Sunday, September 06, 2009

Last Day @ Shangrilla

Ga kerasa g udah dipenghujung acara jalan2 nya , berat acara nya tapi enjoy jadi ga krasa berat . Liat aja tuh pasangan om & tante yg udah 70 an masih seger buger ga ngeluh sakit or cape juga si kung2 semua fine2 aja .. hebat yah rombongan kita kali ini . Waktu pertama g baca itenerary nya g dah mikir nih acara padat n bnyk tmp yg akan g visit ternyata semua udah g lalui dgn selamat smp hari ini . Bener2 ga kerasa , cuman yg baca jd kerasa cape yah hua222

Pagi itu abiz B’Fast yg lumayan enak kita bergegas naek ke bus dgn tujuan pertama Pudacuo National Park . Salah satu taman national besar di China dgn 2 danau di dalam nya : Bitha Lake & Shudu lake . Gitu turun bus spt biasa angin dingin udah menyergap , kita buru2 masup gedung yg di dalamnya ada tmp sewa jaket tebal , information centre & toilet . Bnyk org yg ga bawa jaket pada sewa tuh jaket panjang yg tebel2 . Trus pada antri masup ke dlm bus khusus yg akan membawa kita ke dlm taman national nya . Wahh rame deh di dlm bus krn bnyk turis local nya ada guide khusus juga .

Sampe titik tertentu kita boleh turun n poto2 .. wowww scenarynya indah banget g smp tercekat liat karunia yg diberikan Tuhan kepada kita . Sayang cuaca buruk ujan rintik2 n berkabut , g susah ambil potonya kdg smp lensa g kena titik air juga . Disana alam nya begitu damai sunyi hening tapi indah banget . Darisana kita lanjut naek bus lagi smp di tmp kae padang rumput yg ijo royo22 kae karpet ijo , tenang banget terlihat Yak & Zho (blasteran Yak & kerbau) pada merumput atau males2an disana ha22 enak banget tuh animal di surga dunia hua22

Trus kita antri naek boat keliling Bitha Lake , salah satu danau disana . Danaunya berkabut hening terasa dingin , bgs sih pemandangannya tp sayang ga bisa dipoto krn berkabut . Setelah berkeliling disana kita balik ke parkiran lwt jalan setapak yg udah dibikin pake kayu jadi enak jalan nya , sepanjang jalan liat scenary cantik makanya jgn suka merusak alam yg indah yah ! Cinta lingkungan & alam deh ! Peace !!!

Pas bus kita turun menginggalkan taman national ini terlihat Yak, Zho & Biba ha22 g ketawa2 liat si Piglet tuh bener2 asik disana bisa santai n tudur2n dgn damai . dasar piggy ha22 . Kluar darisana kita menuju tmp mkn krn udah tengah hari ga krasa kita jalan2 di taman itu udah brp jam krn luas banget .

Otw to resto g liat sawah2 n rumah penduduk sepanjang jalan , g demen liat nya cantik alami . G poto2 meski bus sedang melaju , g liat bnyk ladang2 sekitar rumah penduduk yg ditanami Ripper . Tanaman yg bunga nya kuning2 halus ternyata sengaja ditanam buat diambil minyaknya jadi minyak goreng , pantes tuh ladang bnyk amat n cantik kuning2 .

Akhirnya sampe juga kita di resto kecil diperjalanan , antik resto nya khas Tibet dgn lukisan2 yg warnanya mencolok . G udah pasrah aja , udah tau bakal kagak enak ha22 . G ajak Tiana & Maria poto2 aja daripada tunggu makanan kluar . bener kan gitu waskom isi nasi kluar disusul makanan yg aneh2 >> biba/samchan masak kentang kecap , tim telur , hati biba tumis jamur kuping , mun tahu , sayuran hijau , ada kuah yg ga tau apa isinya , ha22 trus yg antik ada tumis Barley . Org Tibet makanan pokoknya Barley kae jali2 yah g liat n rasain . Barley dibuat jadi makanan & wine , pokoknya Barley ga bisa dipisahkan dari kehidupan org Tibet . Labu kuning kluar sbg dessertnya , walahhhh g ga nepsong cuman icip2 tumis hati piglet yg agak mayan , sengsara deh g ga mkn apa2 . Liat kita dah mkn terseok2 apalagi anak2 & ABG kasian ga tega liatnya trus sodara g minta dibikinin Telur dadar aja 2 piring . Gitu dadar telur kluar ya ampunnn kae org ga perna mkn lgs disikat tuh telor yg udah bosen2 kalo di rumah sndr mkn hua222 . kacian deh ! Oh iya tuh persediaan ABC cabe udah ampir abis , abon , teri kacang dah abis sengsara deh . Tapi mikir ini udah last day jadi ditabah2in aja ha22

