Monday, January 18, 2010

Gereja St. Maria de Fatima


Setelah poto2 di Kota Tua mampirlah kita ke daerah pecinan Glodok .. lewatin lorong tk jajanan di samping gang Tian Liong berderet2 tk jajanan mulai dari tk buah2an , kue2 basah , kolak campur , es cendol & selendang mayang , roti2 rumahan , nasi uduk , ayam gr , kuotie , ketoprak , soto tangkar trus mentok di pertigaan kita ke kanan masuk gang Cap Gledek yg terkenal dgn jualan laksa & mie kangkung nya , ga ketinggalan lewatin tk cempedak goreng hua222 gilee bener deh !

Smp ujung gang udah daerah Toasebio atau skrg disebut Jalan Kemenangan III , terlihat nya Vihara Toasebio yg terkenal g ajak temen2 masuk sini , tp ga terlihat menarik krn lagi beres2 dicat ulang menjelang Imlek . Buru2 kluar lagi , ntar menjelang Sincia baru menarik untuk di poto he22

Trus kita nyebrang jalan yg sempit & rungsep lewatin sekolah Ricci nah deket2 situlah ada sebuah gereja antik yg sepintas terlihat kae Vihara (klenteng) . Di depannya ada papan tertulis bangunan ini dilindungi Pemerintah DKI sbg cagar budaya.

Wahhh lucu banget yah ada gereja Katholik yg bentuknya kae Vihara . Tertulis Gereja St. Maria de Fatima . Kita berempat (gw, Jie , Jen/Naki & Angel) lgs masuk n minta ijin suster yg kebetulan ada diberanda , dgn ramah kita dipersilahkan poto2 disana .



Yg menandakan bangunan ini gereja >> ada salib di atas wuwungan atapnya (dlm poto salibnya ga kelihatan krn kwalitas poto yg ga bgs ) . Terlihat ornament chinese diseantero gereja mulai dari pintu utama yg bercat merah trus grendel nya , lalu pembatas pintu/sekat , gitu masuk ke dlm terlihat meja altar , mimbar , tabernakel smua bernuansa ornament cina . Menarik banget ! Masih terpasang pohon Natal & hiasan Natal di luar n dalam gereja . Gerejanya sendiri ga gitu besar , di luarnya ada gua Maria .



Yg g baca sejarahnya dulu itu rumah Kapieten chinese yg bermarga Tjioe di jaman Belanda sekitar thn 1800 an . Waktu thn 1950an rumah tsb dibeli Pastur kebangsaan asing dijadikan gereja smp sekarang . Nah itu sekilas crt nya ! Aslinya bangunan tsb mayan besar , yg dipake gereja bagian depan rumah tsb . Karena letaknya di daerah yg dulu terkenal dgn nama Toasebio maka gerejanya disebut Gereja St Maria Toasebio , Vihara di seberangnya juga namanya Vihara Toasebio ! krn letak didaerah pecinan , seminggu sekali kalo ga salah hari Minggu sore ada misa dlm Bhs Mandarin !

Selaen Gereja & Vihara Toasebio masih ada satu lagi Vihara yg lbh besar letaknya di ujung Petak Sembilan namanya Vihara Cing Te Yen . G pikir tempat ini akan lbh menarik menjelang Imlek atau Cap Go Meh kae nya .. jadi g ga poto2 . silahkan liat di Blog Angel aja .



Jadi kalo maen ke daerah Pecinan coba2 de jelajah daerah Toasebio ini , jgn lupa wisata kuliner sepanjang jalan dijamin mantapp ! Akhir crt g bikin Scrapbook ini g bikin pake Freebies Deliciousscraps & wordart dari freedigitalscrapbook buat kenang2an four of us (Jie, Naki , Angel & gw) he22 laen kali kita poto2 lagi yah !!



25 comments:

Angels said...

ven ... penasaran sama mie kangkung nya deh :P
ketopraknya juga xD
ada yg jual rujak juhi juga ngga daerah situ?

veny said...

