Sunday, November 01, 2009

Es Longan Toffu



Sekarang lagi musim panas , maunya minum yg adem2 . G iseng aja bikin toffu pudding gitu liat di dapur masih ada Nutrijel brp kantong . Biasa g bikin pake essence almond biar wangi , kali ini krn kagak ada yah cincai lah yg penting rasanya boleh & leher jadi adem .



Caranya gampang & sederhana banget , bikin aja sekantong nutrijel dgn cara spt yg tertera di blk bungkusnya cuman g tuker air dgn susu cair plain (Ultra putih) , trus cairannya g kurangin supaya jadi agak kerasan . Misal cairan 3,5 gelas jadi 3 gelas aja atau 2,5 gelas tergantung selera aja . Krn g pake yg rasa mangga jadi hasilnya warna peach gitu , kalo rasa stoberi yah jadi pinky muda gitu , kalo mau warna putih susu pake agar2 plain aja . Cetak dlm loyang persegi biasa , atau dimana aja deh . Kalo udah dingin masuk kulkas biar lbh keras . Wkt dihidangkan kasih longan kalengan & sari kelapa berikut airnya , potong2 jelly yg udah mengeras kasih es batu kalo krg dingin , kalo krg manis tuang syrup sesuai selera . Bisa juga kasih buah kalengan / kelapa / lechi suka2 aja . Boleh lah adem2 gini , enak koq !





20 comments:

Selvi said...

Ven, pertama seperti biasa gua liat fotonya dulu, gua kirain elo pesan di restoran mana untuk dessert. Nga taunya bikin sendiri. Hebat penampilannya nga kalah sama restoran loh.

Menurut elo gampang bikinnya. Tapi gua nga bisa bikin nutrijell loh. Pernah coba sekali gagal jadinya cair padahal gua udah ikutin instruksinya. Gua emang nga bakat dibidang masak memasak. Bakat gua cobain atau makan enak doang. ahahahah.

Ntar gua suruh emak gua aja yg bikin resep ini. Thank you

Arman said...

ven tapi longan kan bikin panas dalem...

nie said...

Yummmmmmmmm!!! Enakkkkkkkkk!!! Hihihi saking di sini dingin hehehe males bikin dingin2 :p
Betul tuh kata Arman, longan bikin panas dalem.

Veny said...

@ Selvi wkwkkkkk dasar laupan ga bs masak toh ? hokki de ! gampang lah bkiin nutrijel , emang sih menurut g diresep airnya kebanyakan makanya lo kurangin aja , itu g bikin kurangin cairannya . Pasti jadilah !

@ Arman & Nie iya g tau longan sifatnya panas di dalem, tapi biarin deh asal adem2 diluar ha22 , kan di balancing ama nutrigel yg sifatnya dingin , kasih buah2 lain yg sifatnya adem aja , enak loh ! tapi di tmp mu skrg lg dingin sih ya , coba di JKT huhhh panas banget !

Pucca said...

iya emang enak, udah kebayang kok rasanya hehe.. gua juga suka ven bikin minuman dingin2 begini, enak ya :D

Y3nn1 said...

makasih yah Ven udah bagi2 ilmu hehhee....kebetulan lagi ga ada ide nih

noni said...

Cegluk... jadi pengen bikin juga, hari ini bakalan 35derajat di sini. Duh... Tp aku bikin agar2 koq ga pernah jadi ya Ven, selalu hancur, padahal aku masukin ke kulkasnya setelah adem.

Veny said...

@ Pucca & Y3nni iya tuh resep gampang banget , panas2 gini mkn yg dingin enak kan ? he22 , g paling males bikin yg ribet2 , dulu g masih suka bikin kue n roti baking2 gitu skrg malesss ,

@ Noni masa sih bikin ager/gel suka ancur ? kurangin takaran airnya aja pasti jadi . misal disuruh 2 gelas lo kurangin 0,5 gelas dulu liat gmn hasilnya , kalo masih lembek kurangin lagi airnya . gitu aja smp dapet takaran yg pas . ehh iya di tmp mu udah panas banget yah ?? idem kae JKT

naki said...

iya yah ven , skarang panasnya itu amit2 buangett dahh . gw tiap malem kpanasan lho ampe ga bisa bobo -__-

baca ini , jadi terinspirasi untuk minta nyokap bikinin nutrijel buat ntar malem :)

Mommy Axel said...

