Monday, November 23, 2009

Cerita Apeldoorn bgn II

Salah satu gereja di Apeldoorn namanya Grote Kerk. Gereja Protestan yg paling besar di Apeldoorn. Dulu ratu Wilhelmina dan Juliana (wkt masih kecil) ke gereja ini. Mereka ada bangku khusus untuk keluarga kerajaan. Kl kebetulan ratu Beatrix di Apeldoorn juga ke gereja ini tapi duduk bersama umat yg lain enggak dibangku khusus lagi spt dulu….



Disini banyak tempat untuk berjalan kaki. Orang Belanda suka jalan kaki apalagi kl cuaca bagus, bnyk yg jln kaki atau bersepeda. Salah satu tempat yg populer untuk berjln kaki di Royal Forest. Selain istananya (sekarang museum) yg menarik untuk turis domestik maupun luar juga hutannya (Royal forest) untuk berjalan kaki. Tapi jangan membayangkan hutan rimba lho…



Suasana di forest pada waktu memasuki musim gugur… sebelum pohon mejadi gundul, daun-daun berubah warna kemudian berguguran mulai deh pohon2 pada botak….terus mulai deh winter..brrr…brrr…



Susana musim dingin di Royal Forest….



Bisa bayangin gak dinginnya kayak apa semua kolam tertutup es dan kita bisa skating dan jln kaki diatas kolam. Daun2 dan rumput tertutup salju dan serpihan es bagus untuk dilihat tapi dinginnya minta ampun… buat yg blm pernah ngerasain bayangin aja kl kita masuk dlm freezer….brrrr…..brrrrrr dinginnya ampe berasa ketulang.



Winter yg lalu bagus karena bnyk salju, semua kolam di royal forest menjadi kolam salju karena salju cukup tebal dan aman untuk main skating mereka diperbolehkan bermain disana. Buat yg gak bisa main skating jln kaki aja diatas kolam..ha..ha..

Foto dibawah ini embun yang menjadi es…. Karena udara dingin dibawah nol embun2 menjadi serpihan es. Jangan kaget liat foto aneh dibawah ini. Ini merupakan serpihan es yg menyerupai wol.Biasanya terjadi pd kayu/batang pohon yg patah dan udah lama tergeletak ditanah.. .. Kayu mengandung air dan pada waktu winter cairan yg ada pd kayu membeku karena itu tekanan menjadi lbh besar hingga keluar cairan melalui pori2 kayu dan udara dingin/membeku (jauh dibawah nol derajat) kemudian cairan tsb membentuk benang2 es seperti wol ya….



Musim semi… mulai ada kehidupan lagi setelah winter, pohon mulai bertumbuhan daunnya bagus sekali warna masih hijau muda, bunga mulai berkuncup terdengar lagi kicau burung mereka sibuk membuat sarang untuk bertelur. Musim semi merupakan musim yg paling bagus dan romantis… Temperatur gak sedingin seperti winter tapi kadang dimusim semi turun salju lagi.




Bunga-bunga yang tumbuh pada musim semi…..





Binatang yang pernah g liat di royal forest….Macam bebek yg pernah g liat di royal forest. Pada musim semi mereka bertelur dan bisa dilihat pd foto anak2 bebek….



Selain Royal Forest ada lagi Istana Het Loo dibangun kurang lebih tahun 1700. Disini tinggal keluarga kerajaan Belanda selama hampir 300 tahun. Sekarang dijadikan museum, setelah Wihelmina meninggal dunia. Wihelmina adalah ibu dari ratu Juliana dan nenek dari ratu Beatrix.



Ada lagi ‘OUDE LOO’ yang juga merupakan bagian dari istana Het Loo : Het Oude Loo rumah musim panas dari Prince Willem III, yg menikah dng Princess Mary Stuart dari kerajaan Inggris. Thn 1689 diangkat sbg Raja Inggris . Karena Oude Loo terlalu kecil kemudian dibangun PALEIS HET LOO (Istana Loo) . Sekarang Oude Loo dijadikan rumah week end atau liburan Ratu Beatrix. Kebun dari Oude Loo bagus sekali bnyk bunga2 dan masyarakat umum boleh menikmati keindahannya karena itu Oude Loo dibuka untuk umum mulai bln april s/d mei.



Selaen Het loo , Oude Loo , ada lagi rumah tempat bermain ratu Wihelmina hadiah dari ayahnya (Raja Willem III) yg masih terpelihara dgn baik , seneng yah liat Royal Forest yg bersih , cantik disegala musim . Cerita Apeldoorn nya ditulis sampe disini krn Julie keburu cape n plng Indo . Ntar kalo ada waktu lo nulis lagi yah Jul ! Thanks udah berbagi crt di Blog gw .. he2222







13 comments:

nie said...

Cakep banget foto2nya, Ven!!! Temenmu pinter sekali ceritanya plus fotonya cantik, terutama yg serpihan salju itu. Kreatif!!! TFS!

Veny said...

@ Nie iya tuh si Julie tadinya blg ga bs crt trus g paksa aja , he22 kalo poto2 banyakan hubby nya yg jepret .

Arman said...

mantep banget pemandangannya ya ven... baguuussss!!!

Im3th said...

Ven, gila embun bisa kaya benang gitu ya..baru tau gw. EH itu bebek yang cantik itu kan gw kemarin nonton di tipi katanya termasuk jenis bebek langka loh say. Kotanya bener2 cantik ya...romantisssssss

Pucca said...

bagus amatttt... ampe ngeces gua..
apalagi esnya bisa kaya benang gitu keluar dari pohon.. keren yaaaa..
pengen tinggal disana...

Y3nn1 said...

Bagus banget foto2nya...serasa di negeri dongeng....*mimpi mo kesana deh*

naki said...

iya setujuh ma yang laen , poto yang daun ada benang esnya manteb benerrr , gw baru pertama liatnya nihh ven :D

yenni 'yendoel' said...

satu kata... cantik!

Yuliana-Fun said...

cakeppp yak?
gw demen liat rumput yang bisa dibentuk2 begitu... aiiihh cantiknya.. :)

once_alifetime said...

Ven, elo gak pengen maen ke sana? Lumayan ada yang bisa ngajak jalan dan ditebengin. Gua udah ngiler aja, pengen banget kalo udah pensiun tinggal di tempat spt ini..

the yapper! said...

waaaaa.. cantik2 pemandangannya.. belum pernah kesini nih, kapan2 ahhh.. makasih ya ven udah diulas :)

noni said...

Wow... keren bgt pemandangannya Ven... apalagi yg salju2 itu, jd pengen ke sana ngadem (soalnya lg kepanasan di sini). Thx Julie udah berbagi cerita yaa...

Diana Indah said...

bagus banget yaaaa...
semoga bisa kesana..amin..