Abis dari situ kita dibawa ke tempat pembuatan sutera/silk , disana dikasih liat gmn prosesnya dari mulai ternak ulat smp jadi sehelai sutera . Trus ada toko jualan suvenir , sarung bantal , baju2 dari produk sutera mahal2 boo mana mau beli ga sanggup deh ! lgs ngacir masup bus aja tungguin om n tante yg lagi blanja .

Kelar dari acara wajib ke tmp sutera , kita diajak ke Rumah Tibet >> ini rumah penduduk biasa yg masih dihuni stlh brp generasi . Seperti kebanyakan org Tibet rumahnya besar dgn kandang hewan di bagian bawah . Mrk biasa ternak Yak , Zho , biba, ayam, bebek ha22 kae kebon binatang . Jadi gitu masup halaman yah bau2 gitu deh . Sedikit crt ttg org Tibet yg g dapet : mereka biasa kawin muda umur 15-17 tahun . Baik laki or perempuan boleh lbh dari 1x menikah ha22 enak banget . Trus mrk tinggal dlm rumah besar bisa brp generasi . Aslinya org Tibet terdiri dari 3 jenis :1. asli bertani >> kentang & barley . 2. 1/2 petani, ½ pengembara . 3. asli pengembara jadi berkelana terus hidupnya diketinggian 3000 meter (nih pasti ga perna mandi ha22) nah yg jenis ini biasa pny Yak buat kendaraan dia . Trus didepan rumah biasa ada rak buat jemur tanaman spy kering biar ada persediaan mkn an buat ternaknya selama musim dingin .

Nah crt nya kita masup nih rumah besar , naek tangga yg dibawahnya kandang ternak bau itu ha22 . Masup di atas si nenek sbg sesepuh rumah itu dgn ramah welcoming kita , rumahnya antik dari kayu bnyk ukiran n kaen di dinding warna warni . Ruang blong segitu buat tempat duduk , dapur & makan , tidur di ruang laennya . Trus kita disuguhin keju dari susu Yak , mereka bikin sendiri bulet2 kae kue bulan yg bentuk roda trus disimpen dilemari sbg cadangan makanan di musim dingin , trus ada wine Barley . G cobai rasa keju yg udah diiris2 boleh juga not bad lah , ampir mirip ama keju biasa . Trus wine nya tajam aroma nya .. hmmm mabok deh kalo g minum segelas hua22 . Itu selalu ada dlm rumah2 org Tibet . Si nenek g ajak poto n mau aja dgn ramah duduk aja di sofa warna warni ga minta duit senyum tulus aja . Tapi pas mau plng g selipin duit aja , temen g yg laen jg gitu , dia menerima dgn senyum n rasa terima kasih . nah yg kae gini neh baru enak , ga perlu g diteriakin kae di Yu Feng ha2 . kelar liat2 kita kluar rumah dianter nenek yg ramah smp bus , trus dia melambai tangan . Pas bus kluar terlihat ada dua biksu berkunjung ke sana , biksu Tibet berpakaian kaen warna merah maroon . G liat bnyk anak muda disana udah jadi Biksu pengikut Dalai Lama .

