Sunday, March 01, 2009

Siomay bikinan sendiri ..


Brapa waktu lalu g iseng bikin siomay ! krn ga ada persiapan jadi cuman cari kulit pangsit di pasar deket rumah aja . Mustinya g beli kulit pangsit yg special yg rada tipis buat siomay . tapi krn di pasar kagak ada , yg ada nih rada tebel yah cincai lah . Yg penting bikin aja dah ! abis daging n udang ada stock di kulkas .



G doyan juga siomay , daripada beli siomay yg banyak sagu mending bikin sendiri ! cari kulit pangsit yg tipisan spy bgs bentuknya . Bahan2 : daging biba atau ayam , udang atau mo pake ikan juga bisa sih . G kagak doyan ikan sih jadi kombinasi udang n biba cincang aja . Cincang dua macem daging sisihkan , kasih kecap ikan , garam, merica, vetsin n sedikit gula pasir & 1-2 sdm minyak wijen , trus kasih irisan daun bawang , bawang putih cincang , trus g tambahin potongan kecil2 jamur hioko n bengkuang spy garing . Aduk2 bentar n kasih sebutir telur trus tambahkan sagu secukupnya , jgn kebanyakan ntar adonan jadi keras , kalo keliatan keras bisa kasih sedikit aja air . Ambil selembar adonan pangsit isi dgn adonan daging tadi , usahakan bentuk spt siomay yg biasa kita beli , he222 usaha sendiri deh , g juga lom mahir ga bisa bentuk bgs ! Lama2 juga jago koq ! ha222

Bungkus sampe adonan abis , lalu taruh dlm wadah kukus/piring tahan panas yg alas nya udah dikasih minyak sayur sedikit aja spy kagak lengket . Trus kukus aja kira2 >> 20 menitan . Oh iya waktu ngebungkus siomay , jgn lupa atas nya kasih parutan wortel sbg pengganti telur kepiting . Kan telur kepiting mahal loh , he22 jadi gantinya pake wortel parut aja yah ! Jadi deh tuh siomay rumahan .. mayan kan tampang nya , ga jelek2 amat donk ? hue22 muji.com !! makan deh pake sambel botolan , enak nye krn isi udang donk , sagu kagak banyak2 kae yg jual , manteuupp booo !! Ayoo pada bikin donk !




17 comments:

Dian said...

Ven,gw br tau ternyata yg orange2 di atas siomay itu ada yg dr telor kepiting..wuah gw biasanya makan2 aja,btw lu hebat banget siomaynya sama persis ama yg biasa dijual,kalo lu gak blg itu buatan sendiri kita2 pasti gak tau...Hebat..hebat Ven..

yun said...

ngiler gue nih ven, bagi dong.... hehe
cakep kok ngebungkusnya, udah kaya yg dijual di pasar2 :)

yendoel said...

gile Ven, keren banget hasil jadinya! kayak udah profesional banget lho!
btw, siomai (shao-mai) kalo di China tuh bentuk bungkusannya sih sama. tapi isinya kudu ada beras ketan. kalo di indo disebut shio-bi. paling mantabbbb kalo dimakan bareng cuka cina (cuka hitam).

Lina said...

waduh jadi kepengen bkn juga nih... kayanya mantap tuh...

Vin said...

wahhh, skrg Veny kayaknya jd jarang berwisata kuliner niy, tp lbh sering berwisata di dapur, hehehe.... Gw ngiler sambelnya Ven...tuh bikin jugaaa??? ;p

veny said...

>> Dian ... yg jual juga pake wortel , kan kepiting telurnya dikit lagian mahal banget .

>> Yunike, yendoel, LIna .. ajdi bikinan g ga jelek2 amat yak ??? xie2 de . he22

>> Vin iya Vin g lagi males n pelit wisata kuliner , he222 . itu sambel botolan ABC n sambel bwng putih bikinan nyokap

Y3nn1 said...

Cakep...cakep banget siomai bikinan lu ver, udah kaya bikinan yang professional*ngiler...mana lagi laper nih* hehehe

Fragile_Heart said...

waduhhh ngiler banget mbak ^^ pengennn donkk siomay-nya :)

SinceYen said...

Ven, kamu kapan pindah ke Belanda?

veny said...

>> Yenni & Julie .. mau yah , ntar yah g kirimin hua22

>> Since ha22 tau kpn de g ke tmp lo Sin ? mang mau ngapain ? mau dikirimin siomay juga ? "beres" deh . hi222

yendoel said...

Ven, ntar resepnya aku copy paste di blogku yah? mau bikin buat anak dan suami tercinta wekekekekkk....! (*baru cita2*)

Im3th said...

Ven, lo pinter masak ya...
gw juga bilang kalo somay buatan kita sendiri emang lebih sip dah daripada beli diluar (kebanyakan sagu kalo diluar hehehe).

veny said...

>> Yendoel silahkan aja Yen . lo coba bikin yah n kasih liat gw di Blog he22

>> Imeth yoi Meth buatan sndr lbh mantap donk meski bentuk kdg bgs an yg jual . Kalah tampang menang rasa he22

naki said...

wahh sama ven , nyokap gw juga pake wortel di atasnya :D

Santi said...

ngiler Fen.....mauuu dunk...bikin sendiri kira2 seenak punya u ga ya :d..kkeke..nyontek y resepna

nIa said...

kirim ya ven krmh nia.. ditunggu loch :p

veny said...

>> Naki iya Nak biasa koq pake wortel , g yakin yg jual juga pake wortel smua .

>> Santi bikin donk San !

>> Nia minta kiriman ? yah bikin sndr aja deh .. ha222