang apa yg u mo tny he2. ikn muara angke memang segar tp musti lht jg timbangannya n knal sma org yg kmu knal. ok ven

dentistvschef said...

Harus jeli klo beli seafood di muara angke, klo gak ngerti seafood mending bawa temen yg ngert....
pedagangnya kebanyakan mainin timbangan..
jd klo mo nawar, tega2 aja nawar 2/3 harga yg ditawarin..
kmrn sempet bli kepiting papua jumbo yg seekornya 2,3 kg..
wkt di cek ulang dirumah ternyata cm 1,9 kg..hehehehe
lobster 1,2 kg teryata cm 1,1 kg(yg ini lumayan jujur-didalem pepelangan soalnya)
tp diitung2 harganya emang jauh lbh miring dr di resto, aku ditawarin 125rb/ kg n deal dgn harga 105 per kg...
cb di resto, bisa 225rb per kg kepiting bakau

jalan sambil jajan said...

ikan-ikannya segar semua tuh. kalo murah, bisa dicoba nih. hehe