Selesailah acara kita di Shangrilla , balik ke Htl untuk istirahat . Trus untuk acara bebas malam nya kita dikasih optional mau liat tarian Tibet ga ? Cuman brp org yg mau liat , sisanya termasuk g n sodara mau keliling depan htl liat pertokoan . Smp htl dah taruh brg yg ga perlu dibawa2 kita nyebrang jalan liat toko2 disana , krn letak htl di jantung kota jadi bnyk toko2 disekitarnya . Terlihat ada KAPPA jadi kita masuk n liat2 ternyata mahal2 yah , trus liat toko sepatu n baju2 masih mahal semua bgs2 sih modelnya yg lg trendy , kagak ketinggalan jaman deh pokoknya . Udara dingin diluar , angin dingin berhembus kita demen aja jalan2 di sana ! ada satu gedung merah yg merupakan pst kesenian depannya ada taman besar n sekeliling bny toko2. tempatnya bgs buat Starbucks atao Mc D or Kentucky ha22 . G berandai2 jadi juragan Mc D , sodara g jadi boss Starbucks pasti rame deh krn lokasi n view nya bgs , enak buat nongkrong di sore hari . Pas udah jam mkn kita kembali ke Htl , dibawa ama WanDa untuk Dinner di htl laen yg jaraknya ga jauh dari Htl kita , tempat sih bgs tapi makanan yah gitu deh ga cocok selera .

Malam nya kita beres2 krn bsk harus terbang balik ke Kunming . Ehh iya crt nya supir bus yg setia nemenin kita selama di Yunan Province sore itu udah nurunin kita di Lobby lgs plng sendiri ke Kunming dgn bus nya . jadi busnya itu dlm keadaan kosong loh . Menempuh perjalanan sekitar 10 jam Shangrilla – Kunming . Kasian yah .. sedang kita balik lagi ke Kunming pake pswt krn udah ga mgkn kita plng by bus lagi teparr boo ! 10 jam jalan darat .

Yah uda mlm itu sebelom tdr kita beres2 koper , ihh bener2 de masa br beli suvenir dikit2 aja tuh koper dah berat ! hahhh gimana neh ? Kelar beberes , temen2 yg liat tarian Tibet dah plng bilang kalo acara nya ga bosen malah bgs baget wahh nyesel juga jadinya . Kita buruan tidur krn uda jam 11 malem , bsk musti pagi2 brangkat ke airport > jam 6.30 musti dah cabut begitu perintah Maria .

Bsknya pagi2 g dah sarapan di resto htl menunya mie yg kuah pedes kae di Li Jiang asikk enak ! sosis , telur ceplok & sekerat mantaou (malu nih kata Since g kae kantong ajaib Doraemon mkn bnyk koq muat yah ) ha222 . minum susu kacang semongkok asikkk . Kelar mkn kita dah digiring spy cepet2 masup bus , udah musti pergi ke bndr . Ihh pagi itu udara dingin menerpa , g sedih wkt masup bus laen (bus kita dah pergi kemaren sore) sedih krn wanna to leave bumi Shangrilla & kota2 laen di Yunnan yg indah ini , berharap kalo ada rejeki masih bisa kesini lagi . Ga kapok yah gw , ha22 .

Bus kluar pekarangan Htl. …yg lucu temen2 & sodara g pada blng nih bus kagak enak , beda rasanya sama yg biasa kita pakai krn kita udah 8 hari pake bus n supir yg itu2 aja , udah ngeblend gitu rasanya kae mobil n supir pribadi ha2 . Supir kita baek orgnya , ga bnyk omong , selalu tepat waktu n gesit org nya . wahh missing deh tuh supir n bus nya . Ga jauh ke airportnya , gitu masup areal bndr WanDa kasih tau kalo new airport yg akan kita pake terbang baru diresmikan sebulan lalu , airport lama ada diseberang nya . Ohh gitu toh !

Smp sana terlihat bangunan airport masih kinclong , bentuk n arsitektur khas Tibetan banget . Bndr pagi itu masih sepi , masuk ke dlm semuanya masih bersih ! kelar proses check-in kita lgs antri msk imigrasi . WanDa bersalaman sama kita & mengucapkan selamat jalan sambil melambai g masup ke dlm , periksa lwt metal detector biasa tuh bunyi mulu jadi g diperiksa ulang. . Lalu masup ruang tunggu , tepat jam 8.30 pswt Lucky Air yg membawa kita mengangkasa . Pswt sepi cuman ½ nya aja yg terisi , g duduk sendiri2 enakk lega . Dari atas terlihat Shangrilla yg damai kae Paradise, ini yg mengilhami novel Lost Horizon di taun2 1900 an , penulis novel ini sangat terkesan keindahan alam disini jadilah dia menulis novel yg jadi best seller saat itu . Cuman 45 menit kita terbang , udah landing lagi di Kunming Airport .