Ooo.. pake nutrijell juga enak yak Ven. Gue ga pernah pake nutrijell, biasanya pake agar putih dan susu beruang. hihihi... Dan airnya justru ditambahin biar jadi kaya tahu. Kalo pake nutrijell, jadinya kenyal2 donk? Cobain ahhh...

Veny said...

@ Naki bener tuh , g jg kepanasan banget . maren aja plng kantor g kleyengan krn udara jelek n sumpek banget , lo bikin donk masa suruh emak lo ? ha22 dasar males yah ! hua222

@ Elsiey iya El kalo pk ager musti ditambahin airnya jadi lembut kae tahu , kalo pake nutrijel malah g kurangin airnya , krn kalo terlalu bnyk air jadi ancur2 gitu . G lbh demen pake nutrijel lebih kenyel2 dikit , pake susu beruang atau carnation lbh wangi enakkk ! . Cobain El pake nutrijel si Axel pasti doyan , lo kasih sari kelapa , longan & buah2an kaleng or mangga harum manis potong2 juga OK !

enysusanto said...

enak nih, gua juga sering bikin. Tapi lebih sering pake longan sama ager yang dibikin lebih keras trus diparut kae sarang burung. segeeerr... banget. Duh, bener deh cuaca di Jakarta akhir2 ini puanasnya amit2.puanasnya ga kira2, mana sering mati lampu lagi...

noni said...

Thank you Ven, kemaren bikin agar, jadinya bagus, ga hancur :-) iya kebanyakan air kayanya. Tp kemaren bikin, kurang gula, jadi ga manis. wakakakaka...

Kemaren di sini 39derajat, tp hari ini dah turun ke 22deg sih. so it's okay, ga kaya di jkt panas terus ya.

santi said...

kmrn gue udh liat2..ngiler napsu ni Ven..hehe...secara kita drmh maniak jelly :D..tp blom pernah si bikin yang pake susu gt..kmrn coba si enak jg..wangi pake yang orange..cm bau susu ultranya masi kecium banget ya...kl biasa kita makan yang ager2 telur puyuh itu ga ada bau2 susunya ya?apa beda kali bukan dr susu?tp enak si..dmakan gt aja kaga pake es2an :D..sari kelapanya gue campur ddalem jellynya Ven..michael's fav :D

Veny said...

@ Eny ohh yg lo bikin jenis yg sarang brng ya ? yg ager2 diserut ? boleh jg tuh !

@ Noni wahh disono gila yah temprature naek turun drastis kae di gurun , hihh panas amat .

@ Santi yah bau susulah krn pake susu sbg pengganti air , g malah demen wangi kan ? malah kalo mau wangi jgn pake ultra tapi susu carnation tp mahalll ha22 . Kasih buah2an kaleng juga enak , atau mellon & mangga potong seger jg otre ! sehat tuh San !

Dr. B said...

segera dicoba!!!! hahaha gw doyan banget nih ager ginian, tp biasanya beli di resto... mahall

yun said...

nyam.. pasti enak banget nih ven (sambil ngebayangin cuaca di jkt yg tidak bersahabat plus ditambah dengan seringnya mati lampu akhir2 ini :))

Veny said...

@ Dr. B makanya lo bikin tuh yah , jgn males2an mulu trus paling rajin ngedumel mulu & mkn .. ha22

@ Yunike iya Yun JKT panas bgt , mana sering matee lampu bener2 bikin BT , mau kluar aja jg males !makanya g berkutat didapur bikin ager & buka tutup kulkas aja wkwkkkk

Im3th said...

Boleh juga ney gw coba praktekin,..kayanya endang deh. thank for sharing Ven

The Kitchen Words said...

Wah Ven, bacanya bikin ngiler... Jadi pengen nyari yang seger-seger haha... Great post!