Saturday, August 22, 2009

Gloria Pancoran kebakar


Cerita jalan2 g “Pause” dulu d , ini brita mgkn udah agak basi tapi boleh deh g review dikit krn ini tmp jadul ini pasti bnyk kenangan di hati warga Asnawi Jakarta, he22

Minggu pagi 16 Agst g dikejutkan berita Gloria Pancoran kebakar , berita g denger dari TV . Hahh Gloria kebakar ? aduhh kasian amat tuh tempat udah jadi tempat g jalan kalo mau blanja2 jam mkn siang , soalnya kantor g deket2 situ juga . G sampe apal org2 yg jualan disana , ada engkoh tempat g biasa beli lampu , bikin kunci duplikat , beli obat , blanja yg dikit2 di Supermarket Ria Jaya biar supermarket kecil jadul tapi boleh lah kalo g perlu beli yg ringan2 spt tissue , sabun , softex g suka beli disana aja

Kejadian nya dinihari jam 1 pagi , saat semua org tidur ga ada yg jualan , tiba2 api udah melalap bangunan lama yg sehari2 biasa rame apalagi menjelang Imlek . Ada lorong disamping gedung tsb yg dipenuhi org jualan makanan & buah2an . Ada Kedai kopi Takki yg terkenal, ada tk gunting rambut jadul , ada Toko Kawi . Pokoke itu tempat biar runsing tapi penuh kenangan .



Waktu hari selasa tgl 18 Agst pas jam mkn siang g sempet liat2 kesana , ya ampunn meski bangunan masih tampak utuh cuman hitam2 kena bakar n asap tapi bagian pinggir belakang n dalam kliatan abis terbakar . Yah g emang ga bisa masuk kedalam krn masih dijaga lagian mana brani g masup situ krn gelap n masih bau hangus kebakar . G liat org2 yg biasa g kenal wajahnya tk obat, tk lampu , tk baju , tk DVD wahh kasian pada minggir n gerombol di dpn & samping kalo ada yg tanya empunya toko yg enci2 pada nangis lagi , ngeliatnya gak tega , g cuman bisa blng tabah aja yah ! temen g cengengesan blng g “SKSD” ha22 yah abis mo blng apa lagi , bantu juga ga bisa bener ga ?

Waktu ditanya penyebabnya semua bilang “ga jelas” , kasian krn mereka jualan udah lama banget . Tempat itu terkenal dikalangan Asnawi (Asli Cina Betawi) tempat jualan segala macem yg berhubungan dgn pernik2 Chinese . Ada banyak tk obat traditional chinese , juga sinshe yg terkenal sperti Tay Seng Ho , Dua Berlian , Mutiara . Letaknya dikawasan pecinan Glodok . Selaen bnyk tk jualan obat , ada pasar Petak 9 . Tapi yg paling menarik yah itu lorong (gang sempit) disamping Gloria jualan makanan mulai dari Mie , Siomay, Pie oh , nasi campur , ketupat sayur yg terkenal , bihun kari Medan , dendeng bakar , empek2 & macam2 kue basah . Apalagi skr dah mau deket Hari Kue Bulan , udah bnyk terlihat jualan kue bulan Sin Hap Hoat , Fay Kee dll . Wahh kasian banget , biar udah jadul & kumuh tapi penuh kenangan dari g masa kecil udah sering kesitu .

Sekarang bangunan nya uda kebakar ga tau mau diapain lagi , apa mau dirubuhin atau mau di renew ga jelas kata mereka . G inget masih poto2 waktu Imlek tahun ini , terlihat bangunan masih baru dicat kinclong .. orange & hijau biar terlihat norak tapi itulah Gloria ha222 .



Kemeriahan selalu ada di saat menjelang Imlek , penuh lampion, kertas angpau , buah2an , kue keranjang , petasan /kembang api , bunga Mei Hwa & pakaian2 merah . Paling depan ada Toko Yap Heng Lay yg jualan macam2 kue , permen , minuman , didepan nya ada tk jual moaci & macam2 kue buat sangjit . skrg mereka terpaksa dagang ngemper di depan bangunan yg terbakar . Kasian pdhl waktu Imlek g masih poto2 disana . Semoga pemerintah bisa bertanggung jawab membantu mereka mencari tempat untuk berdagang kembali , katanya mereka banyak pindah ke Glodok City Htl atau Chandra . Semoga mereka bisa bangkit lagi !