Kelar urusan bagasi , kita udah dijemput sama Liu lagi , ha22 yg paling lucu wkt kita dibawa ke parkiran ehh supir kita udah muncul juga hua22 saling melambai krn seneng bisa ketemu lagi . Masuk ke bus seneng bgt , ketemu mobil kita lagi lgs duduk di tmp biasa masing2 duduk hua2 . Semua lega & Liu mulai menyampaikan selamat datang lagi di Kunming , dia merasa seneng liat kita semua sehat & selamat . Trus dia menyampaikan rasa kagum krn org tua yg ikut dlm tour ini tetep terlihat sehat smp skrg . Horeee !

Crt g “PAUSE’ sampe sini dulu yah , soalnya yg nulis & baca uda pada cape kan ? ha2 ntar laen wkt g sambung lagi skrg must take a breath dulu , masih ada lanjutannya krn ada 1,5 days city tour @ Kunimng trus ke HK sehari lalu tour bubaran plg JKT . G & sodara2 pada extend lagi di HK & Macau plus leyeh2 two nights @ Spore . Jadi next time aja g baru crt lagi dadahhhh . Terima Kasih buat semua rekan2 , sodara , Tour leader & guide local plus driver tentunya . Love you all & miss you too !

Arman said...

waduh ngeliat yang ijo2 itu seger banget ya ven...

naki said...

yang poto pertama keren bangett ven viewnyaa

Pucca said...

baik lelaki ataupun wanita boleh kawin berkali2? hmmm.. aneh tapi adil hahaha..

Veny said...

@ Arman iya tuh seger banget .

@ Maki emang bgs view nya .

@ Viol iya betul gini baru adil ha22

Jiewa said...

Semua makanannya difotoin ama ce Ven, pasti lama2 peserta tour lainnya jadi maklum, kalo pas sesi makan kasi kesempatan dulu buat difoto ya ce? huehehe..

Salut ce, telaten banget nulis catatan perjalanan ini :)

GeGe said...

Wah..ud tmt yah,g mah ga cape bacanya,tp pasti cape nulisnya n edit2 ftnya..hehe ^great job ven^ serasa ikutan trip lo.^_^

Duh..pemandangan kae gini keren bgt,tp ga tiap ortu bisa lwtin tu..krn medannya ckp berat pas d gua2 yah..?:-o

Kl liat ft makanannya kaena not bad,mang se ga enak itu ya ven?

Veny said...

@ Jie kalo acara mkn selalu kita duduk semeja sama sodara sndr jadi ga mslh mau poto2 udah maklum hua22 , peserta laen duduk di meja laen . Trus catatan perjalanan jg cakar bebek krn nulis bentar2 otw to lokasi , selebihnya kalo ada yg lupa tanya aja tour leader atao cari di inet .

@ GG iya Lin tuh mkn smua tampang boleh juga tapi rasa beda sama rasa di Indo aneh aja rasanya . Tapi soal makanan ga kekurangan selalu berlimpah n ga pernah abis . Iya acara tour ini padat & berat medan nya , tapi org tua yg sehat bisa pergi juga tuh . Kalo ga fit jgn ikut deh pasti tepar .

Anung said...

Masi ga abis pikir.. koq ga enak semua ya makanannya? =)).. padahal tampangnya oke punya lho wkwkwk..

dan ternyata shangrilla itu nama tempat di cina toh.. berarti yang punya hotel shangrilla itu...??? :P

Veny said...

@ Anung iya tuh lo ga percaya cobain aja tuh mkn an . wkwkkkk tampang OK tp rasa "no" ha22
Shangrilla emang nama kota di China org sono nyebut nya : Shanggelila atau Zhongdian . Terkenal nama Shangrilla krn tulisan di novel Lost Horizon itu .

SinceYen said...

Menarik tuh rumah orang tibet. Jadi ngimpi dulu ahhh kapan ke sana...

Veny said...

@ Since bgs2 koq disana , bagi org spt lo pasti demen de bnyk objek poto menarik disana someday lo kesana yah !