@ Angel mie kangkung n laksa nya terkenal . enakk ! murah ! kalo ketoprak rame yg beli ibu2 n enci2 , nkoh2 juga . g blg biasa aja . Abang nya somse sedikit bicara .. rada jutek ha222
rujak juhi ada di Blk CHnadra mahal krg enak , trus di gg Gloria tmp kita mkn Mie n es klapa ada tuh , tp krg enak juga .

Anthony Harman said...

Gerejanya mirip klenteng. hahaha...
Asik juga jalan2 ke sana kayaknya, Ven.
Menyesal neh, kenapa pas sebulan tugas ke Jakarta kapan hari gak nyempetin ke sana. Padahal kerjaanku ya wira wiri sekitar Glodok

Arman said...

lucu banget gerejanya ya ven...
btw lu yang jadi tour leadernya ya?

nie said...

Cakep scrapbooknya!!! Wah ngomongin makanan2 lagi... ihiks...

noni said...

Ven, tumben ga ada foto makanannya? :-) gpp deh, jd ga terlalu kepengen. hehehe.. gerejanya unik bgt yah, kaya kuil budha & gereja jadi satu. Mgk krn dicampur dgn budaya chinese yah.

Btw, scrapbooknya bagusss.. seneng liatnya ^^

Selvi said...

gua paling senang jalan ke daerah kota kan sma gua dulu di perniagaan dekat banget ke glodok.

makanan banyak banget di glodok sampe maruk gua makan ini makan itu. hahaha.

seberang ricci, ada yang jual bakmi suikiau. asli suikiau terenak yang gua makan.

trus makan sate padang depan petak sembilan. makan mie ayam dan lontong cap gomeh dibelakang gloria.

veny said...

@ Anthony iya mustinya lo keliling kt tua n icip2 kuliner

@ Arman hee2 iya jd tour leader dadakan .

@ Nie & Noni ha22 itu SB g jg dah puyeng bikin nya , boleh jg ya ? kamsiah de ha22

@ Noni makanan ntar satu kali g poto soalnya maren lwt sana buru2 n udah rame . sempit ga leluasa . lagian ntar lo ileran lg hi22

@ Selvi mie suikiaw enak Sel , musti g cobain deh rasanya g dah perna beli deh , bg g enakan si Balon kalo suikiaw nya . kalo lontong masih lbh enak bikinan nyokap g . ha222

Pucca said...

iya unik banget gerejanya ven kaya kelenteng..
wah gua buta daerah sono, kalo mau acara kuliner disana mesti lu yang pandu nih hehe..
oiya ven, gimana kalo bikin acara kuliner di glodok situ? jadi getring gak usah di mall, getring wisata kuliner aja, okeh gak tuh idekuh :D

once_alifetime said...

Stuju sama Vio.. ayuk wiskul yuk di daerah sana, gua jg bisa hitungan jari kalau ke sana, paling kalau nyokap minta dibeliin kalender yang masih ada tanggalan cina dan reader's digest Mandarin (sekarang sdh ada di Gramed) so gua juga buta daerah situ. Ven, pengen liat foto2 makanan di sana nih he..he, habis kayaknya elo expert banget dalam hal food fotography,perasaan makanannya bener2 exist di depan mata dan menggoda selera:)
Gerejanya unik ya...

twinsmommy said...

Ven itu gereja skull anak g... n g waktu abg juga suka ke gereja itu. N mang artistik ga pake ac tapi adem terus.

Mie kangkung di gang itu mang enak, ketoprak, baso wonogiri.... hahaha kayanya kapan2 kita mesti janjian nih makan siang bareng hehehe

veny said...

@ Viol bgs idea nya .. hayooo aja .. sok kapan ? tp jgn skrg2 krn ujan mulu & rame menjelang Imlek .

