Friday, April 03, 2009

Cumi saus Tiram


Kalo belanja ke Makro nyokap suka beli cumi mayan banyak , krn org rumah demen cumi goreng tepung . Krn bosen yg goreng tepung jadilah nyokap bikin yg saus tirem ala dia , he222





Bahan2 nya >> cumi gede2 , buang isinya & cuci bersih lalu potong2 kae cincin kerat2 dikit ujungnya spy jadi bunga kalo dimsak . Trus Daun Son (mirip bawang daun tapi ada bonggolnya ) , bawang putih cincang . Cumi setelah bersih n dipotong2 lumuri dgn saus kecap inggris secukupnya Potong daun Son kira2 pjng 3-5 cm . Panaskan minyak secukupnya , tumis bwng putih smp harum masukan cumi potong >> kasih 1 sdm saus tirem , 2 sdm kecap inggris, kecap ikan , gula pasir dikit, vetsin , aduk2 lgs masukan daun son yg udah dipotong tadi , trus kasih kaldu/air dikit aduk2 kasih angciu langsung kentalkan dgn sedikit larutan sagu , langsung matikan api . Jgn masak cumi lama2 krn cumi akan jadi alot .

Kombinasi saus tiram n kecap inggris membuat rasa cumi ini enak juga , masaknya gampang kuncinya semua bhn harus udah siap , masak cepat spy cumi bentuknya tetep bgs n gak alot , selamat memasak !!!

15 comments:

yendoel said...

ini juga makanan favoritku!

yendoel said...

menggiurkan banget!

elsiey said...

ehem... no comment. Gimana kalo gue beli cuminya, gue kirim ke rumah lo, terus gue tungguin nyokap lo masak buat gue?? Kayana sih sedap kan?? Apalagi kalo tinggal nganga doank. hehe

Anthony Harman said...

Gak cuman cumi yang enak kalo dimasak ama saos tiram. Barusan saya punya kegemaran baru. Ikan Patin bakar saus tiram. Hehehe...

Y3nn1 said...

nyam...nyam...*sore2 baca postingan makanan mang bikin keruyukan* :D

::my twisted mind:: said...

mau dong venn...laper ngeliatnyaaa..hehehhehee

SinceYen said...

Hahaha... ini juga 'ga mempan, secara aku tuh sukanya calamaris yg digoreng crispy ato ditumis biasa aja :D

Veny said...

@ Yendoel dulunya g gak doyan cumi yen , lama2 doyan juga he22

@ elsiey ha22 enak aja lo Yen , lo msk sndr ah , ntar g yg nganga n icip2 . hu22

@ Anthony g ga doyan ikan Ton !

@ Yenny .. plng kerja masak yen !

@ Sherine yg ini adek g paling rajin masak , ntar mlm masak yah Sher ! hi22

@ Since .. hua22 bgs deh lo ga doyan kalo doyan pasti g udah diteriakin "jahattt" !!!ha22

nie said...

nyam.... asal ga sering2 makan cumi aja gpp, kolesterolnya makkkk :P
ngeliatnya ngiler hihi

Veny said...

>> Nie iya kolesterol cumi tinggi bgt , aku ga sering2 sih mkn cumi . he222

Lily said...

jahhhh... satu lagi makanan favoriteku...ngences dah..

Veny said...

>> Lily ayoo masak Li ! g mo liat lo masak . he222

Jiewa said...

Btw, gimana ya cara ngilangin amis dr cumi? :D

foodtravelblog said...

daun son apaan sih ven?
sama dong gue jg plg suka cumi goreng tepung nih ven

veny said...

>> Jiewa kalo cumi amis ? cuci bersih aja , ada yg cuci pake air kapur . Atau kasih peresan air jeruk nipis . ember sih mentahnya amis banget !

>> Yunike daun son kalo ga salah daun bawang putih yg dibiarkan tumbuh besar . jadi ada bonggol nya , fisiknya mirip daun bawang yg buat masak sop gitu Yun .