14 comments:

Cooking-Gallery said...

Kasiah banget Gloria kebakar. Aku udah gak gitu inget lagi Gloria itu kayak gimana tempatnya, dulu kadang2 suka diajak mami kesana pas masih kecil, untuk beli obat2 Cina cia po (ato gimana dah ngomongnya...)- ya semoga tabah lah org2 yg kena musibah ini, apalagi lagi jamannya ekonomi gendeng di Indo.

Arman said...

Wah iya kasian amat ya...

Gw sendiri sih gak familiar ama pancoran.. Gak terlalu suka gw kesana.

Tapi pas mulai baca blog lu gw jd mulai mikir, ini gloria ama chandra itu sama gak ya. Soalnya ada temennya esther yg tokonya di chandra. Eh tp di belakang lu tulis kalo chandra gak kenapa2 ya...

Yah moga2 yg tokonya kebakar bisa segera dpt gantinya ya,,, harusnya ada asuransi kan ya?

Veny said...

@ Cooking Gallery uda lama leaving JKT ya ? betul skali di sana bnyk yg jualan obat2an cia poh .

@ Arman ya lo jarang kesitu yah , Chandra letaknya diseberang GLoria agak nyerong dikit . Kt org2 di Gloria , mrk pada ga asuransi krn ga ada asuransi yg mau cover . tau napa

Pucca said...

gua sih juga jarang ke sana.. jadi gua lebih gak ada kenangan daripada lu ven.. tapi gua pernah ke tay seng ho tuh, beli obat alergi buat david.. emang tay seng ho kebakar juga yah?

Y3nn1 said...

Jadi ikutan sedih juga gw...hiks...kasihan orang2 yang dagang jadi ga tahu mo dagang dimana lagi, apalagi udah lama disana.

santi said...

iy ven ksian banget..ga tega d liat pada nangis gt...bis mau cari makan dmana lg ya..cm yg nmnya china pasti bisa survive dech :)..cm kbakar gt serasa ngebakar memory2 asnawi yg ada ya :(...mski gue jg ga suka ksana..sumpek..cm kl udh ksana serasa jembatan ke masa lalu :D..jgn2 sengaja tuh..denger2kan mau dbangun baru tp pada ga seteju..tp y smoga yg kena musibah bisa melewati dengan baik d :)

Anung said...

Another government project tante... :D

PD Pasa* J***

When you can't move them... burn them.. :)

Veny said...

@ Viol Tay Seng Ho jauhan dari Gloria jadi ga kena , yg kebakar yah bangunan Gloria doank .

@ Y3nni iya Yen kasian g liat nya ga tega juga .

@ Santi bener San , org Chinese mah tahan banting yah , dibakar ntar jg mulai usaha lagi .

@ Anung g mikirnya juga gitu , makanya org2 sana wkt ditanya penyebab nya bilang nya "ga jelas" ha222 udah tau kae nya . tp ga brani bilang sembarangan kan !

Mommy Axel said...

Huhuhuhu..... gue ini memangnya udik. Masa gue tahunya telat banget. Udah beberapa hari kejadian, baru tahu. Maklumlahhhh... aku tak pernah nonton tipi. :p

Padahal, aku juga cinta Gloria. Dulu paling demen main di sana kalo pulang sekolah.

LeNa said...

iya Ven, sempet masuk TV berita di sini....

Veny said...

@ Elsiey ha22 ember bnyk yg ga tau tuh , g jg ga sengaja pas liat TV taunya .

@ Lena wahh masup Tipi juga di spore ya ? he22

d3s said...

kasihan ya... gloria tempat ngeceng masa kecil gue tuh hihihi...
jaman smp - sma, tiap ada kesempatan, pas pulang sekolah pasti ngangkot ke sono :D

naki said...

hohh baru tau gw gloria kebakar . gw sering banget tuh dulu makan bakmi bangka di lorong itu , enak bangettt

Veny said...

@ D3ssy iya lah bg kita warga Asnawi tmp itu pasti bnyk kenangan ..Ibu Marry Pangestu aja jg blng gitu ha222

@ Naki lo sering mkn MIe Bangka deket mana nya ? yg ada es campur ? MIe Amoy ?