@ Elisa iya2 boleh kpn2 yah bareng Viol kita kulineran di pecinan . lo sndr aja jgn bw Danzel kasian ntar dia nangis kepanasan .. ha222 . Hahhh kae nya g expert Food Photography ?? ga salah ??? hua222 enggak lah LIs masih jauh ama Jenz Corner .

veny said...

@ Liza ohh anak lo si kembar sekul di Ricci ? iya kpn2 kita janjian mkn di cap gledek yah !

luvly7 said...

huaaaa ... lapaaarr!!
Sebuah keputusan yang salah, berkunjung ke blog elu pagi2 disaat sayah sedang kelaparan!!
Biarpun gag ada gambar makanan, tetep aja ada inspirasi makanannya :p

Ven, lucu yaa, gereja berwujud mirip wihara dan bernama mirip masjid (ada Fatima2nya) ... bagus bgt idenya!! Hahahahhaha :)

selvi said...

ven, si balon yg jual suikiaw dimana? info dong.
tiba-tiba pengen makan suikiaw

veny said...

@ Febby ha22 tanpa gmb lo bs ileran juga ya ? emang lucu gereja nya .

@ Selvi Balon di petak sembilan dkt tk potong ayam ha22 , ada nya ditengah2 Petak sembilan kalo dari depan Glodok adanya disebelah kiri jalan . Lo tny org2 de pasti tau , terkahir direview ama Jenz corner , nasi tim nya juga enak , yg enak lg pangsit nya murah cuman 1000 sebiji , suikiaw mhl 2500 sebiji , baso gr & siomay 3000 sebiji enakk musti dicoba . Bacangnya 6000 murah boleh juga ha222 ngiler abis deh lo ...Suikiaw n pangsit kuah dia manteppp cobain deh , baso gr & siomay dia bnyk diambil org buat dijual di Mall n Mangdu , trus dijual juga di Bacang Ahgiok yg Bandengan itu . Gilee deh topp abis tuh si Balont. ehh iya si balon jualnya dari pagi jam 07.00 - ampe sore aja mlm tutup .

once_alifetime said...

Iya, mau. Gua single fighter aja supaya puas menjelajahnya xixi.. pokoknya kalau mau pergi2 lagi jgn lupa ajak gua ya:)

Selvi said...

kayaknya patsy pernah bawa suikiaw enak yg dibeli di petak sembilan. jangan-jangan yg jualan si balon lagi? ntar gua tanya dia lagi.

thanks for your complete info :)

veny said...

@ Elisa OK bu Dokter ..

@ Selvi kalo suikiaw enak di Petak 9 rasanya yah si Balon punya . tp lo tny Patzy dulu aja . G blg pangsit kuahnya juga enak murah lagi .

Y3nn1 said...

Unik banget gerejanya yah...benar2 mirip klenteng hehehe....

Jiewa said...

I'm soooo lucky to be there..
Bener2 bangunan yg unik. Di sby ada masjid yg bentuk vihara, tapi menurutku kurang unik soalnya modern (dibangun tahun 2000an)
Kalo St Maria ini kan bangunannya bener2 dr jaman jadul..

Wah.. foto terakhir kaya lagi tamasya keluarga ^^

veny said...

@ Y3nni iya Yen unik gereja nya

@ Jiewa oh iyalah gereja ini makanya masuk dlm list cagar budaya yg dilindungi DKI ga blh dibongkar artinya . itu poto kae wisata family yah ? ha222 look enjoy & happy yah ! wwkkkk

naki said...

poto terakhir : papa-mama kanan kiri , tengahnya anak2 , hahahaha

laen kali poto2 lagi yah ven , cuaca kemaren pas tuhh , ga panas , trus juga ga ujan

BabyBeluga said...

Untung jamannya hura-hara gereja ini selamat ya

Veny said...

@ Naki hua22 iya kae poto keluarga

@ BabyBeluga iya untung gereja ini luput wkt kerusuhan .